BANGUN DONG LUPUS*

Siapa yang tidak kenal dengan remaja cungkring, berambut jambul ayam, hobi mengunyah permenkaret dan memakai tas kedodoran ini ?

Ya, di adalah LUPUS, walaupun boleh dikatakan dia adalah icon remaja 80 an, namun generasi sesudah itu pun masih mengenal dan mengidolakan dirinya. Karena lupus memang gambaran seorang remaja yang ‘ideal’ : jahil, santai, gaul, dan tentunya sedikit rebel!

Siapakah sebenarnya lupus ? lupus adalah karakter fiksi bikinan ( mas) Hilman Hariwijaya di yang awalnya hadir dalam cerita terpisah di majalah HAI, yang kemudian muncul dalam bentuk novel remaja pada tahun 1986 dibawah judul : TANGKAPLAH DAKU KAU KU JITAK . selanjutnya kisah kehidupan remaja kocak yg juga wartawan freelance ini pun terus menerus mencetak hits , Buku-buknya lupus memang laris manis, karena seperti yang sudah di tulis diatas, lupus memang mewakili remaja, kapanpun itu, persahabatan, masalah dengan orang tua, masalah uang saku , pacar, semuanya hadir dalam lupus, sehingga para pembaca yang umumnya remaja merasa sangat dekat dengan lupus, gaya penulisan hilman yg lucu dan kocak, penuh tebak-tebakan dan plesetan pun membuat lupus menjadi buku yang beda dengan novel remaja kebanyakan,konflik sampai penyelesaian masalah semuanya begitu menarik, mudah dan mengalir, sama halnya dengan lupus yang selalu tertawa di sepanjang harinya, tak ada beban. tak heran setiap buku lupus pun mengalamai cetak ulang sampai beberapa kali. sampai awal 90 an muncullah lupus kecil dan lupus abg dengan pangsa pasar generasi baru setelah 80 an. Disambung trilogi cinta lupus yang dikemas apik dalam boys don’t cry, bunga untuk poppy dan candlelight dinner , serta lupus millenia yang muncul setelah 2000 an tetap menjadi hits yang selalu habis di borong di toko buku manapun .

Namun dimanakah lupus sekarang ?

Setelah serial lupus millenia, PDKT ( 2002 ) sepertinya lupus tertidur pulas, lupus sepertinya terlarut dalam mimpi indahnyan sampai membiarkan para fansnya menunggu kembali kehadiran kisah-kisahnya, bagaimana lupus dan adiknya lulu menjalani hari-harinya dengan tawa dan canda, repotnya urusan katering mami,susahnya berurusan dengan mr.punk, pahitnya perjalanan cinta si playboy boim,dan hubungan aneh antara gusur dan fifi alone yang juga seaneh rambutnya adi darwis, kisah cinta abadi lupus dan poppy, serta seabrek kisah lainnya yang diharapkan para fans hadir kembali di hadapan mereka.

Penantian itu pun terjawab setelah tahun 2005 lupus kembali muncul dengan CINTA SEORANG SELEB yang menceritakan perjalanan lupus dalam mendapatkan berita dari seorang seleb bernama’ dian katro’, berlanjut perasaan cinta antara lupus dan dian dan sayangnya berujung seperti sinetron indonesia. Lupus kembali, namun seperti bukan lupus, walau masih ada kekhasan lupus disana, namun berbeda, bahkan sosok lupus yang di visualkan lewat gambar pun sangat berbeda, benar-benar bukan lupus.

Setelah itu, lupus pun kembali tertidur, sampai tahun 2007, anak ini kembali muncul dengan titel LUPUS RETURNS : CEWE JUNKIES .menunjukkan niat dan memberi harapan besar kepada para fansnya kalau hero remaja ini akan kembali lagi untuk mengisi hari –hari para remaja indonesia.

Namun, sepertinya mimpi itu terlalu berlebihan, karena lupus belum benar-benar return, karena apa yang dihadirkan di cewe junkies, bukan mengembalikan lupus, tapi lebih seperti membawa tokoh baru yang berusaha mirip lupus, tokoh baru yang kebetulan saja memiliki temnan gusur dan boim, tokoh baru yang kebetulan saja bersekolah di SMA MERAH PUTIH, tapi bukan lupus.

Kisah yang benar-benar sinetron dan terkesan di paksakan , tebakan dan humor yang rada garing,serta hilangnya beberapa tokoh dan unsur-unsur penting membuat kembalinya lupus, Cuma menadi euforia sesaat bagi para fans, seperti segelas eskrim di tengah padang pasir, terlihat menyegarkan , namun setelah dinikmati, kita akan kembali kehausan.

Sekarang tahun 2010, 3 taun setelah lupus terakhir muncul kehadapan kita, tak ada lagi-lagi tanda lupus akan returns atau bangun dari tidurnya. Kita fansnya akan kembali bertanya-tanya , apakah masih ada lupus yang akan mewarnai hari –hari kita, dan generasi2 selanjutnya, atau generasi kita hanya akan di cekcoki sinetron2 yang tak jelas ujungnya ?

Lebih jauh lagi, menurut para lupus mania, apakah kita benar-benar berharap lupus bangun dan kembali ke hadapan kita, namun dengan segala macam perubahan yang harus kita maklumi, karena, zaman juga berubah atau kita membiarkan lupus tertidur dalam istana yang indah yg sudah dibangunnya ?

*judul dicomot dari salah satu serial lupus dengan judul yang sama persisi

NB : terimakasih untuk mas hilman yang sudah sukses ‘membentuk’ seorang anak manusia sampai menjadi seperti ini,terimakasih banyak, sampai2 jurusan yg dipilihnya pun terinspirasi dari pilihan lupus .walalupun sekarang lupus masih tertidur, saya angkat topi buat mas hilman : belum ada penulis indonesia yang mampu membuat tokoh sefenomenal lupus…

Advertisements

LUCKY NUMBER ONE

Ini cerita lama

Jauh sebelum D dan E muncul di muka bumi…

Ini cerita tentang masa awal kuliah masa dimana semua masih terlihat indah…

Ini cerita Saat dimana gw masih bekerja part time di sebuah OBC, sebuah taman bacaan di dekat kostan gw,

OBC ( oommee’s book corner ) dimana gw bekerja, adalah sebuah taman bacaann simple, cozy dan nyaman, karena walaupun bagian dalamnya terbilang kecil, di bagian luarnya terdapat bangku dan meja panjang sebagai tempat konsumen untuk membaca sekaligus melepas lelah setelah seharian berkutat dengan bangku perkuliahan,bahkan kalo anda bermuka badak, anda bisa langsung tidur siang disana, percayalah, sangat nyaman, dan saya pernah melakukannnya.., selain menyewakan komik dan novel, kami juga menyediakan makanan dan minuman ringan dengan harga terjangkau..PROMOSI MODE ON

Karena itulah, semenjak gw bekerja disana, sepulang kuliah ( paling tidak ,itulah niat mereka ) teman –teman pun menyempatkan diri untuk menemani hari-hari gw sebagai kasir. Sangat sedikit sekali dari mereka yang membaca, kebanyakan cuma menggosip dan sesekali menggoda cewe-cewe manis yang menjadi langganan utama taman bacaan ini..apalagi semenjak gw bekerja disini ..jumlah cewe cewe ini meningkat dua kali lipat …HWAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA…

Gw lupa kenapa,gw lupa hari itu hari apa

tapi sore itu benar-benar sepi, cuma ada 2 orang teman, hamdi a.k.a tama : , gitaris underground berambut keriting , anak ini beda jurusan, namun dia adalah pelanggan tetap OBC. satu lagi,teman seperjuangan gw sampai sekarang: Haris , arjuna yang menyebabkan teriakan “kya..kya..kya” dari cewe-cewe dimana saja kami berada….

Walau sepi ,sore itu tetap panas

Berhubung sepi, Gw meninggalkan meja kasir di bagian dalam , duduk di kursi luar, bergabung dengan tama yang sedang membaca dan haris yang sedang duduk dengan manisnya, Sekalian gw pun mengeluarkan sebuah the botol segar dari kulkas, 1 untuk ber 3.bukannya pelit, ini demi sebuah kebersamaan…

Gw buka the botol segar, bergosip dengan haris, tama sibuk dengan komiknya

Gw masih bergosip, tama masih membaca saat tiba tiba…

Nguuung..ngunnngggg…nguuuuunngg

Entah apa yang terjadi dengan sebuah mahluk kecil bersayap ,bermata besar dan berkaki banyak, yang supaya lebih mudah kita sebut saja LALAT ( 17) , sampai ntu mahluk tiba-tiba mengalami kecelakaan di udara….

DAN MASUK TEPAT KEDALAM THE BOTOL SEGAR YANG BARU DIBUKA….

Ternyata saksi mata kecelakaan tersebut bukan saya saja, by stander effect,kami menunggu siapa yang duluan berinisiatif, tapi ternyata alih-alih melakukan tindakan penyelamatan , kami Cuma mengamati si korban yang masih menggapai-gapai dalam botol teh segar tersebut..
Sepertinya dia tidak bisa berenang, dan parahnya, dia juga tanpa pelampung darurat……..
Kami pun saling berpandangan…

Dan ….dengan sangat cekatan

Haris pun mengambil botol tersebut dan layaknya joe rogan hostnya fear factor haris pun mengangkat botol dan menyerahkannya kehadapan gw,

“RAYES, YOU’RE LUCKY NUMBER ONE..”

Gw senyum. Nice try haris, tapi maaf, anda berurusan dengan orang yang salah,
Tanpa pandang bulu, tanpa memperpanjang mukadimah gw pun menonong ( tau menonong ?? yang ga tau silahkan google) teh segar tersebut

CEGLUK…CLEGUK…..

dan meletakkannya Kembali ke meja DENGAN MANTAP!!!

