Bule Sacha Indonesia

Berhubung sudah tidak berkicau di Twitter dan memutuskan tidak aktif di Instagram untuk waktu yang tidak ditentukan, selama Ramadhan ini saya punya kesibukan baru : nonton youtube dan sebisa mungkin menghindari komen komen sok nan bangsat.

Dan dari banyaknya video yang saya tonton, saya mendapatkan sosok baru yang memberi saya harapan kalau youtube(r) Indonesia masih ada keren kerennya, no offense

SACHA1-820x513

Dulu, saya mikir wanita cantik ini kurang lebih sama dengan bule-bule lain di dunia entertaiment indonesia, yang ‘pasrah’ saja menjadi objek, yang mendapat peran begitu begitu saja ( kebetulan ini juga menjadi salah satu materi youtube Sacha, silahkan dicari sendiri), jadi saya pikir, youtubenya pun isinya pasti  gimmick yang begitu begitu saja

Ternyata, saya salah besar. steretotype bule bule yang begitu begitu saja, dipatahkan begitu saja oleh wanita yang juga bermain di Masalembo, serial di salah satu televisi swasta ini.

Awalnya, saya cuma akrab dengan Seleb English, yaitu dimana Sacha yang seorang native mengomentari level Bahasa Inggris para figur di Indonesia, mulai dari Rich Brian sampai Sule, dari Joe Taslim sampai Jokowi. dan channel ini membuat saya ketagihan, karena saya bisa belajar banyak, mulai dari grammar, pengucapan, pilihan diksi, sampai accent. Cocok buat saya yang speaking-nya pas pasan ini. Tapi anehnya lagi-lagi masih banyak yang salah kaprah tentang video-video ini, misal mengatakan Sacha sok, bahasa Indonesia Sacha juga belum benar, dan sejenisnya. Hebatnya, selain dijadikan bahan buat sarcasm, Sacha tidak begitu memperdulikan hal yang beginian. Dan untunglah, di kanal  ini, jumlah komentator hebat ini tidak begitu banyak, tidak seperti di kanal lain milik Sacha misalnya: How to Act Indonesian

How to Act Indonesian adalah sketsa pendek buatan perempuan yang sudah menikah dengan seorang pria Bandung ini tentang bagaimana keseharian orang Indonesia dari pandangannya setelah sekian lama tinggal disini : dan sebagai orang Indonesia, saya setuju dengan hampir semua pandangan Sacha tentang keseharian, hal-hal lucu, nakal sampai kepada hal-hal yang tabu dan jarang diperbincangkan, misalnya soal Boroknya birokrasi, soal ras, atau soal  agama… yang selalu benar.

Hal inilah mungkin yang bikin gerah sebagian dari kita yang tidak biasa di kritik, kita tidak suka kalau fakta dibeberkan kewajah kita. Jangankan dari orang luar, dari kalangan sendiri saja kita tidak bisa menerimanya. Padahal sekali lagi, yang ditampikan adalah kenyataan ! Walaupun Sacha sudah melakukannya dengan cara yang cerdas dan jenaka, dengan video dengan akting dan prop yang total! Tetap saja,  kalimat : kafir! pulang saja ke negara kamu!  bule sok tau ! bule gila ! dan semacamnya tak jarang menjadi hadiah bagi wanita asal Kanada ini.

Sedih, jangankan menjadikan video-video ini sebagai cermin dan alat berbenah diri, menjadikan video ini dari sisi lucunya saja, sebagian dari kita masih belum bisa. Mau bagaimana, mungkin kita memang lebih suka video pribumi seagama yang pecicilan ga jelas yang melenakan, daripada pil pahit menyehatkan seperti ini.

Sekali lagi, untunglah, pemilik akun sendiri sepertinya tidak terlalu bermasalah dengan komen komen menyebalkan seperti yang saya katakan diatas, dia cuma menanggapinya dengan tawa, sesekali sarkas, bahkan mau meminta maaf untuk hal yang menurut saya dia tidak salah, demi ketenangan umat manusia. Setelah itu, dia lanjut berkarya, menghasilkan video video baru, ( bukan cuma Seleb English dan How to Act Indonesian, Sacha punya banyak video lain !)  yang menurut saya pintar, jenaka dan punya muatan luar biasa.

Begitulah, selamat berjuang terus neng Sacha ! buat saya, mungkin kamu lebih Indonesia, dan lebih mencintai Indonesia dibanding saya pribadi dan mungkin banyak orang diluar sana.

Seperti peringatan yang selalu hadir di awal video Sacha : TIDAK SEMUA INDONESIA BERPRILAKU SEPERTI INI. maka begitu pula komentar dan komentator hebat ini, masih banyak orang yang mendukung dan mengapresiasi, dan saya salah satunya!

Jangan berhenti, jangan menyerah memberi perbedaan buat bangsa ini, jangan seperti saya yang lemah yang tidak sanggup bertahan di sosial media dipenuhi postingan dan komen yang tidak jelas, sok tau, sok pintar dan memancing rusuh dunia !

GO SACHA GO SACHA GO!

MAHA BENAR NETIZEN DENGAN SEGALA KOMENTARNYA..