Wonbin Ke Bonbin

Percayalah

kalau ada yang dipandang lebih menyedihkan dibanding nonton bioskop sendirian

maka itu adalah

ke kebun binatang sendirian

setidaknya buat generasi yang kemana-mana harus berpasangan dan bergerombol seperti sekarang ini.

tapi sebenarnya alasan saya sendirian juga ga jauh beda, karena makhluk- makhluk yang diajak kesini ga pernah ada yang mau. Tentunya dengan berbagai alasan dan cara penolakan.

Maka, singkat cerita, beberapa hari kemaren, setelah merencanakan sekian tahun  lama, akhirnya saya ke kebun binatang taman sari, Bandung. Sendirian.

**

Sebenarnya tidak ada hal yang urgent untuk berkunjung ke sini, tidak lebih karena saya ada waktu, koreksi artikel belum datang, dan sekali lagi, saya sudah sangat lama ingin ke tempat yang berjarak cukup dekat dari goa kediaman saya ini.

Awalnya, sebagai orang Padang, saya cukup kaget dengan  tiket masuk seharga 22 K yang buat saya pribadi, tergolong masih mahal, karena, jangan salah paham bapak penjaga loket yang meminta saya membayar dengan uang pas.  walaupun saya berminat datang kesini, bukan berarti saya membayangkan akan membayar angka sejumlah itu, namun dibanding dengan tiket Trans Studio , jelas ini sepuluh kali lebih murah. YUDONSE

DSC_0053.JPG

Maka dimulailah petualangan saya sendirian di kebun binatang ini. muter muter ga karuan, foto foto sana sini, dan makan pop mie. ( bukan iklan pesanan ).

DSC_0077

Buat saya, yang baru punya pengalaman di 2 kebun binatang selain ini : kebun  binatang di Bukittinggi, yang dari saya kecil sampai beberapa bulan yang lalu masih tidak banyak berubah,  dan kebun binatang di Medan dimana saya tidak ingat lagi bagaimana keadaannya, maka kebun binatang Bandung ini adalah kebun binatang terbaik yang pernah saya kunjungi. Terutama soal penataan shelter, saya tidak tau bagaimana mengatakannya secara detail, tapi buat kawan-kawan yang main zoo tycoon dan berbagai variannya, kira-kira ini jenis kebun binatang yang  bisa anda contek ketika main game yang bisa bikin kebun binatang sampai di planet mars tersebut, atau sebaliknya, kebun binatang ini cukup berhasil meniru konsep kebun binatang yang ada di zoo tycoon. Ada semacam foodcourt ditengah-tengah lokasi, ada taman bermain anak, ada spot perahu perahuan, dan fasilitas fasilitasnya cuup bersih….untuk ukuran saya.

Dan sekali lagi, saya baru  punya referensi dua kebun binatang, jadi, harap maklum.

Binatang yang ada cukup bervariasi,namun beberapa aktivitas mereka masih  sama seperti di kebun binatang yang saya kunjungi, terutama para buaya yang tidur, karena di kebun binatang di Bukittingi pun, saya melihat hal yang sama. ada apa ini? konspirasi pemilik kebun binatang kah? atau ini strategi dari para buaya ?

 DSC_0225.JPG

Tapi, dibanding buaya yang tidur, saya lebih protes  akan kuda Nil yang sangat jarang muncul ke permukaan.  Padahal teman saya si Agi, lagi ngidam foto kuda nil mangap, dan saya sudah menunggu lebih dari setengah jam untuk mendapatkan momen tersebut. Tapi mau dikata , cuma ini foto terbaik yang bisa saya berikan.

 DSC_0234.JPG

Meminjam pribahasa yang berhubungan dengan binatang, tak ada gading yang tak retak, maka kebun binatang ini pun masih terdapat kekurangannya, diantaranya beberapa binatang yang terlihat kurang sehat, dan beberapa shelter yang masih kosong dan tidak berpenghuni, atau berpenghuni, tapi seperti tidak berpenghuni. seperti hati. 

 Dan tanpa terasa menunggu kuda nil sudah menghantarkan saya menuju tutupnya kebun binatang ini, dan tanpa terasa pula saya sudah menghabiskan lebih dari  3 jam didalam kebun binatang ini.  Yang mana merupakan sebuah bukti, bahwa kebun binatang ini cukup nyaman dan bisa menjadi pilihan untuk berwisata atau sekedar bermeditasi seperti yang saya lakukan, Terutama untuk anda yang sudah bekeluarga, seperti para pengunjung kebun binatang lainnya.

Akhir kata, Buat saya, ke kebun binatang Bandung adalah suatu prestasi, karena tidak banyak teman teman saya yang pernah ke Bandung, tinggal di Bandung, atau kuliah di Bandung, pernah mengunjungi kebun binatang ini dengan berbagai macam alasan. Jadi, mungkin pihak pengelola bisa mengakali bagaimana cara promosi kebon binatang ini, misalnya dengan memberikan lure Pokemon GO non-stop dari awal buka sampai tutup, mendatangkan Zaskia Gotik atau Duo Srigala, atau simply, dengan menurunkan harga tiket. Sekian.

DSC_0162.JPG

Leave a Reply