DAN SI LALAT ( 17 ) MASIH MENGGAPAI-GAPAI DI THE SEGAR YANG MASIH TERSISA SETENGAH BOTOL….( tolong bedakan dengan : THE SEGAR YANG BOTOLNYA MASIH TERSISA SETENGAH , PERCAYALAH SAYA BUKAN KUDA LUMPING! )

gw kelihatan puas,SENYUM-SENYUM… smentara 2 lainnya bergidik…

haris dengan cepat menyerahkan botol ke tama,

tama menggeleng, karena jumlah air yang semakin berkurang menyebabkan peluang masuknya mahluk halus itu kemulut semakin besar…
tapi ketika saya dan haris menggangguk, tama meletakkan komiknya, membaca bismillah, menyebutkan nama-nama orang yang akan mewarisi hutang-hutangnya…dia pun meneguk teh botol…

GLEK..GLEK…

Dan membuka kembali matanya…

Gw menjabat tangan tama…

Tama Melihat ke botol dan kemudian tersenyum dan serta merta melakukan sujud syukur , LALAT ( 17 ) ITU MASIH DISANA..masih belajar berenang di sisa teh dalam botol atau mungkin mencoba memecahkan botol untuk meloloskan diri
Kami memandang haris sambil tersenyum…

CONGRATULATION HARIS….

YOU ARE NEXT !!! chong li mode : on

TIPSURVIVE

Kisah ini dimulai, ketika 2 hari yang lalu , 2 orang dari kami ,, yang kebetulan sama-sama berjenis kelamin hawa, yang kebetulan baru pulang dari liburan ke daerah penghasil jeruk ( kecil) berastagi yang (menurut laporan yang mereka berikan) menyebabkan kebocoran luar biasa terhadap pundi-pundi uang mereka, melakukan curhat akan nasib mereka yang merasa menjadi orang termiskin dunia untuk hari ini..
seseorang dari kami, yang sebagian besar kaum adam pun menyela curhat tersebut dan memaparkan fakta, bahwa :

NASIB MEREKA YANG TIDAK PUNYA DI AKHIR BULAN MASIH LEBIH BAIK DIBANDING KAMI / BEBERAPA ORANG DARI KAMI YANG KADANG SUDAH MENGALAMI BANKRUPT SEMENJAK TENGAH BULAN

Dari sinilah, perbincangan berkembang menjadi saling berbagi tips ( baca : curhat ) dengan judul :

SIASAT BERTAHAN HIDUP, KHUSUSNYA SOAL 3M ( MAKAN MINUM MEROKOK )SAAT NOMINAL DI KANTONG MENUNJUKKAN ANGKA YANG TIDAK MEMUNGKINKAN SAMPAI AKHIR BULAN : AN ANAK KOST STUDY

Inilah beberapa tips yang muncul ( dengan pengubahan seperlunya )

1. Diawal bulan, belilah saos sambal dan kecap untuk persiapan satu bulan kedepan, sehingga saat tidak ada lagi kemampuan untuk membeli lauk, nikmati kecap dan sambal…

2. Biasakan membuang uang receh ke lemari, kasur , komputer, dan daerah2 sekitar kamar, sehingga saat nantinya uang kertas tidak lagi ditemukan, masih ada 15 uang 100 an dari berbagai lokasi tersebut untuk membeli satu bungkus mie instan

3. Ketika membeli mie instan, belilah yang bermerk mie goreng, namun eksekusi lah beliau sebagai mie rebus, sehingga kecap, saos , bawang goreng, dan kripik kres kres bisa dipergunakan untuk tahapan makam selanjutnya

4. Belilah nasi goreng, yang biasanya disertai telur dan kerupuk, nah, daramlah nasi gorengnya, sisakan kerupuk dan telurnya dengan alasan yang sama dengan nomor 3

5. Ketika memasak /menanak nasi, campurlah airnya dengan penyedap rasa semacam s*** dan rei** sehingga ketika nasi matang, tanpa lauk pun, makan anda tetap akan terasa nikmat

6. Tidak Cuma makanan, kadang pada tanggal 15 ke atas, galon sebagai satu2nya wadah minuman di kost2ans ering mengalami kekeringan, sementara warga memerlukan air, daripada warga kost bertayamum karena tidak ada air, maka saat lengah isilah galon dengan air bak, namun jangan pernah membocorkan rahasia ini, karena kalau dibocorkan akan membahayakan kesehatan warga, sementara kalau ini tetap tersimpan tidak akan berbahaya : what they don’t know wont hurt them

7. Masih masalah air minum, Bawalah beberapa botol akua ( sebutan untuk air mineral di negara anda) kosong yang bisa anda dapatkan di sekitar lingkungan anda, ( usahakan yang bersegel) , cucilah hingga bersih, kemudian parkirlah’ di kafe yang menyediakan teko di meja, isilah perbelakalan hingga penuh.jika masih belum sementara teko sudah kosong,segera panggil pelayan untuk mengisi teko, atau kalau anda tidak punya malu yg besar, segera berikan botol akua tadi ke pelayan untuk di isi ulang

8. anda tidak punya satu apapun dan keadaan tidak memungkinkan anda melaklukan no 1 sampai no 8, sementara anda benar-benar kelaparan, maka lakukan gerakan penghilang lapar : usap pipi kiri anda selama 5 menit, sembari melakukan gerakan yang sama dengan perut sebelah kanan anda, setelah 5 menit pindah ke pipi kanan dan perut kiri,

9. masih masalah menunda lapar : OKI JELLY DRINK adalah solusi cerdas!! Terbukti : 7 oki jelly drink = sepiring nasi ampera

10. tips nabi : ikatkan batu raksasa di perut anda

11. Gerakan nasional : KENCANGKAN IKAT PINGGANG

12. Lakukan hal yang nomor 1, dan oleskan pada sandal jepit atau tumpukanbaju yang belum anda cuci, percayalah..saat lapar semua terlihat sangat enak…kalau ada cukup uang, tambahkan mentega atau irisan keju diatasnya

13. Tips no 9 itu bohong,bagi siapa yang tadi mencobanya, itu bodoh

14.berkunjunglah ke kostan teman untuk menyambung silahturahmi dan menunggu perintah silahkanmakan, namun ini sangat tidak dianjurkan….karena sebagain besar berada pada lever yang sama…

15. Minumlah 2 buah bodrex, anda akan mengantuk dan anda lupa akan rasa lapar, saat bangun dan anda kembali lapar, minum kem bali 2 bodrex, demikian seterusnya…sampai anda tidak bangun lagi dan pasti tidak merasa lapar..

Demikianlah beberapa tips yang bisa kami rangkum dari seminar tadi sore disebuah café di bilang unand pusat, terlebih silahkan di kurangi, terkurang silahkan di tambahkan,..

DON’T ASK THE MONEY SPENT
OR WHERE IT WENT
COZ, NOBODY WILL KNOW OR INVENT
WHAT HE DID FOR EVERY CENT

Nb : note ini ditulis saat sel abu2 di kepala ini stuck mengotak atik mini thesis yang padahal musti dikumpul besok, di temani lagu cinto di kampusnya nedi gampo….

Tengganglah kami pak..oi ibuk dosen…….

BUKAN LELAKI TERINDAH

Ketika beberapa hari yang lalu saya masih berkutat dengan mahluk menyeramkan berjudul minitesis,winamp di depan saya kebetulan sedang mendendangkan lagu liu xin yie nya boy band lawas : F4. Teman saya yang kebetulan ( lagi ) baru saja bangun dari hibernasinya berkomentar pendek
HOMO ..

Saya heran, kenapa boyband selalu diidentikkan dengan kaum penyuka pintu belakang tersebut.apakah karena ada beberapa dari mereka yang gay, apakah karena GAYa mereka yang cendrung disukai kaum gay? Atau ganteng dulu kemudian jadi gay, atau jadi gay dulu biar ganteng?

Terserahlah, kita tidak akan membahas itu, karena terus terang saya bukan ahlinya, bagi yang merasa ahlinya, silahkan salurkan kepada sesama jenis anda.(???)

Sekali lagi, kita tidak akan membahas GAY HOMO ATAU MAHO, jadi bagi yang merasa ada kecendrungan, maaf kalau membuat anda kecewa!! Karena kita akan membahas tentang sebuah film lawas bertajuk : 30 hari mencari cinta..

Mungkin bakal banyak yang protes kenapa sampai membahas film jadul tersebut.pertama, itu film udah jadul, kedua , apa hubungannya dengan gay? Karena dari kata homo tadi perbincangan kami berkembang kepada erik: cowo gay yang dalam film itu dimainkan oleh vino g bastian, yang saat itu masih belum seterkenal sekarang.

Mari sedikit bernostalgia ,

Pasti sudah pada tau ama ceritanya : ada 3 cewe yang taruhan dan kemudian berusaha mati2an untuk mendapatkan cowo dalam 30 hari.dan singkat cerita pada akhirnya tak ada satupun dari mereka yang berhasil mendapatkan cowo, karena :

Cewe a pacaran dengan rocker, keren, tapi jarang mandi

Cewe b pacaran dengan seorang romantis, kaya, tapi ramah ( rajin menjamah)

Dan cewe c sepertinya akan sangat beruntung, karena dia mendapat cowo keren, rapi, baik, romantis, mendekati kata sempurna, namun….yah, dia erik itu, dia itu GAY

Akhirnya, setelah mewek bareng2. mereka mengambil hikmah dari pencarian mereka, ternyat demi pencarian mereka, mereka melewatkan sesuatu yang amat berharga,sesutu berharga yang sudah mereka punyai, yaitu : persahabatan

Dan film pun selesai

Tapi apakah benar, kalau persahabatan –lebih- berarti- dari- segalanya adalah pesan yang ingin disampaikan si pengarang atau si pembuat film.mungkin saja !!!
Tapi mari kita dekonstruksi film lawas ini dari sisi yang lain:

…………………………………..

Langsung saja..

Kenapa mereka tidak berhasil menemukan cowo idaman mereka?

