Buku Purba Di Jantung Pustaka Yang Sepi

 GIGANTO!!

Mungkin kebahagiaan saya menemukan bukuini cuma bisa dikalahkan oleh luapan kegembiraan Dr. Tran ketika berhasil menemukan bukti keberadaan GIGANTO, makhluk yang sudah dicarinya sepanjang hidupnya. Bedanya, Giganto yang saya cari cuma dalam bentuk buku, dan itupun baru beberapa tahun belakangan. Kalau Dr Tran sudah mencari GIGANTO di banyak situs di berbagai belahan dunia, saya cuma mencari buku ini di beberapa toko buku dan lapak buku bekas..

Akhirnya, ketika ternyata Dr.Tran menemukan sosok primata  raksasa ini di hutan Kalimantan yang tidak jauh dari negeri asalnya, maka saya pun menemuan buku ini di ‘hutan’ yang cukup akrab dengan saya : sebuah perpustakaan di kota Padang Panjang yang pernah jadi tempat part-time saya, yang sekarang ini keadaannya sudah hampir mirip dengan hutan larangan di novel GIGANTO  : sepi dan jauh dari jamahan tangan manusia.

**

giganto.jpg

GIGANTO, bercerita tentang petualangan sebuah tim menelusuri rimba Kalimantan dengan berbagai tujuan : Dr.Chaudry, yang ingin menemukan kembali seorang koleganya yang hilang, kemudian ada Erwin Danu, seorang peneliti orang hutan, Ruja, Kadi dan beberapa anggota suku sakayan yang mencari Ruhai, putra mereka yang hilang, kemudian juga ada Martin yang misterius, serta Dr.Than dari Vietnam yang terobsesi pada satu mahluk yang menghubungkan mereka semua : GIGANTO, atua gigantopithecus blacki, primata purba raksasa, yang berwujud seperti orang hutan tapi punya bulu lebih panjang, ukuran tubuh lebih besar, dan tinggi mencapai  3 meteran.

Bagi penyuka misteri  yang ingin wujud dan keberadaan giganto atau batutut– seperti kepercayaan suku sekayan ini dibuka pelan-pelan, mungkin bersiap untuk sedikit kecewa karena dalam waktu yang tidak terlalu lama, kita sudah bisa ‘melihat’ primata purba ini secara keseluruhan. Namun jangan khawatir, di sisa buku, ( yang mana masih sangat tebal ) kita akan diajak melebur ke petualangan tim pencari  mahluk ini. Si pengarang masih mampu   ‘memaksa’ kita survive sampai akhir untuk membuktikan teori-teori yang muncul di kepala kita selama petualangan berlangsung, walaupun si Giganto sendiri, yang menjadi judul sudah muncul dan kadar kelangkaannya berkurang semenjak beberapa bab awal.

Hebatnya lagi, walaupun novel fiksi ilmiah ini membawa kita kedalam petualangan yang cukup menegangkan, banyak terdapat kata dan kalimat indah yang memanjakan mata kita,

Malam seperti sayap burung raksasa yang menutupi langit (103)

Dengan keraguan yang kian pudar, bocah itu terlelap, tubuhnya terlalu lemah, kejutan lain bisa menunggu giliran besok pagi (hal 119)

Selain itu  novel setebal 437 halaman ini, juga menyediakan beberapa penjelasan imiah terkait fosil dan dunia primata, dilengkapi dengan glossary dibelakangnya. Buat penggemar cryptid, buku ini mungkin akan menjadi menu wajib untuk dilahap. Walau,tidak seperti di karya Koen Setiawan yang lain : Kemamang, tidak ada makhluk luar angkasa yang dilibatkan dalam pembuatan cerita ini.

**

Seperti hutan Kalimantan di GIGANTO yang ternyata masih menyimpan primata  purba, Buat saya sebuah pustaka, juga masih menyimpan banyak hal  hal yang misterius, yang tentunya juga tidak kalah menarik dengan GIGANTO.  Banyak kejutan lainnya yang akan kita temukan,misalnya persahabatan yang tumbuh  dari  mereka yang memiliki kegemaran buku sama, diskusi-diskusi ringan, atau mungkin pustaka akan menjadi awal dari sebuah kisah indah bertemunya pangeran atau putri impian masing-masing. Percayalah, pacaran di pustaka itu menyenangkan. Terakhir,seperti yang sama -sama kita tahu:  sejatinya, setiap buku adalah buku baru kalau kita belum pernah membacanya. Sepurba apapun, segiganto apapun buku tersebut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s