GALIH & RATNA

Saya lagi ( baca : lagi-lagi) rindu  masa SMA

salah satu penyebabnya adalah , saya, baru saja nonton Crazy Love, sebuah film Indonesia, yang bercerita tentang  kisah kasih di sekolah, tapi yang ini tidak malu pada semut merah, tapi mungkin mereka sedikit malu kepada film berjudul You Are The Apple of My Eye, karena kebetulan cerita mereka ‘agak’ mirip.

sudahlah,  nothing new under the sun, toh buku PR juga sudah diganti celana olahraga kan?

apalagi kisah seperti ini : kisah remaja, anak berandal yang jatuh cinta pada gadis idola, berantem, jadian. Saya yang penggemar teenlit sudah baca hal seperti ini sekian kali, belum lagi pola yang sama  juga muncul di FTV dan  beberapa film remaja.

tapi.. apakah semua itu benar adanya di dunia nyata?

**

beberapa hari yang lalu  saya kebetulan sempat chat dengan seorang cewe manis, teman lama, tepatnya: mahluk manis ini adalah seorang mantan sahabat  ( mantan pacar dari seorang sahabat saya ),Malam itu, sebenarnya kita ga ngomongin masa lalu,apalagi masa SMA,  kita malah banyak membahas masa depan… masa depan dia , bukan masa depan kita..

lalu apa hubungannya ?

begini pemirsah..

kalau berbicara tentang mantan pasangan ini, saya seperti punya kewajiban menceritakannya semua orang.. paling tidak, semua orang yang belum mengetahui kisah mereka..

saya punya seorang sahabat, kita sebut saja GENJI, karena nama ini sangat representatif untuk cowo yang mau jadi berandalan tapi tetap keren. Genji  adalah tipikal cowo yang awalnya saya pikir cuma muncul di teenlit dan serial cantik :  wajah (lumayan) tampan, tajir, dan pintar, dan  di sekolah dulu dia itu boleh dibilang : berandalannya sekolahan.  Mulai dari kasus ringan seperti bolos dan kawan kawan, kasus level menengah seperti menganiaya mobil guru dan sejenisnya, sampai kasus level keren semacam menjadi penyebab salah seorang cewe mau bunuh diri, simple : karena cintanya ditolak si Genji ini. dan kasus kasus lain yang bisa ditambahkan sendiri.

skip skip skip.. 

sang berandal ini tidak disangka -sangka, jatuh cinta kepada salah seorang bintang  sekolah, kita sebut saja POPPY, karena saya percaya nama ini juga cukup representatif untuk menggambarkan cewe manis multi talenta , ketua OSIS, kalem, pintar, duta wisata,  dan punya kesempatan pertukaran pelajar keluar negeri ini.

singkat cerita, di atas sebuah vespa tua si Genji, mereka jadian

kurang apalagi coba?

oh ya, si genji ini juga anak band, dia jago main piano.

bangsat

maka, sudah di duga, banyak yg kaget, karena seperti di kebanyakan teenlit, cewe-cewe Genji sebelumnya adalah cewe yg berbeda dari si bintang sekolah ini, teman teman Genji heran dan guru guru yang menyayangi Poppy pun menyayangkan kejadian ini, tapi mereka cuma bisa geleng-geleng  kepala

apa mau dikata, cinta sudah bicara…

next..next..next

perlahan sang berandalan pun berubah!! dan  selamat … sekarang banyak yg mengenalnya sebagai salah satu cowo terbaik yang pernah tercipta  ( mo, kalau kamu baca ini : umild  mo, umild, umild ),sampai-sampai, ketika salah seorang dosen di kampus yang sempat memanggil kami berdua ke ruangannya untuk di ‘nasehati’, percaya kalau saya adalah orang yang memberi pengaruh buruk pada mahluk  ini, sampai kami tidak boleh lagi duduk berdekatan.

bangsat

oke, kembali ke kisah mereka.

selanjutnya, selama Poppy di  Jepang, mereka pun berikirim surat, sampai kemudian  kisah mereka  naik turun di bangku kuliah, dan akhirnya..

mereka memutuskan untuk menempuh jalan yang berbeda…

begitulah..

walau tidak happy ending, tapi, tetap saja, saya selalu kagum akan kisah ajaib mereka, kisah yang menurut saya, tidak semua orang bisa rasakan di bangku sekolah..

bukan, saya pribadi melihat sekelumit kisah diatas bukan sekedar kisah tentang cinta. saya melihatnya bagaimana menjalani masa sma dengan ‘sempurna’

bagaimana teman saya ini merasakan semua kisah,pahit, manis, hitam, putih, lengkap, bagaimana bisa tetap bertanggung jawab atas isi otak ketika mau jadi berandalan, bagaimana tetap bisa romantis-romantisan tanpa meninggalkan waktu gila gilaan bersama teman-teman, dan sebagainya dan sebagainya.  bagaimana si cewe juga punya kesempatan keluar negeri, aktif di organisasi, tetap pacaran, dan sebagainya dan sebagainya juga.

bagaimana dengan saya ?

saya pribadi  bersekolah di sekolah yang baik, punya teman-teman yang baik, guru guru yang baik,nilai yang baik, dan tentunya, kekasih yang sangat baik

tapi jujur, buat saya, saya  bukanlah anak SMA yang baik, karena masa SMA yang baik, buat saya seharusnya tidak cuma dijalani dengan yang baik baik saja.

karena, masih banyak yg sebenarnya  yang  bisa saya lakukan, masih banyak cerita, masih banyak cita, masih banyak cinta, masih banyak kebaikan, dan tentunya, agar tercipta keseimbangan, masih banyak kejahatan yang harusnya terlaksana..

mengutip kata orang bijak yg saya lupa namanya :

“Pada akhirnya, kita akan lebih banyak menyesali hal hal yang tidak kita lakukan, daripada hal yg kita lakukan”

jadi seandainya ada kawan kawan yg punya mesin waktu untuk kembali ke masa SMA, sisakan satu kursi buat saya.. serius, berapapun biayanya, saya janji untuk membayar….ketika saya sudah kembali dari masa lalu.

ya, lebih dari sekedar rindu, kalau bisa saya akan kembali ke masa itu, masa putih abu-abu

siapa tau, mungkin saya bisa melakukan hal yang keren semacam ..pacaran dengan ketua OSIS

ah, tapi tidak mungkin, tidak seperti cerita diatas, ketua OSIS zaman saya adalah sahabat saya sendiri

sangat pantang bagi saya untuk berpacaran dengan sahabat sendiri

apalagi dia laki-laki.

bangsat

NB : saya ga salah nulis judul

2 thoughts on “GALIH & RATNA

Leave a Reply