Karena selalu ada TAPI di setiap cowo yang mereka temui dan mereka kencani. Dan mereka selalu melihat TAPI tersebut sehingga tak sadar lupa ada hal selain yang tapi itu,lihat dalam adegan direstoran/cafe dimana cowo2 hadir bergantian seperti semacam audisi. Apa yang di perlihatkan ? kekurangan mereka..: anka mami lah, cupu lah, terlalu idealis lah, noraklah, selalu kekurangan dan kekurangan…

Sebuah pepatah yang sudah sangat bulukan ; tak ada yang sempurna diatas dunia, musti perlu di ulang kepada 3 cewe tersebut, selama mereka masih membahas kekurangan dan kekurangan, mereka akan tetap seperti itu, tidak akan pernah menemukan cowo yang SEMPURNA, dan mungkin saja mereka bisa berubah orientasi seperti yang di katakan cassandra, lawan mereka ,yang dimainkan bintang-bokep-dadakan : munamaya di awal karirnya: MEREKA BISA JADI LESBIAN.dan, seandainya semua cewe berpikir seperti mereka, mencari atau menuntut kesempurnaan, maka tak heran, kalau akan banyak dari kami, kaum adam yang lewat pintu belakang….karena tak ada manusia ( baca: cowo) yang lepas dari namanya : kekurangan

Kami BUKAN LELAKI TERINDAH, tapi biarkan kami indah dengan cara kami, kami akan indah dengan segala kekurangan kami… toh, mawar juga punya duri..

Sebuah nasehat dari uje yang pernah saya jadikan status :

Cintai kekurangan, maka kamu tidak akan punya saingan, karena sangat jarang ada orang yang mau mencintai kekurangan orang lain..

NB : tak ada maksud apapun,tak ada gay yang tewas bahkan dilukai dalam pembuatan tulisan ini, cuma tulisan iseng lahir dari 2 sen

makasih atensinya,,,

DATE, DEATH, DAD ( pilot episode )

“Jadi kita resmi jadian ?”

cowok berkacamata itu terlihat gugup untuk menanyakan hal tersebut kepada cewek cantik bermata biru didepannya.

Yang ditanya malah tersenyum melihat tingkah si cowok.
“iya sayang…..kita resmi jadian..”” YES….finallly, im not single anymore,,! yiha…” si cowo melompat-lompat kegirangan, untung saja sore di kampus itu terbilang sepi, setidaknya tidak ada yang melihat ekspresi aneh penuh kelebayan dari si cowo.sementara si cewek Cuma geleng-geleng kepala melihat tingkah cowok barunya itu.
Namun setelah beberapa lama, sicowok sepertinya masih belum sadar, sehingga si cewek segera mengambil tindakan
“ sayang ..balik yu’! dah sore banget nich !” ajak si cewe sambil berteriak pada cowo yang sekarang sedang duduk di sudut lain lapangan basket,menetralkan nafas, karena sepertinya sudah cape melompat-lompat gembira.
“ oke sayang….aku segera kesana….”
Cowo berambut acak-acakan itu segera berlari ke sisi sang cewe, kemudian mereka berjalan beriringan kearah sedan putih milik si cewe yang diparkir tak jauh dari mereka.

***

Rama yang biasanya cuek , sekarang tampil rapi jali. Rambutnya yang tak beraturan sekarang dilumasi gel agak terlihat sedikit menawan.rama yang dikampus biasanya ‘hampir’ selalu terlihat dengan kaos “flash” nya sekarang terlihat sedikit berbeda.dia sengaja membeli sebuah kaos untuk kencan perdananya : sebuah kaos hitam berlogo kelelawar yang bisa menyala dalam gelap, Kaos limited edition ini diperolehnya dari hasil tabungan dan freelance sebagai penjaga toko buku. Penampilannya semakin menawan, ketika sebuah kemeja hitam polos di pasang sebagai luarannya. Sebagai sentuhan akhir, dia pun memasang kacamata minusnya, sambil sekali lagi merapikan diri didepan kaca: “perfect “ ujarnya pada dirinya sendiri.

***

08.00

Di parkiran sebuah bioskop, Rama terlihat gugup dan gelisah, berkali kali dia melihat jam ditanganya

“ shinta kemana ya , kok belum datang juga?” Ujarnya dalam hati.
Tapi tiba-tiba kegelisahannya terjawab saat sebuah sedan putih memasuki area parkir, dan berhenti agak jauh dari rama, tetapi masih dalam jarak pandangnya. Sosok yang dinanti-nantinya itupun keluar dari mobilnya. “dia selalu luar biasa “ komentar rama , walau malam itu Shinta Cuma memakai kemeja panjang dan jeans. Rama masih memperhatikan Shinta saat cewek itu terlihat mengangkat telponnya sambil emosi, tak lama kemudian dia mematikan ponselnya sambil melambaikan tangan kepada Rama.
Saat itulah sebuah sedan hitam tiba-tiba bergerak dengan kecepatan tinggi kearah shinta.

SHINTA..AWAAAAS!!!

Belum sempat rama beranjak dari tempatnya semula, mobil itu sudah membuat shinta terlempar ke jalan , mobil itu pun segera menghilang dari sana meninggalkan rama yang segera berlari ke arah shinta diikuti beberapa orang yang melihat kejadian itu. Rama segera mengenggam tangan shinta yang sudah dingin.dia menangis…

**

Sebuah komplek pekuburan

Di sebuah kuburan yang masih basah, Rama tak mampu menahan tangisnya,beberapa pelayat sudah meninggalkan tempat peristirahatan terakhir shinta, langit yang mendung seakan-akan ikut mewakili perasaan rama pagi itu, Kehilangan orang yang baru saja dimilikinya, orang yang sangat dicintainya.tiba-tiba sebuah tangan menyentuh bahunya,

“ sudahlah rama…ini sudah ketentuan yang kuasa, shinta pasti sudah berbahagia disana, kita sama-sama kehlangan orang yang sangat kita cintai rama.. ” seorang lelaki setengah baya mencoba berkata-kata buat menghiburnya
Pria berwajah simpatik itu adalah ghazul, ayah shinta, seorang pengusaha terkemuka.businessnya tidak hanya berkisar didalam negeri sja, tapi sudah merambah pasar luar negeri.walaupun sudah sering mendengar namanya, ia baru saja berkenalan denganya semalam, di rumah sakit, saat mengantar shinta.

“ iya om..” rama menjawab, namun tak beranjak dari sana. Dia masih saja memandangi kuburan kekasihnya itu, rama masih berharap kalo ini semua hanyalah mimpi. Namun, semakin ia mencoba menghindar, dadanya terasa makin sesak, perih.. dan sangat sakit..
“ kalo begitu..om balik duluan ram..” pak ghazul pun mohon pamit kemudian berbicara sesuatu kepada ibunya rama yang berdiri tak jauh dari situ. Ibu rama pun mendekati rama, memegang pundaknya
“ sudahlah nak…sudah saatnya kamu pulang , shinta akan bertambah sedih dialam sana kalau melihat kamu tetap sedih begini, yo pulang….” Ibunya mencoba membujuk, namun..
“ bunda pulang duluan aja ya bu.. rama masih ingin disini, ga papa kan bu?”
“ ya udah, jangan kelaman ya, udah mau hujan lo., bunda balik duluan ya.”

Bu dewi pun beranjak dari sana diikuti oleh ghazul.meninggalkan rama sendirian di komplek pemakaman tersebut.

***
Hujan yang mulai turun seakan-akan ikut merasakan kesedihan rama , unggukan tanah di depan rama semakin basah. Udara yang semakin dingin, tiupan angin yang semakin kencang, dan titik-titik hujan yang semakin deras pun menyadarkan rama. Ia bangkit dan menegadah ke langit, membiarkan titik –titik air menusuk wajahnya.tangannya terkepal, tak sadar dia berteriak

“ WAHAI ENGKAU YANG DIATAS SANA…AKU TAU..KAU PASTI MENDENGARKU ! INIKAH YANG KAU NAMAKAN KEADILAN ?? SAAT AKU BARU SAJA MEMILIKI, AKU HARUS KEHILANGAN DIRINYA !!!
INIKAH KEADILAN ? MENGAPA KAU AMBIL DIA BEGITU CEPAT….?? MENGAPA …APA SALAHKU, APA SALAHNYA ??

Rama diam, mencoba menenangkan nafasnya, sejenak kemudian, petir mulai menyambar-nyambar, angin terasa semakin kencang

“ BAIKLAH.KAU TIDAK SALAH…AKU YANG SALAH….SEMUA INI TERJADI KARENA KU BEGITU LAMBAN.AKU YANG MEMBUATNYA MATI…AKU YANG TELAH MEMBUNUHNYA…KAMI MUNGKIN MASIH BERSaMA SEANDAINYA AKU BISA LEBIH CEPAT……

Sebuah petir menghantam dada rama , rama terhempas beberapa meter dan kemudian tak sadarkan diri.
**

Rama mencoba membuka matanya.sedikit susah, karena masih ada sedikit rasa pusing di kepalanya. Namun ia terus mencoba, perlahan ia mulai membuka matanya, dan ia mulai mengedarkannya ke segala arah. Meja computer dengan cd games yang berserakan di sebelah kiri tempat tidur, poster JLA supergede tepat di belakang pintu, dan langit2 dengan jaring laba-laba yang dibuat sendiri dari benang. Tak salah lagi, ini kamarnya sendiri. Tapi , mengapa ia sampai berada disiini ? hal terakhir yang ia ingat adalah ketika ia tersambar petir di kuburan shinta.

Dreett…pintu kamarnya terbuka, dan sebuah wajah penuh kasih , masuk ke kamarnya dengan seulas senyum.
“bunda..”

