Gelombang, sebuah pengantar

Akar, saya selesaikan sebagai teman perjalanan panjang di sebuah bis, Petir saya selesaikan cuma beberapa jam di sebuah taman bacaan, sementara partikel, saya selesaikan kurang dari satu malam di kontrakan seorang teman.

walau di tempat berbeda, ketiganya punya rasa yang sama, rasa  yang tidak tau namanya apa ketika menyelesaikannya.

namun tidak dengan gelombang….

**

Gelombang, datang disaat saya tidak punya dana berlebih untuk hedon membeli buku.  Pun juga dengan berbegai cara yang lain saya gagal mendapatkannya. Pertama, saya gagal membujuk si teteh untuk menjadikan buku ini oleh-oleh ketika dia kembali ke bandung.  Kemudian Ayu yang katanya bakal bawa pas main ke bandung,juga lupa, dan bukunya masih sama si ade temennya. Saya juga harus ngantri ketika bermaksud meminjamnya di taman bacaan. Terakhir ketika di sebuah taman bacaan merangkap café  bersama teman-teman, saya menemukan buku ini, namun saya musti buru-buru dan berlalu dari sana…

Akhirnya, sebuah email dari Bu Shasya, mantan boss merangkap editor garis miring teman curhat, datang :

Ray, kamu udah baca gelombang, kalau belum sini alamat lengkapnya, nanti saya kirim..

**

-dari google-
-dari google-

Gelombang., menceritakan tentang Ichon, nama kecil dari Thomas Al(F)a Edison,sang tokoh utama  atau yang kemudian kita kenal dengan Alfa, yang ektika sebuah upacara di kampungnya, membawanya berkenalan dengan mahluk bernama Jaga Portibi, sebuah manifestasi malikat dari mitologi dayak tua, yang kemudian membawanya emnjadi rebutan dari dua datuk  ( dukun) dikampungnya….

Waktu berlalu, kemudian tokoh kita pindah ke Jakarta,hanya singgah, karena kemudian Alfa harus segera betolak   ke Negara yang menjadi setting utama cerita ini : Amerika

Disinilah, Alfa memperlihatkan kejeniusannya yang mungkin mirip dengan cerita laskar pelangi yang padahal belum saya baca sampai sekarang .  Anak rantau biasa di negeri orang, jenius, masuk universitas ternama dengan beasiswa full, dan kemudian bekerja sebagai pialang di wall street. Ada lagi? yup, dia jago main gitar dan cakep.

Okay, masalahnya bukan cuma sentiment pribadi saya terhadap cerita macam ini saja, tapi lebih karena tokoh kita kali ini tidak dii ceritakan sepadat  yang di  alami  akar bodi, Elektra petir dan zarah partikel, di sebelumnya kita bisa lebih  menyelami , memahami, dan merasa ikut larut daklam kisah tokohnya, tapi disini, entah kenapa saya seakan berada di luar, dan cuma disodori kejeniusan dan kemampuan Alfa, sekaligus kejeniusan riset  seorang Dee.

Di buku ini juga, banyak hal yang tidak ( atau  belum ) terlalu signifikan keberadaannya, keberadaan jaga portibi, fungsi dari mimpi, dan tokoh tokoh yang kalau tidak adapun tidak apa-apa, berbeda dengan Bong di akar atau Mpret di petir.

Namun dari semeuanya saya curiga, Ibu suri  sengaja  tidak membuka keseluruhan tentang Alfa di buku ini, karena kalau kita membandingkanya dnegan seri sebelumnya buku ini lebih banyak membuka soal supernova yang di tiga seri sebelumnya cuma muncul di awal dan di akhir buku. Di buku ini dibukakan jelas kalau masih ada dua batu lainnya, dibuku ini juga dibukakan kalau bintang jatuh bukan bagian dari klan mereka. Di gelombang   juga  dihadirkan kembali ishtar,tokoh penting yang pernah hadir di akar, tokoh yang menjadi acuan nama untuk nama seorang senior saya yang fanatic dee,  yang sepertinya menjadi bagian penting dari mereka yang  mengalami Amnesia ini. jadi, mungkin buku ini seperti sebuah pengantar untuk menutup kisah besar ini, yang artinya mungkin semua ketidak jelasan, kekosongan dibuku ini adalah untuk disimpan di seri berikutnya, Intelegensia Embun Pagi

mudah-mudahan

karena kalau tidak, bagi saya pribadi gelombang akan menjadi rangkaian terlemah dari serial supernova, sebuah buku dimana ketika menyelesaikannya, saya tidak merasakan sebuah orgasme otak tak bernama  yang sama ketika saya menyelesaikan serial supernova lainnya..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s