WORDS FOR INTERWORLD

Saya tidak pernah berharap banyak di diskon toko buku.

Karena biasanya yang akan saya temukan adalah buku buku sejenis self-help atau how to dari yang lumayan membantu kalau memang demikian adanya, misal bagaimana menjadi milyarder dalam satu bulan  sampai buku yang menjelaskan bagaimana mengganti foto di facebook..

Genius

tapi kemaren, ketika saya berkunjung ke Gramedia, saya menemukan novel ini :  INTERWORLD

InterWorld_Cover

…Dan dengan total 20.000 rupiah saja, saya sudah membawa pulang novel ini beserta 2 komik kompilasi karya anak negeri. Sebenarnya masih ada beberapa novel lain yang cukup menarik hati, tapi apa daya, dana tidak mencukupi.

INTERWORLD  adalah novel yang berpusat pada seorang remaja lelaki Joey Harker yang hobi tersesat, bahkan di rumahnya sendiri. Ternyata belakangan, kita akan tahu kalau Joey punya takdir yang Lebih besar. Joey adalah seorang  pelintas, sebutan untuk orang-orang yang mampu beprindah antara bumi bumi dan dunia lainnya yang disebut multiverse,..

Tidak cuma itu, ternyata Joey merupakan pelintas istimewa yang menyebabkan dirinya menjadi rebutan dua kekuatan besar di multiverse :  HEX yang memamakai sihir dan BINARY yang berkutat pada teknologi dan science. Long story short, Joey akhirnya bergabung dengan kelompok militant yang bertujuan menjaga keseimbangan science dan sihir : INTERWORLD,  yang beranggotakan versi versi lain dirinya sendiri.

versi lain??

Ya, kita akan bertemu Pak Tua, Dumbledorenya Interworld yang merupakan versi Joey  di umur 50 tahun, juga ada Joe, versi Joey yang bersayap, J/O si cyborg, Joseph yang kuat, dan  ‘J’ lain yang bertebaran di  Interworld dengan keistimewaan masing-masing.

Seperti biasa, buat saya menikmati novel berarti menciptakan sendiri film di kepala saya. Neil Gaiman dan Michael Reeves sukses membuat saya membayangkan karakter-karakter rekaannya. Saya membayangkan Joey adalah Michael Cera dan masing masing Joey yang lain berhasil saya adaptasi versi Michael Cera cyborg, bahkan Michael Cera versi werewolf, ganteng-ganteng srigala yang sebenarnya.  Saya juga berhasil menciptakan sendiri penampakan pasukan piring terbang Binary dan  kapal sihir milik Indigo dan lord Dogknife. Sayangnya, seperti yang diceritakan  si pengarang,  naskah yang awalnya di ciptakan untuk serial televisi ini di tolak mentah-mentah.  Mungkinkah ada yang berminat menjadikannya film?

nyulik dari google
nyulik dari google

Selanjutnya, otak saya ternyata belum begitu mampu menterjemahkan istilah istilah yang cukup scientific  di di novel ini, sehingga agak mengganggu proses pelintas dari kata ke visual, dan sayangnya kata kata yang berhubungan dengan fisika dan mekanika kuantum, bertebaran di banyak titik di novel ini. Untunglah, sebagai penyeimbangt ada joke joke segar yang berhasil mengistirahatkan otak saya.

Secara keseluruhan novel ini berhasil mencuri perhatian saya, walau ternyata di novel ini, kaum binary belum mendapatkan porsi yang sama besar dengan kaum saingannya. Selain itu, di novel ini bisa dikatakan minus eye candy( atau mind-candy?), semisal Hermione di Harry Potter, dan Annabeth di Percy Jackson, kecuali kalau kita mau memasukkan Joana si gadis srigala ke dalam tipical tersebut. silahkan. keberadaan Rowena pun cuma sekilas di bagian awal, hingga pada akhirnya tetap saja seri pertama dari trilogy ini ini mejadi bacaan remaja lelaki : syarat pertualangan minim percintaan.

Tapi , entah kenapa saya percaya , buat kaum penyembah science-fiction di luar sana, tanpa ada gadis-gadis ini pun, cerita ini sudah cukup utuk membuat  orgasme otak. Seperti yang terjadi ketika saya menemukan novel ini si diskon Gramedia. Tapi, saya masih ragu, saya orgasme karena covernya, atau karena diskonnya?

Advertisements

2 thoughts on “WORDS FOR INTERWORLD

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s