“ syukurlah, kamu sudah bangun ma, bunda baru saja mau ngebangunin kamu, nich bunda baru aja beliin kamu mie ayam kesukan kamu ..”
Seperti bisa membaca pikiran anaknya, ibu dewi melanjutkan ..
“ tadi kamu pingsan di pemakaman…”
“pingsan ?” ulang rama
“iya” tadi bunda kan pulang diantar sama pak ghazul, ayahnya shinta, tapi dijalan, hujan tiba-tiba aja turun, ga tau kenapa, perasaan bunda tiba-tiba ga enak, makanya bunda minta ama supir pak ghazul buat balik lagi ke pemakaman, dan ternyata firasat bunda benar, bunda udah ngeliat kamnu pingsan di depan makannnya shinta”
“ jadi pak ghazul yang bawa rama ke rumah ? sekarang pak ghazulnya mana bunda ? “
“ udah pulang dari tadi, dia kesini Cuma nganterin kamu ma ibu, awalnya dia mau bawa kamu ke rumah sakit, tapi ibu suruh kesini aja,habis dari sini tadi dia langsung pulang.di rumah kan banyak yg mau melayat… “
Ibunya kemudian mengusap-ngusap kepala Rama., “emang kenapa sih , kok kamu bisa sampai pingsan?”

Awalnya, Rama bermaksud menceritakan petir yang menyambarnya, namun tiba-tiba diurungkannya.karena ia takut ibunya akan khawatir dan panik.

“ rama ga tau juga bunda, mungkin kecapean aj kali bunda” rama mencoba mencari alas an

“iya, bunda pikir juga gitu, dari semalam kamu kan ga tidur, makan juga ga, gimana ga pingsan “ bunda tersenyum

Rama berusaha balas tersenyum, namun begtiu banyak yang ada di kepalanya, kematian shinta, juga petir yang baru saja menyambarnya.

“ ya udah, mandi sana! Udah sore, habis mandi mie ayamny di habisin ya sayang, trus ntar, tolong kembaliin buku yang bunda pinjam ke perpus ya, bunda mau ke dapur dulu, mau masak buat ntar malam.. “ Ujar bu dewi sambil keluar dari kamar anaknya.

Sepeninggal ibunya rama kembali berbaring memikirkan aa yang sudah terjadi, bayangan shinta kembali mengisi kepalanya. Rambutnya yang panjang, wajahnya yang manis, senyumnya yang membuat ia terlihat lucu. Semua hadir kembali. Begitu juga saat ia ingat rendah hatinya shinta, walau ia putrid seoprang pengusaha kaya. di kampus, Ia tak pernah sombong dan pilih-pilih teman dalam bergaul. Bahkan ia mau bergaul dengan anak yang tergolong ‘aneh’ di kampus seperti rama, bahkan menerima cintanya. Rama membuka gallery ponselnya dan melihat foto teraklhir bersama shinta. Sekali lagi, aku minta maaf sayang, andai aja, aku bisa menyelamatkanmu lebih cepat…

**

Rama keluar dari kamarnya, mandi membuatnya sedikit segar, di depan pintu,. Ia menalikan speatu kets kesayangannya

Kemudian ia bersorak “ bunda…rama jalan ya..”
Bu dewi keluar dari dapur dan menemui anaknya di pintu depan, “ iya..hati-hati ya sayang..”

Bundanya tersenyum, ia tahu, tak mudah buat rama untuk menghadapi ini semua. Karena itu, bu dewi tadi sengaja menyuruh rama untuk mengambalikan buku ke perpustakaan. Karena dia tahu, Cuma buku dan perpustakanlah yang bisa membuat anakanya itu melupakan sejenak kesedihannya.beliau masuk kembali ke dalm rumah, ketika hendak menuju dapur, beliau melihat pintu kamar rama masih terbuka, Beliau pun teringat dengan mie ayam tadi dan bermaksud mengambil kembali mangkoknya, namun yang dilihatnya di dalam ternyata mie ayam itu sama sekali tidak disentuh rama, harusnya ia heran, karena rama belum pernah menyisakan mie ayam, ini adalah makanan favoritenya. Namun ia segera mengerti, ini sangat berat bagi rama. Ia segera membawa mie ayam yang masih utuh itu dan menutup kembali pintu kamar rama.

**

Rama berjalan santai menuju ke perpustakaan yang memang terletak tak begitu jauh dari rumahnya, kalau di tempuh berjalan kaki paling lama hanya memakan waktu 20 menit, Ketika melewati sebuah bangunan, rama sejenak terhenti, ia kemudian memandang ke area parkir yang telah merenggut nyawa kekasihnya itu. Ia masih ingat detail kejadiannya.
Yah, gedung yang dilewati rama adalah gedung bioskop tua yang tadi malam merenggut nyawa kekasihnya. Gedung bioskop ini memang terketak tak jauh dari perpustakaan umum tempat tujuan rama. Rama hampir saja menjadi sebuah cerita ketika sebuah mobil truk hampir saja menyenggolnya, untungnya rama cepat sadar dan segera menghindar.
Tanpa ada rasa bersalah , mobil itu masih melaju dengan kecepatan yang sama !!!

Rama menghela nafas, mencoba mendapatkan kembali kesadarannya , kira-kira 100 meter didepan, dia akan segera sampai di perpustakaan umum kota,sebuah perpustakaan yang memiliki koleksi cukup lengkap di kotanya, tempat dimana rama menghabniskans ebagain besar waktunya, tentunya selain di tempat partime dan kampusnya. tiba-tiba dia kaget, 100 meter di depan, seorang gadis sedang berjalan menunduk, tidak menyadari bahaya yang sedang mengintainya, karena truk yang tadi hamper menyerempatnya sekarang sedang mengincar nyawa gadis itu. Reflek, rama berlari mencoba menyelamatkan gadis yang sebenarnya berada jauh di depannya itu..

Supir truk itu mengerem mendadak, saat rama berhasil menggendong gadis itu ke trotoar, sontak kesadarann si supir kembali, ia hampr saja merenggut nyawa gadis itu.ia turund ari truk dan menghampiri rama yang menggendong si gadis. “ kau tidak apa-apa ?”

Sang gadis yang masih shock tidak menjawab, ia Cuma menangis, sementara rama segera menjawab .” Aku rasa aku berhasil menyelamatkannya tepat waktu-dia tidak apa-apa”

Sang supir mengerenyitkan dahinya, pemuda ini…pemuda ini adalah pemuda yang tadi hamper di tabraknya

“ kau…bukankah kau jauh di belakang ? bagaimana cara kau menyelamatkannya ?”

Rama kaget, ia juga baru sadar, bukankah tadi ia juga berada di belakang si gadis, dalam pikiranya ia tidak mungkin sempat menyelamatkan gadis yang masih terisak di dadanya ini, tapi faktanya, dia berhasil menyelamatkannya. Tapi entah kenapa, ia mencoba mengikuti permainan ini.

“ di belakang ? bapak mungkin salah lihat, saya berada sangat dekat dengan gadis ini “
“ tidak mungkin..aku yakin sekali kau yang di belakang tadi..”

“mungkin itu Cuma imajinasi bapak” jawab rama tenang.” mungkin karena bapak menyetir sambil…mabuk” tembak rama, karena dia bisa mencim aroma alcohol dari si supir.

“ tidak mungkin..kau…”

“beberapa meter di depan ada pos polisi, saya bisa saja menjadi saksi atas kejadian ini.lagian bapak sangat beruntung jalanan sedang sepi. Tapi, sekarang sepertinya sudah agak ramai, semakin lama bapak disini, akan semakin menarik perhatian orang, bapak pasti tidak mau kan? Lihat.. semua memperhatikan kita, jadi saran saya lebih baik bapak pergi”

Supir itu terhenyak mendengar ancaman dari rama, dia bisa bahaya kalau sampai polisi tau akan hal ini.hal terbaik yang bisa dilkaukannya adalah secepat mungkin melarikan diri dari sini, sebelum orang bertambah ramai.
“ ba..baiklah, maafkan saya , saya pergi, tapi saya mohon jangan laporkan saya “

“itu lebih baik..bapak bisa pegang janji saya..”

Supir itupun naik kembali ke truknya , diikuti senyum kemenangan rama dan beberapa detik kemduain mobil itu berlalu dari situ.

“ turunkan aku” ternyata gadis yang di gendong rama sudah berhanti menangis, dan rama segera melakukan perintah tersebut, ia baru sadar, sudah cukup lama ia menggendong gadis itu.

“ sorry-sorry.. aku sam sekali ga ada maksud……” Rama mencoba menjelaskan, namun tiba-tiba lidahnya seperti membeku..

“iya, ga pa pa kok, malah ,..aku harusnya terima kasih banget ma kamu, aku utang nyawa ama kamu, aku ga tau gimana ngucapin makasihnya..”

Rama masih terdiam, wajah gadis ini membuatnya tak mampu berkata-kata. Wajahnya mirip sekali dengan shinta. Namun dia berbola mata hitam, tidak biru seperti shinta.
Merasa di perhatikan, gadis itu meraba-raba wajahnya sendiri dan seperti terlupa sesuatu ia segera mengaduk-ngaduk tasnya. Kemudian mengeluarkans esuatu dari dalam kotak. “Nih dia, pantas dari tadi buram terus.” Ketikan si gadis memasang kacamatanya , rama sadar, kalo gadis di depannya sam sekali bukan shinta.

“ eh, sorry, barusan kamu ngomong apa ?”

“ makasih banget, aku tadi bener2 mikir kalo aku bakal kenapa-napa, makasih banget yah ! btw, aku dita ….aphrodita..”

“ oh, ya…sesama manusia emang musti tolong menolong kok..aku rama”
“eh, kamu kok bisa cepat bgt ya nyelametin aku..padahal aku tadi perasaan jalan sendirian deh “ dita terlihat penasaran dengan penyelamatan ajaibnya

“ oh..aku deket kamu kok, mungkin kamu jalannya nunduk kali, atau mungkin gara2 kacamata…”tukas rama sambil menyentuh kacamatanya..

Namun rama baru menyadri suatu keanehan, dari tadi dia sama sekali ga pakai kacamata. Lalu, dari mana dia bisa mendapat pandangan sejelas ini, kacamata minus 5 membuat ia tak bisa berpisah dari benda itu. Dia ingat, makam shinta…itu tempat dimana terakhir kali ia memakai kacamata itu….

Berarti, satu-satu nya hal yang bisa menjelaskan keanehan ini adalah…PETIR YANG MENYAMBARNYA, setelah kejadian itu semuanya menjadi berbeda. Kecepatan yang luar biasa, penglihatan yang kembali normal, ada apa sebenarnya ? pertanyaan itu terus terngiang di kepalanya. Ya, aku harus mencari tau nanti.tapi yang pasti aku harus mengalihkan pembicaran gadis ini dulu.pikir rama cepat.

