PENJARING MIMPI

Reni, calon manager saya yang pada setiap kemunculannya di BBM  tidak pernah lupa menyisipkan koreanisme kepada saya, pada suatu kali bertanya :

“Bapak kenal Park Sin Hye?”

“Ga tau buk, Ray cuma tau SNSD, itu juga ga tau yang siapa yg mana”

“Wah, masih manisan Park Sin Hye pak”

“Itu siapa buk?” saya balik bertanya

“Bintang drama korea pak, dia main di the Heirs”

Saya musti lebih banyak belajar, karena jujur,itu  adalah pertama kali saya tau bahwa di dunia ini ada suatu hal keren yang digandrungi banyak anak muda bernama THE HEIRS.

**

Saya dari dulu pengen punya tattoo, tapi beberapa alasan dan keadaan memang  belum memungkinkan buat saya , maka sebagai  gantinya, saya pun biasanya cuma bisa menggambar ‘tattoo’ saya dengan spidol atau bolpoin. Saya masih ingat ketika dikantor dulu, Fajar, seorang teman/senior yang melihat saya sedang nyoret-nyoret tangan pakai spidol, iseng bertanya :

“Lo pengen bikin tattoo?”

“Iya, tapi ga sekarang, lo sendiri?”

“Sama, gw juga pengenlah, tapi ga sekarang juga, gw belum nemu sesuatu yang penting buat gw jadiin tattoo”

yah, sama Jar, sampai  waktu itu, saya memang masih belum menemukan sesuatu yang ‘greget’ buat tattoo pertama saya. kalau Fajar memakai kata penting, saya punya kata yang lebih :  Buat saya, selain penting, saya harus menemukan sesuatu yang  filosofis. Soalnya, buat saya yang sunat aja sudah seperti orang melahirkan, bikin tattoo itu,  seperti pribahasa,  bak memasukkan jarum ke dalam kulit, Sakit. Jadi tusukan pertama jarum saya itu ya.. memang buat sesuatu yang amat saya cintai, yang saya tidak akan sesali nantinya. Beberapa orang mungkin akan memakai nama pacar atau orang tua sebagai pilihan pertama , tapi pertimbangan saya : jangankan putus ama pacar, istri pun bisa cerai, atau nambah selagi masih halal. Sementara  buat yang selanjutnya, saya yakin, kalaupun memakai nama bunda dan papa, Mereka ga bakal bangga , yang ada mungkin istighfar akan muncul membelah udara. Sementara, Tatto contekan di komik juga, selalu ada yang lebih keren. saya dilema, sampai  beberapa waktu lalu saya menonton sebuah film :

Image
poster film DREAMCATCHER (2003) , save as dari google

THE DREAMCATCHER, yang merupakan adaptasi dari salah satu penulis favorite saya ; Stephen King, menceritakan persahabatan 5 pemuda, dimana salah satunya adalah Alien (ya, ini spoiler), bahkan buat pembaca novelnya pun juga sebuah spoiler !! mungkin telat,tapi memang dicerita inilah, pertama kali saya tau ada benda bernama Dreamcather yang katanya bisa mengusir mimpi buruk, sebuah azimat yang berasal dari suku Indian kuno di amerika..

DREAMCATCHER ini sebenarnya  punya berbagai macam bentuk dan modifikasi, namun pada dasarnya azimat ini  tetap setia pada beberapa elemen saja : lingkaran, jaring, manik dan bulu-bulu

Image
salah satu dreamcatcher sederhana hasil pencarian google

Saya pun langsung terkagum dengan benda ini. Saya pengen punya Dreamcatcher saya sendiri yang akan menangkap semua mimpi mimpi saya, menyaringnya, membiarkan mimpi buruk lewat dan menghilang, dan menyisakan mimpi-mimpi baik dan indah saja. Karena kebetulan, saya adalah seorang pemimpi.

