Cinta, sejarah, merdeka,

 

Adriana, Bahkan ketika filmnya baru akan diproduksi, saya sudah terbeli dengan janji Sophia Latjuba /Miller/Lesmana, (mungkin sebentar lagi akan menjadi Sophia ilham) selaku produser yang mengatakan kalau ini adalah cerita cinta remaja yang ada unsur teka teki dan petualangan kota Jakartanya.

Sayangnya, ketika filmnya beredar di bioskop, saya tidak sempat untuk menonton, karena ketika saya berniat untuk ditonton film ini sudah tidak tayang lagi. Salah saya juga sih menunda-nunda, karena ternyata film ini tidak terlalu laku di pasaran.

Tapi beberapa waktu kemudian, saya sedikit terobati ketika saya menemukan novelnya di taman bacaan favorit saya, walau, pada akhirnya saya harus mengakui kalau saya tidak terlalu menikmatinya.

***

 1f5767ab-1285-49d3-8f90-95edbff835f3_Adriana

 

Kemaren, setelah sekian bulan dari penayangan, akhirnya saya menemukan link untuk mengunduh film ini, kemudian dilanjutkan dengan kesabaran menunggu selama  3 jam karena sangat penasaran,apalagi saya sudah membaca novelnya.

Seperti biasa : ini saatnya membanding-bandingkan.

Ternyata, ketika si penulis novel, si penulis naskah, dan si sutradara adalah orang yang sama,sepertinya adaptasi novel ke film menjadi lebih baik. Fajar Nugros, membuat Adriana versi film jauh lebih baik dari versi tulisnya. Ada perubahan di beberapa titik, dan buat saya ini lebih baik. teka teki, alasan, flashbacak semua menjadi lebih clear ketika di tampilkan secara visual. Entahlah, tapi buat saya pribadi, novelnya gagal mencapai titik penjelasan ini.

 Buat yang penasaran, Adriana pada dasarnya adalah film remaja yang bercerita tentang cinta dan persahabatan, tapi Nugros berhasil mengisinya dengan bumbu sejarah, teka teki dan pengetahuan, khususnya tentang Jakarta,  yang berefek membuat film ini berhasil ‘sedikit’ berbeda dari film kebanyakan. Apalagi 3 tokoh utamanya, berhasil memanfaatkan sempitnya ruang pendalaman karakter  yang diberikan Nugros kepada masing-masing dengan baik :  Dolken yang lagi-lagi berhasil menjadi ….Dolken, Eva Celia yang terbilang baru di dunia ekting juga berhasil menggali sisi misteriusnya, dan buat saya yang terkeren adalah si Kevin Julio, karena saya lebih dulu ‘mengenalnya’ di ganteng ganteng srigala dengan acting menggeram.

 Terakhir, Satu hal luar biasa, percaya atau tidak, saya baru sadar kalau ternyata Tuhan menyiapkan hari yang tepat bagi saya untuk menonton film ini : hari ini, hari ulang tahun kemerdekaan Negara yang kita cintai ini. Bayangkan saja, 17 agustus nonton film yang ada rekaman proklamasi dari suara bung Karno, celotehan tentang perjuangan soekarno hatta, dan juga nyanyi 17 Agustus 1945 dari anak-anak sekolah! Menurut saya, sekali lagi, sebuah  suatu kebetulan yang luar biasa untuk ‘mengisi’ hari kemerdekaan ini

Selamat 69 tahun Indonesia, saya tidak akan berceloteh apakah kita benar- benar merdeka atau tidak, karena yang pasti buat saya kita tidak lagi berurusan dengan berondongan peluru dan bambu runcing lagi, dan menurut saya itu hal yang patut di syukuri.Apalagi buat saya pribadi yang seandainya perang terjadi akan masuk menjadi orang-orang yang akan tewas duluan. Jadi, menurut saya pertanyaan apakah kita benar-benar merdeka  akan saya jawab dengan  benar, KITA  sudah merdeka, terutama dari penjajahan fisik. Masih banyak diluar sana saudara saudara kita yang tiap harinya akrab dengan bom dan senapan. Saya juga tidak akan membahas tentang pemilu kemaren, pemilu pertama dimana saya ikut serta, karena membahas-bahas pemilu akan membuat saya mirip dengan seseorang yang makin lama kebodohannya makin terlihat terstruktur, masif dan sitematis.

Jadi,  mari kita ganti pertanyaan yang menurut saya jauh lebih penting:

apakah diri kita masing-masing sudah merdeka?

yah, silahkan jawab sendiri, dan tidak perlu sekarang

karena saya  percaya, pertanyaan ini merupakan teka teki yang lebih sulit dari semua teka teki yang hadir di Adriana.   

 

Leave a Reply