“btw, mau kemana ? kok tasnya gede banget ?” Tanya rama tiba-tiba

“mau ke..sini ..“ jawab gadis itu sambil menunjuk gedung perpustakan yang tepat berada di belakang mereka “ papa nitip buat ngembaliin beberapa buku” lanjut gadis itu ditutup dengan sebuah senyum

“ wah, sama dunk, aku juga mau kesini, mau ngembaliin buku juga. Mau bareng ?” tawar rama

“ boleh…” jawab si gadis, dan mereka mulai bercengkarama menuju gedung perpustakaan.

**

Sementara itu di tempat lain, seorang pria tengah menekan sebuah nomor di hapenya

“ halo dita, kamu lagi dimana ?” tanyanya cepat saat telpon sudah diangkat

“ dita baru aja nyampe perpustakaan pa, ada pa ?”

“ baik-baik aja kok pa? walau…tadi sempat hampir ga baik-baik”

Si penelpon bingung dengan jawaban anaknya tersebut

“ ada apa dita ?”

“ntar deh pa, ceritanya panjang banget, nyampe rumah dita certain deh,,”

“ ya udah , kamu cepat pulang ya, perasaan papa ga enak nich….”

“ok pa..” dan pembicaraan itu terhenti sampai disana.

“Apa yang sebenarnya terjadi ? “ sambil mendekat ke kaca si pria dia masih terus berpikir tentang arti petir raksasa yang dilihatnya di hari secerah ini. apakah ini pertanda baik, ataukah sebaliknya ?

CINTA BUTUH DORONGAN TAPI MENDORONG LEBIH BUTUH CINTA..

langsung saja, ini cerita tentang sebuah motor bernama bule’

kisah ini dimulai ketika gw dan …

ehm…..kayaknya kita perlu rewind dikit..ada moment yg terlewatkan…

3..2…1..ACTION!!!

kmaren, gw dan beberapa teman menghadiri acara inagurasi angkatan baru fakultas gw..fakultas sastra tercinta..acara ini lebih di kenal sebagai GESIMA

nah, seperti inaugurasi lainnya ( setidaknya di UNAND )acara ini diisi berbagai macam acara kesenian, baik itu nyanyi, nari, teater, musikalisasi puisi dan acara sejenis lainnya..

jujur..walau ga tergolong luar biasa acaranya boleh mendapat acungan 2 jempol.apalagi kalau dibandingkan dengan angkatan sebelumnya yang SAMA SEKALI GAGAL MENGADAKAN ACARA INI.

jujur lagi. dibanding rangkaian acara, perhatian gw lebih terfokus pada satu sosok panitia yang meminjam istilah teman gw: little bit different..

yeah gw setuju : malam ini dia memang berbeda.

sosok itu lagi duduk di pojok, asyik bercengkrama dengan rekan LELAKI sesama panitia..

dan tanpa gw minta, diatas panggung dengan kerennya sebuah band sedang menyanikan lagu masih cinta nya KOTAK dengan versi akustik.

yeah..its sound perfect…

crap!!!

ok, lets ( try ) 2 forget bout her…

ada bagusnya kita fast forward sampai acara selesai..soalnya ga ada momen penting kecuali saat sideni dengan gentlenya berkata : “mon..pulangnya jangan terlalu malam ya..”

sumpah!! gw ama yahya ngakak abiz!!! ga tau kenapa..apakah karena deni mengucapkannya terlalu keras di hadapan orang banyak…. atau gara-gara acara yang dari tadi sama sekali belum bisa mengundang tawa…

deni tengsin abiz…

ketika kami ( gw, ari, yahya, shinta ) memutuskan untuk pulang..hujanpun turun dengan derasnya, tapi karena malam sudah terlalu larut dan bundanya shinta sudah menelpon, kami terpaksa menguatkan hati untuk tetap menempuh hujan..

motor ari udah di starter…nyala…gw boncengan

motor yahya di engkol..ga nyala..shinta mulai khwatatir

di engkol lagi, tetap ga nyala…yahya tetap cool dan bilang ke gw

” bantuin dorong ray”

gw senyum.,dan bantuin dorong, gw pikir..”sekali dorong pasti langsung nyala”..

but ternyata ..motor nya yahya baru nyala setelh gw melakukan setidaknya 7-8 kali dorongan, di lengkapi dengan nafas gw yang ngos-ngosan..

“okeh…kita antar shinta dulu…trus baru bareng ke pasar baru” ucap yahya

“sip” jempol ari ngacung

gw di bonceng ari sambil mencoba menstabilkan nafas..

perjalanan ke rumah shinta tidak bisa digolongkan mudah, rute jalan berlubang, genangan air , dan guyuran hujan menjadi penghalang utama misi ini.tapi sepertinya motor di depan motor ari sangat mudah menaklukan halangan-halangan tersebut.yeah, sepertinya ada kekuatan abstrak yang membantu perjalanan mereka…

ari diam..gw kedinginan..

ari ngomong : ” ray, habis ini nyari makan yuk..”

gw : ” sip, setujuh”

gw masih kedinginan ( padahal ari tadi nawarin mantel, gw nya menolak sok kekerenan)

sampai di rumah shinta, shinta turun ( ya iyalah…kalo gw yang turun itu rumah gw !!”

motor yahya mati lagi..gw inisiatip mo dorong..but shinta nyetop gw and bilang:

“BIAR ADEK YANG DORONG”

dalem ati gw : “bakal tambah lama nih…”

shinta dorong tuh motor and……….GAGAL..

dalam hati gw: “tuh kan..gw bilang juga apa ”

shinta lepas sandal ” ulang lagi, tadi sendal adek licin..”

dalam hati gw lagi ” ngeles nih pasti..”

shinta dorong lagi, dan dengan tangan imutnya, dan cuma dorong box di belakang motor nya yahya….TUH MOTOR GEBLEK NYALA !!!

dalam hati gw: ” bego banget gw…”

habis dadah-dahan kita berangkat,yahya mimpin jalan menuju pulang

” yak, makan dulu..” gw protes

” roger that, dimana ?”

” serah, pokoknya ad mie rebusnya”

yahya tetap tancap , menempuh jalur biasa menuju kostan kita ( walau beda, kostan kita searah!) gw mulai khawatir kita ga jadi makan, cacing-cacing di perut gw udah mulai protes..

okeh..kalau udah segede ini gw ga yakin isinya masih cacing..

pasti udah agak gedean..CACING GEDE..

ga, gedean lagi..

ULAR? yeah..kira2 itu

jadi kalo seandainya bunda gw di tanya :

“anak ibu cacingan ?” bunda gw dengan jujur bakal jawab ” tentu tidak”

tapi..

” anak ibu uleran? ” bunda gw bakal jawab..”…kayaknya iya deh..”

dan yang nanya bakal bales,,” MINUM AJA BAYGON…”

okeh, stop ngegaring, kembali ke perjalanan,

akhirnya kita nemuin tempat makan yang ada mie rebusnya..sesuai permintaan gw..

pas nyampe dalam..

penjual ” mo makan apa?”

gw : ” mie rebus ” ( jawab dengan mantap!!)

ari: “mie rebus” ( ari juga mantap..pasti udah makan doktrin gw selama di perjalanan”

yahya: SOTO…( PENGKHIANAT!!!!)

penjual :jadi mie rebusnya 2 soto nya satu…

gw: iyah…

tiba2..

ari : “ada soto ya ray, ganti soto aja deh”

penjual : jadi satu mie rebus . 2 soto

gw : iyah

beberapa detik kemudian…

TIGA-TIGANYA SOTO …

yah..gw akhirnya ikut berkhianat

PERPEKTO..ujan2 makan soto…tambah teh panas..mantap..perjalanan kedepan bakal menyenangkan…pikir gw..

tapi..lagi-lagi motor yahya ngadat..

yahya : tunggu ..

yahya mengeluarkan segala maacam peralatannya dan mengerahkan seluruh kemampuannya untuk memperbaiki tunggagangannya tersebut..

tapi..akhirnya..

“ray, bantuin dunk..”

gw menyingsingkan lengan baju, dan segera mendorong dgn full power, kan baru diisi..

but.. ga nyala…

gw dorong bebebrapa meter lagi…hasilnya sama…

gw mikir : ” mungkin gw salah tehnik..”

maka , gw mempraktekkan cara mendorong shinta tadi : MENDORONG BOX…cuma bedannya, gw ga pake lembut…

but tetap aja hasilnya SAMA

ga tau lagi deh , gw dah dorong berapa kali dan berapa ratus meter yang udah kita lewati, tuh motor tetap ga mau idup…gw bener2 exhausted,,maklum..gw kan jarang banget olahraga,,apalagi jam 3 pagi kyk gini..semua yang gw makan tadi pengen keluar…lewat mulut..

ari ngomong : yak, ga mungkin di dorong…

yayak manggut2 dan melepas cawatnya ( tau cawat? ), kemudian nyuruh gw boncengan lagi, mengulurkan ujung cawat yang satu ke gw, sementara dia megang yang lain..

yahya: gas ri..

motor ari lanjut..dan motor yahya tetap tak bergerak…

gw turun n nyoba dorong lagi…hasilnya sama…

ari: coba cari tali deh..

kebetulan ada warung yang masih buka, and gw coba tanyain kalo ada tali buat jemuran..kan rada kuat tuch…but ternyata yg ada cuma tali rafia..kalo disini sih namnya TALI TEYEN..buat rasa terima kasih..gw beli sebotol frestea..( sebenarnya gw emang haus!!)

dan gw ngantar tali ke yahya..” cuma ada ini”

yahya mulai mangabek-nagabek, sementara gw natap dengan ragu, gw ga yakin tali itu bisa tahan..

but berbekal ilmu pramukanya yahya berhasil membuat beberapa simpul dan menjadikan tali tersebut sebagai alat derek yang kuat buat motornya…dan singkat cerita…kita sampai dengan selamat di tujuan..

pas gw turun, gw sempat titip absen ama yahya..gw ga yakin bisa bangun pagi, dan ga lupa ngasih salam damai buat motor yahya..

” c u bule’” kata gw ma motornya yahya

gw jadi inget pas shinta manggil tuh motor : bule

gw heran, kok bisa bule, padahal idungnya sama sekali ga mancung , dan catnya nasionalis banget..merah ma putih…gw ma yahya sih sempat ngasih nama tuh motor pizza boy, karena ada box di belakangnya

but shinta jawab :

sebenarnya sih bukan bule tapi bulek..alias ASBUL JELEK..

but what is in a name..

yang pasti gw belajar satu hal malam ini

CINTA BUTUH DORONGAN TAPI MENDORONG LEBIH BUTUH CINTA..

soalnya..shinta sukses dorong motornya yahya..gw ga..apa bedanya ? yach..shinta pake cinta..gw ga

so..APA GW MUSTI BELAJAR MENCINTAI YAHYA BUAT DORONG MOTORNYA ?

TENTU TIDAK….MENDING MINUM BAYGON AJA…

Begoperator

SABULAN PARTIME DI WARNET : judul asli tulisan ini, gw kasih penjelasan soalnya takut banyak yang kesinggung atau malah bingung dengan judul di atas, tapi menurut hemat gw, yang paling banyak adalah YANG GA PEDULI…

OKEH, hari ini perayaan sebulannya gw gawe di warnet ini.selamat buat gw!! karena gw mempelajari banyak hal selama sebulan ini , diantaranya :

1. gw bukan superman, karena gw berada di CRYPTONET sebulan ini, dan gw masih idup, kalo superman pasti dah koit..dindingnya di cat ijo lagi!!

2. gw dah MULAI bisa bedain mana ROUTER, mana MODEM, mana MEJA dan mana KIPAS ANGIN…

3. menyalakan ac dan kulkas secara bersamaan bisa menyebabkan kematian……pada warnet..setidaknya disini!

4.tidur tepat di bawah kipas angin bukan ide yang keren..percayalah!

5. ternyata BBB ( bukan bintang, biasa….) atau melly goeslaw pernah jadi operator juga, soalnya koneksi selalu PUTUS NYAMBUNG PUTUS NYAMBUNG

6.shinta, adeknya bos yang sebaya ma gw, ga suka kalo gw panggil : BOS..he3x..pernah kesal ampe ngeluarin kata2 dalam bahasa inggris yang keren bgt !!! peace nta!!!

7. Masih buat shinta, narok makanan buat di jual di meja server juga bukan ide bagus..khususnya, selama shift gw..

8. OP pagi, si rika, orangnya baiiiiiiiiik banget!kita udah kyk kk adek.kompak bgt dalam hal traktir mentraktir, sekarang rika yang traktir, besoknya gw yang ditraktir! jam tangan cute warna ungu yang nempel di tangan gw sekarang juga punya dia..he3x.. padahal pas gw minjam jam tangan ini, gw baru kenal dia 3 hari..gw jahat bgt ya..pinjem dulu ya dek…..hahahaha

9.si rika ternyata takut ma tikus, takut bgt, hal yang sngat kontradiktif kalau anda tau saban hari si rika selalu menggeser dan memencet tikus…

10. menutup tempat tinta di printer epson stylus c90, juga bukan pekerjaan keren.tepat saat itu juga , printer langsung rusak dan buat memperbaikinya di buthkan dana sebesar 100.000 rupiah

11. meresume buku setebal 350 halaman selama 2 hari baru pekerjaan keren!

12.lagu MASIH CINTA kotak ama ,MELEPASMU drive ternyata keren.thx to rika yg udah naro ini di playlistnya..

13. lewat chatting gw jadi kenal seorang mahasiswa merangkap instruktur komik, yang ngajak gw bikin komik bareng, namanya LEO, dan gambarnya KEREN ABIZZ!!!

14. gw dapat temen2 baru para gamers : bang trumbu, bang leo, bang ade, bang ari, juga bang kucek, bang bobi dan bang romi yg udah gw kenal duluan.semuanya asyik2..palagi kemaren kita di warnet baru habis party , coz bang leo lulus kompre..he3x.sering2 ya bang!!

15. ga kayak game console, game online ternyata ga berpengaruh besar buat gw,buktinya..selama sebulan ini frekuensi gw maen game boleh diitung dengan jari…

16. gw pengen kyk bang bobi ( manager warnet ini, juga yg nawarin gw gawe di sini ): pinter, gaul, businessman, masih jomblo, suka baca( sekarang gi baca breaking dawan stephanie meyer) tau banyak film, selera musiknya keren, linknya banyak bgt, dari intel sampe anak punk sering maen kesini..di RF online udah jadi dewan bangsa cora,adeknya juga manis..sayang udah ada yg punya..he3x..ampunbang..ampun !!

17. gw sering lupa nyalain lampu teras ..

18. menunggu “seseorang” lewat kembali di teras warnet bukan ide keren, itu BODOH

19. jangan pernah coba godain user cewek cakep & cute lewat fasilitas message di server dgn kalimat : “kok sendirian?”, karena jawabannya adalah ” iya nich, gi nungguin co aku, lama bgt.., padahal kita janjian di sini!” atau jangan pernah sok2 nanya no telpon user ce manis yang datang sendirian, di kasih sih iya, cuma pas loe kirim sms standart bego : ” gi ngapain ?” akan di jawab : ” gi makan ama co aku..”.silahkan ambil kesimpulan sendiri !!

20. saat listrik padam di malam hari, ternyata GA SEMUA USER BENCI AKAN HAL ITU, ada yang malah mensukuri dan menikmatinya, sampai gw dengan SENGAJA ngunci pintu warnet..

CEKLEK!!!!

saat itulah dari suatu sudut…akan terdengar teriakan..BANG..MASIH ADA ORANG !!

gw: oooo..masih ada to…

MEREKA pun bayar, dan keluar dengan secepat kilat

21. teman2 di jawa sudah sibuk ber FB ria sementara kami disini masih setia dengan FS, mungkin itulah yang di sebut STRATA…

22. di KASKUS ada penggemar fanatik DEA IMUT..ha3x..orang aneh..

23. walaupun di dinding ada stiker keren besar : DILARANG MEROKOK, jumlah asbak di sini = jumlah kbu, di meja server pun sering terdapat kotak rokok yang kosong, kalaupun bos datang : ” ray, tolong balian abang rokok ray…”

24. TOBAT ngabisin rokok E**mild sebanyak satu bungkus permalam, karena rokok *xomild ini bikin dada, tenggorokan, dan kerongkongan gw berasa aneh besok harinya,…hm..cocok lah dengan harga 3500 / bungkus

25.pengn kayak bang chakra juga ( itu nama asli lo..), jago komputer, tinggi, putih , kurus, benar2 mirip co 2 yang keluar dari serial cantik.bahasa kerennya : bishounen

26.PINDI ternyata kagum akan banyak hal…

27. sumbangan sukarela berarti menyerahkan dengan TERPAKSA uang 5000 RUPIAH, Karena kalo anda ngasih kurang dari itu, yang minta akan ngomong : ” paling kurang 5000 diak..”
padahal jelas2 di kertas tertulis : SUMBANGAN SUKARELA UNTUK TANDING BOLA PEMUDA PAUH..
dan sepertinya pertandingan bola mereka berlangsung 1 kali seminggu.

28.gw ternyata lebih mirip ahli penitipan sandal dibanding tukang jaga warnet, soalnya pas ada sendal user yang hlang, terjadi dialog kyk gini :

user ce : bang, sendalnya hilang, gimana nih ?

gw : ( keluar)tuh ada…sambil nujuk ke kakinya

user ce: maksudnya sendal co saya bang…( sementara co nya mingkeem aja di motor..pasangan yg aneh)

gw: emang sandal merk apa?

user ce: sendal biasa gitu sih bang, saya juga heran, padahal sendal saya yang lebih keren ga hilang..( JAWABAN YG GA PENTING..SUMPAH, DIA JAWAB GITU!!!)

gw: hm.. napa ga di taro di loker ?..( kebetulan kami menyediakan loker untuak kenyamanan anda!)

user ce yang mulai ngeselin :kan ga ada tulisannya bang?

gw yang udah rada panas: TRUS INI APAAN ?? sambil nujuk tulisan di dekat loker..

user ce yang ga tau sopan santun: kan ga keliatan bang..lagian kan tadi abang duduk di sini, NAPA SANDALNYA GA DI JAGAIN?

gw : WTF!! dan kembali ke dalam…ninggalin dia yang masih berkata : “ganti..ganti..ganti…” semantara si cowoknya masih duduk di atas mmotor, gw ragu tuh cowok manusia apa celengan, atau jangan2 dia malu kalo sebenarnya dia sama sekali ga bawa sandal…ENTAHLAH!

akhir kata….

dari semua yang udah gw lewatin sebulan ini, benar kata orang bijak

pengalaman adalah guru yang paling berharga…

walau banyak paitnya, paling ga gw yakin kalo GW BAKAL DAPAT NOMINASI OPE TERBEGO SEKOTA PADANG..

30 minutes standing ovation buat gw…

MAKASIH..

A charming angel vs red hair little devil

Semuanya berawal ketika gw pulang kampung ke sebuah kota kecil bercurah hujan tinggi tapi punya sebuah bioskop yang selalu memutar film2 yang mengalahkan dingginnya hawa akibat turunnya hujan tadi. Dalam benak gw, ketika gw pulang, gw akan bisa sedikit nyantai di rumah, setelah seminggu melewati kepadatan rutinitas kuliah, 2 buah diskusi yang udah gw anggap gagal, satu di sabotase, yang satunya dikritik abis-an karena sentimen pribadi.baiklah, bukan itu yang kita bahas, pokoknya, misi gw pulang adalah untuk meraih kesenangan duniawi !!!
Ternyata ….semua kebahagiaan yang ada di otak gw berubah jadi bencana dengan kedatangan mahluk kecil ini !!
Namanya POPON.Mungkin kalian ga bakaln percaya kalo mahluk yang ( sok ) imut yang bakal gw certain ini ini baru berumur 1 tahun 18 bulan.. sebuah umur yang ( setidaknya bagi gw ) cukup mengejutkan untuk melakukan berbagai macam tindakan tidak manusiawi yang akan gw ceritain di bawah. Mahluk ini berbeda dengan mahluk sebayanya, setidaknya dari rambutnya: rambutnya dikelir dengan warna merah!! Yang menjadikannya pusat perhatian dimanapun dia berada! Mahluk ini bukan adek gw !! tetapi dia adalah kemenakan dari calon suami sepupu gw !! ( bingung ??? cobalah baca dengan pelan dan berhati-hati ).jadi dia adalah kerabat jauh gw yang gw sendiri baru tau keberadannya ketika tadi pagi kemaren dibangunkan oleh
SEBUAH TANGISAN YANG MEMECAH KESUNYIAN !!!
Jujur, gw ga begitu suka anak-anak, palagi balita. ,biasanya, kalau ada tamu balita di rumah. Gw bakal ngurung diri di kamar ataupun sok sibuk ini itu. tapi entah kenapa pagi itu gw tertarik untuk berkenalan dengan mahluk aneh ini .setelah basa basi ama calon suami sepupu gw, gw pun ngajak main popon, dan entah kenapa, nih anak akrab ma gw..malah langsung manggil gw dengan sebutan OM… suatu hal yang terdengar aneh, ketika dia manggil adek gw dengan sebutan..ABANG! Okelah, tampang ga bisa menipu dan ank kecil itu jujur.bisa dimaafkan !! nih anak asyik bgt, gw mulai berpikir begitu, karena selain memakai bahasa indonesia, dia bisa ngerti ama apa yg gw bilang. Vocab yang gw nilai keren buat anak seusianya.walau di ucapkan dengan patah-patah, namun masih bisa di mengerti..misalnya : OM RAY GANTENG..akan diucapkan dengan OM LAI NTENG..namun dia tidak pernah berkata begitu, itu Cuma sekedar contoh !!
Singkat cerita, ketika mentari mulai menampakkan sinarnya. Gw pun bawa dia jalan-jalan keliling kompleks. Misi awal adalah : MENCARI BALON. Ketika mo berangkat.sepupu gw ingetin : HATI-HATI DIA ITU BERBAHAYA !!! atau kalimat semacam itu …gw Cuma balas senyum, karena gw mikir..anak baek gini pasti takluk lah ama gw…Jadi kita muterin setiap warung di kompleks buat nyari mahluk bernama balon, namun apalah saya, tidak satupun menyediakan barang yg gw cari, yang ada malah DISETIAP warung yg gw singgahi gw harus nukerin uang gw dengan beberapa permen dan coklat
Kita pun melanjutkan perjalanan keluar kompleks, kea rah GELANGGANG OLAH RAGA, dengan harapan ada warung yg nyediain balon buat ‘keponakan ’ gw ini. Namun yg gw dapat Cuma pandangan warga sekitar yang gw terjemahkan dengan : MAHASISWA BERWAJAH OM OM INI SUDAH MERACUNI KEPONAKANNYA DENGAN WARNA RAMBUT YANG TIDAK PANTAS BUAT ANAK SEPOLOS ITU..

Okelah..lanjut. im cool….

Di gelanggang olahraga CHATIB SULAIMAN, atau yang lebih dikenal dengan BANCAH LAWEH, kebetulan ada beberapa kuda pacu yang lagi test drive. Gw ga tau, apa emaknya ngidem kuda pas ngandung dia, atau emang bercita2 jadi joki, nih anak teriak2 kegirangan pas kuda2 tu lewat di depan kita…
Waktupun berjalan, dan ketika gw piker nih anak dah cape jadi cheerleader test drive pacuan kuda. Gw pun bilang :
“ pon cape? pulang yu ?”
Anak imut ini jawab :
“ OM LANG JA LU, NTAL BALIK GI NI MPUT PON, PON MO NTON DA LU” ( ngerti kan ? bayangkan betapa mudahnya bahasa anak 2.5 tahun !!!)
“Ya udah, om disini dulu, nemenin pon” gw pasrah.dia tau,seperti kucing gw yang tegaan bgt ma gw… kalo gw ga setega itu.
Di lapangan basket ada beberapa ank ABG yang sedang bermain basket.mungkin karena dah lama banget ga main, gw jadi pengen main…dan kata-kata mahluk ini menjawab kegelisahan gw
OM, DUK TANA YUK !! perintah beliau sambil menunjuak bangku2 didekat lapangan basket.
“ as ur wish master..” gw langsung ngeboyong dia ke lapangan basket. Pas gw nyampe sana, kebettulan bgt tuh anak pada mo udahan, dan duduk dengan santai di pinggir lapangan. Gw pun minjam bola dan mulai shooting…
pas bola masuk ke ring , ternyata naluri cheerleader si popon kembali muncul..
“GI OM,,GI” yang gw tangkap sebagai “ LAGI OM..LAGI “.
“ bole juga ni anak “ pikir gw .
Dan gw pun makin semangat ngeshoot, dan setiap kali gw berhasil mesukin bola, dia bakal tepuk tangan dan bilang GI..GI…,beberapa saat kemudian, entah kenapa naluri pelatih gw bekerja dan mikir,”ni anak pasti suka basket, palagi rambutnya udah merah kayak sakuragi di manga slamdunk” dan… gw ngoper bola ma dia..sehingga kami berdua pun terlihat seperti GENDRUWO yang sedang main basket ama TUYUL BERKEPALA MERAH !!Ternyata gw benar..betapa semangatnya dia untuk ngejar bola dan menembak walau ga pernah nyampe ke ring..( ya iyalah !! 2 setengah tahun ini !!!), namun, beberapa saat dia berhenti
“pon pek om..”
“ ya udah, duduk di pinggir aja”

Gw pun mulai shooting2 lagi sendirian, di iringi tatapan Kagum para ABG disana ( sebuah contoh kalimat yang logis)
Namun tiba-tiba gw menyaksikan kejadian yang gw kalah keren dengan permainan basket gw..
SI POPON LARI KE SEORANG ANAK ABEGE COWO YANG NOTABENE PEMILIK BOLA DAN MULAI MELUDAH….
Si ABG keliatan kesel, Cuma pas gw datengin and bilang “ sorry” dia Cuma senyum-senyum maklum aja.sementara teman-temannya ketawa
“ POPON..MINTA MAAF AMA ABANG INI “ gw mulai kesel.mahluk kecil yang gw ajak bicara malah lari-lari di lapangan…” POPON..SINI!” mungkin karena takut ngeliat om nya yg tadi bae tiba2 berubah garang, dia mulai mendekat, tetapi sesaat kemudian…sebuah benda berwarna hijau pun hinggap d kepala gw. TUYUL ITU NYAMBIT GW PAKE SANDAL JEPIT !!! para abege terlihat puas dan melanjutkan ketawanya..gw pun tanpa pikir panjang ngambil lagi tu sandal dan mencoba membalas apa yang udah dia perbuat ke gw. MELEBAR SAUDARA-SAUDARA …
Dan dia pun mulai ngejek gw..”GAK NA..GAK NA..”
SIAL !! gw pun milih cuek, dan mulai melanjutkan shooting2 sendirian.mungkin karena dicuekin mahluk itupun ngedatengin gw, dan bilang
“NJAM OM..” dia minta bola ma gw..
“ GA, SEBELUM KAMU PAKE LAGI TUH SANDAL DAN MINTA MAAF, KAMU GA BAKAL BOLEH MAIN BOLA “

Herannya dia langsung nurut, dan jadi anak baik2 lagi….mision completed!

sampai di rumah pun masih begitu, dia tunduk ama gw sampai…ketika gw gi santai baca komik FAIRY TAIL yang gw udah ketertinggalan beberapa nomor.yang bercerita tentang perkumpulan para penyihir di sebuah guild yg bernama fairy tail.
“ om, njam om”
“ sini..deket om” kita pun mulai membalik-balik halaman komik, dia masih tetap anak baik yang suka nanya sampai tiba-tiba dia nyeletuk
“ NI MIMIK CAPA OM ?” sampai nunjuk pada salah satu gambar di komk
MATI GW!! Gw lupa kalo nih komik memang menawarkan beberapa penyegar mata buat kaum adam…tapi yg gw heran..kok dia tau ya?
Gw jawab ..
“ MIMIK ANTU” dan gw langsung ganti dengan buku lain yg ada deket gw..
“Nih sekarang kita baca yang ini” gw mulai nyari halaman yang bisa menarik perhatiannnya. Tapi tiba-tiba dia langsung nanya “ MIK NTU DI NA OM ?”

Begitulah, seharian kemaren gw kebingungan dengan anak 2. 5 tahun yang gw akuin akan jadi orang pintar di kemudian hari, Cuma gw ga yakin dia bakal jadi orang baik, karena dengan santainya dia minta rokok sepupu gw, ketika gw dan sepupu gw asyik ngerokok di rumah.dilanjutkan ikut menghirup kopi hitam bikinan gw dengan santainya!! SADARKAH KAU NAK, CAFFEIN DAN NIKOTIN ITU RACUN ??? dan itu belum ada apa-apanya ketika dia maksa gw buat buka COKLAT YANG ADA DI ATAS BIBIR GW , yang notabene adalah pamanih permanent dan ga bisa di ganggu gugat!
Habis ashar gw gi nulis-nulis di buku..sampai tiba2 dia datang, dan pengen ngerebut buku tulis gw !! gw segera menghindar dan buku selamat !!
“ GA KENA..” gw mulai menabuh gendrang perang..
Karena panas, dia melanjutkan mengincar bolpoin yg masih terletak di atas meja. Tapi gw lebih cepat !
“ GA KENA..” ujar gw buat yang kedua kalinya…dan sepertinya gw sudah melakukan tindakan yg keliru ketika gw sadar
ADA AIR YANG NEMPEL DI WAJAH GW !!
SETAN KECIL BERAMBUT MERAH ITU BARU SAJA NGELUDAHIN GW !
“ KENA….” Ujarnya sambil tertawa penuh kemenangan dan langsng melarikan diri ….dan gw ngerasa..ini ga akan berakhir sampai di sini…

nb :bagi yang penasaran, gw punya fotonya, cuma warnet ini ga ada kabel datanya

bayarlah dengan uang pas-pasan..

disclaimer : Tulisan berikut ini, akan lebih bermanfaat bagi para mahasiswa, pelajar maupun orang tua yang ditakdirkan untuk kemana-mana dengan bantuan angkot dan bus kota mengganti ritual olahraga tetap mereka yaitu : berjalan kaki, namun tidak tertutup kemungkinan akan memberi kontribusi yang tidak sedikit kepada pemilik kendaraan roda dua , baik milik pribadi, golongan maupun milik orang lain,karena ada kalanya para pemilik kendaraan pribadi pun harus merasakan berangkot dan berbus kota ria.apalagi ketika hujan sedang rajin menemani kita ditiap sore bulan2 berakhiran –ember- ini..

Mari kita mulai !! angkot dan bus kota bukanlah milik nenek moyang kita, tapi juga bukan milik nenek moyang orang lain !! sehingga hampir setiap yang menaiki 2 benda transportasi tersebut akan di mintai bayaran yang biasa di sebut ONGKOS

Nah, kadangkala tarif angkutan kota yang lebih kita kenal dengan ongkos ini dirasakan agak kurang berkompromi dengan kantong kita , apalagi jika kita naik angkot di tanggal 27 – 30 tiap bulannya, para pembaca yang telah tersesat sebagai mahasiswa saya yakin mengerti akan hal itu!
nah, lewat tulisan inilah kita mencoba menyiasati bagaimana kita memperoleh ongkos angkot dan bus kota yang sesuai dengan isi kantong kita, saat kita lagi tidak punya uang namun harus sampai di rumah , tentunya tanpa merugikan hajat hidup orang banyak, apalagi memakan korban jiwa !

1. ketika menaiki angkot, duduklah di samping supir yang sedang bekerja mengendali angkot supaya baik jalannya, lalu sepanjang perjalanan ajaklah si supir untuk bercakap-cakap tentang fenomena sosial di sekitar anda, misalnya tentang kenaikan harga BBM, sepinya penumpang , atau pembicaraan yang sedang hangat yaitu tentang kisah mistis pasca gempa padang…jangan anda merasa begitu pintar dengan menggunakan istilah yang SULIT DIMENGERTI semacam hegemony, pragmatic apalagi dosen semantic , karena tidak semua orang mengerti akan hal itu, sehingga bisa menyebabkan jarak anda dan supir menjadi semakin jauh. kalo anda berhasil, maka ketika anda turun, anda cukup membayar 50 % dari ongkos normal dan si supir tidak akan protes karena anda sudah menjadi lawan bicara yang baik sepanjang perjalanan, !

2. di angkot, duduklah di dekat pintu keluar angkot yang biasanya juga berfungsi sebagai pintu masuk, nah, sepanjang perjalanan , cobalah untuk menjadi asisten sang supir, secamam “ kateh diak ?” “luruih ?” “balimbiang ?” “ pisang “ “ cimangko?” “ talua asin ?”atau tetap diam sambil menggerakkan telunjuk anda ke arah bersangkutan.dan ketika para penumpang naik,jangan lupa untuk bilang “ lanjuuut !!” nah, kalau anda berhasil melakukan hal ini, maka jangankan 50 % diskon, anda busa saja mendapat tumpangan gratis, dengan bilang “ kasih da…” atau “ makasih mak..” dan percayalah..si supir ikhlas akan hal itu..

3. masih memanfaatkan kedekatan posisi duduk dengan sopir seperti point 1, tapi ini lebih disarankan untuk para perokok! Ketika merokok, jangan lupa untuk menaruh rokok anda di dekat supir dan mengajak beliau untuk merokok bersama, hal ini akan membuat anda lebih dekat dengan sang sopir, karena lewat ini beliau merasa lebih dihargai dan di hormati, dan effectnya ketika anda mau membayar, beliau akan menolaknya !!! karena mungkin beliau sudah menganggap anda menjadi bagian dari keluarganya.. walau ini tidak selalu berhasil tetapi layak untuk di coba !!!

4. tips no 4 Cuma berlaku buat yang turun sebelum pemberhentian terakhir.kalau anda mau menjalankan tips nomor 4, ketika menunggu angkot, jangan pernah terlihat sendirian, usahakanlah anda menunggu di dekat orang2 yang sudah bergerombol, ketika orang itu naik, anda ikut naik, nah ketika anda turun langsung saja bilang ke supir “ LAKANG BAYIA DA ! ” dan langsung melarikan diri !! tidak akan ada keraguan pada diri sopir karena anda tadi naik bergerombol,dia Cuma akn menebak-nebak yang mana teman anda, sementara penumpang bakal berpikir, oo ini temannya si A yang baju kuning, sedangkan si A berbaju kuning akan mikir, itu temannya si B berbaju biru..sementara itu, anda sudah selamat sampai di tujuan..

5. bagi yang turun di tempat pemberhtian akhir akan lebih mudah, karena biasanya relative rame, saat orang berdesak-desakan untuk membayar ongkos, SELAMATKAN DIRI ANDA !!! namun saya sama sekali tak menganjurkan yang satu ini ….

6. yang berikut ini musti di praktekkan dengan seorang partner atau lebih..ketika anda turun, mulailah untuk bermain drama dengan kalimat awal : “gw aja yang bayar” dan teman anda akan mengikuti dengan “biar gw aja deh” begitu juga teman2 yang lain, tapi, jangan sampai ada yang benar-benar membayar! Berusahalah mengulur-ulur waktu sampai sopir akan meninggalkan anda dengan kesal,,atau lebih hebatnya lagi penumpang lain akan berteriak “ JALAN PAK SOPIR !!! GW YANG BAYARIN MEREKA SEMUA !!” dan misi anda berhasil ..

7. ketika anda menaiki bus kota carilah bus kota yang sudah penuk sesak, dan usahakan untuk berdiri di area yang berada diluar jangkauan kenek, biasanya ketika penuh sesak , sang kenek tidak akan mendatangi anda satu persatu, tapi hanya mengulurkan tangan, menggapi-gapai, sambil bersiul2 yang berbunyi “ongkos..ongkos” bagi yang di colek silahkan membayar, itu berarti masih dalam area jangkauan, sedangkan bagi anda yang berada di luar area jangkauan, anda akan aman !!

8. khusus cowo, pakailah baju hitam dengan motif tribal ataupun foto band-band terkenal semacam st12 dan kangen band dengan ukuran ngepass di badan anda,lengkapi dengan kalung, beberapa gelang tangan, kalau busa tindiklah di beberapa bagian muka, sebatang sampurna di kuping akan menambah kesempurnaan gaya anda, !! dan ketika kenek menadahkan tangan ke hadapan anda, YANG PERLU ANDA LAKUKAN CUMA MENGANGGUK,,percayalah, kebanyakan stokar akan langsung mengerti.

9. usahakan anda selalu menyediakan uang pecahan raksasa di dompet anda ( 50.000 / 100.00) dan gunakan itu untuk membayar ongkos! Ini berlaku untuk bus dan angkotan kota. Biasanya supir dan keneknya akan mengembalikan uang anda dan membiarkan anda duduk gratis disana.*akan lebih efektif jika diamalkan di pagi hari*

10. usahakan untuk tidak makan dalam beberapa jam sehingga anda terlihat pucat , berlari2 kecil lah sampai anda berkeringat sehingga debu dan kotoran mudah nempel di muka anda yang berminyak.tunggulah sampai matahari terbenam,selama perjalanan usahakan untuk diam, dan turunlah di hotel ambacang atau gamma tarandam tanpa pernah menoleh kepada si supir !! biasanya supir akan membiarkan anda pergi begitu saja,ini Cuma berlaku untuk angkot yang melewati 2 tempat tersebut….

SEDIKIT CATATAN :

1. tips diatascuma berlaku untuk daerah PADANG dan sekitarnya, natal + 1 menit, padang sidempuan + 2 menit, sedangkan untuk daerah di luar itu,walau relative sama, akan mempunyai beberapa perbedaan yang cukup signifikan, silahkan jika anda mau mengamalkan,Cuma……… be creative !!!
2. kebanyakan akan lebih pas kalau di praktekkan cowo, Cuma beberapa yang pas untuk diamalkan oleh kaum wanita..
3. beberapa percakapan pada tips menggunakan bahasa minang totok untuk mendapatkan sense yang lebih pas! jadi jika kesulitan silahkan bertanya pada para ahli bahasa yang akan segera menjadi bahasa internasional ini atau silahkan beli KBBM ( kamus besar bahasa minang ) di toko buku terdekat, atau silahkan mengunduh kamus minang freeware di beberapa situs resmi yang bisa anda tanyakan pada mbah google si kakek segala tau !
4. jangan mengulang tips yg sama dalam 1 hari, ataupun dengan angkot/bus yang sama, karena itu akan menimbulkan bahay kepada diri anda!! Gunakan tips yang bervariasi, angkot yang bervariasi dan rentang hari yang cukup signifikan, percayalah .INI LEBIH AMAN BUAT ANDA..
5. Keberanian, kecepatan dan ketelitian dalam bertindak, sangat memegang peranan penting dalam mengamalkan tips ini ini
6. sekali lagi, Lakukanlah tips diatas cuma saat anda sedang terdesak oleh dana ataupun saat nyawa anda, keluarga ataupun orang yang anda cintai dalam bahaya! ..diluar itu, BERLAKULAH DALAM KORIDOR YANG TELAH DIGARISKAN. nan diukua nan di garih, Nan bagarih nan bapaek…
7. Bayarlah ongkos dengan uang pas
8. Anda sopan, kami pun segan