**

DREAMER, sebuah kata yang terpilih sebagai update Personal message  BBM saya tadi pagi, dan seorang teman, yang sama pemimpinya dengan saya tiba-tiba nyeletuk :

for now,  maybe were just a dreamers, but later we will be the dreamcatchers

Suntikan semangat itulah yang menjadi alasan, kenapa tiba-tiba saya mengganti Display picture  BBM saya dengan the dreamcathers

Dan, tak lama masuklah satu BBM dari seorang teman kuliah

“Ciee, korea nih” ada smiley smiley tawa di belakangnya

Ok, saya yang tidak tau apa-apa boleh kaget donk : kenapa korea?

“Ini dari suku Indian, bukan korea” jawab saya pendek, ada smiley juga dibelakangnya, tapi matanya ga keliatan

“Nonton the Heirs deh, mereka pake itu kok” jelasnya

oke, the heirs…

“Mungkin, tapi ini dari suku Indian , dipercaya…… ” dan saya pun akhirnya berpanjang-panjang

“kirain karena the Heirs” dan muncullah icon  smiley tertawa di BBM saya.

oke, saya pun masih kalem, lumayan puas bisa menjelaskan apa yang kita maksud, sampai seorang teman SMA muncul

“Ini yang di the Heirs kan Ray? wah, udah beli ya?”

oke, the Heirs

dilanjutkan  BBM seorang senior di kampus yang memulai dengan ikon senyum

“Tolong, jangan bilang ini  korea teh” saya berharap sebuah penjelasan yang lain

Icon senyum pun berubah dengan icon tawa, Saya cukup mengerti artinya, dan beberapa pesan lagi muncul dengan nada yang sama : memberi selamat seakan dengan memasang DP tersebut saya sudah di baiat menjadi pengikut koreanism. Maaf, tapi fakta menariknya adalah hampir semuanya datang teman wanita, cuma ada satu karangan bunga yang datang dari seorang kawan pria yang bernada sama : bahagia seakan mendapatkan kaki untuk  jualan  obatnya, semakin dekat menuju kapal pesiar atau hummer dengan penuh tanda tangan.

maka, dengan sangat terpaksa, tulisan DREAMER tadi, berubah menjadi..

MAAF, BUAT YANG BELUM TAU,  BENDA INI DARI SUKU INDIAN, BUKAN DARI KOREA SEPERTI YANG SEBAGIAN TEMAN-TEMAN IDAMKAN, DAN SAYA TIDAK NONTON THE HEIRS.SEKIAN TERIMAKASIH”

entahlah, sepertinya saya yang bodoh, saya yang salah, saya ga tau the Heirs, yang artinya saya melewatkan salah satu senjata untuk nyambung dengan para kaum hawa nan cantik jelita ini. .

selanjutnya, buat beberapa orang mungkin terdengar sombong dan anti korea, tapi sebenarnya bukan itu yang berkecamuk di kepala saya, walau saya ga ngikutin running man,  saya juga suka korea!

……………walau itu Cuma terbatas pada paha-paha jenjang SNSD, keseksian hyunA, goyangan sistar dan video klip Rainbow,..saya suka mereka. tapi masalahnya bukan disana, masalahnya bukan  terbatas saya ga mau semua hal keren di dunia dianggap dari korea, oleh korea dan untuk penggemar korea.  Saya cuma mau..

get (our) facts straight…

kita bukan anak kecil lagi lah, yang ga tau google dan maunya cuma maen tembak tembakan, trus ngebacot dan mengabsen isi kebun binatang ketika jumlah terbunuh kita lebih banyak daripada jumlah membunuh, kita bukan mereka, walau mungkin beberapa dari kita pernah seperti mereka. Seperti saya misalnya, ketika kecil dulu, saya menganggap bahwa jepang dengan kejamnya ‘menjajah’  serial Mighty Morphin Power Rangers dan membuat versi mereka sendiri, namun ketika saya beranjak dewasa, saya mengetahui ternyata fakta adalah sebaliknya, dan saya ‘menebusnya’ dengan menonton super sentai  ( serial asli yang diadaptasi saban Mighty Morphin Power Ranger )  sampai umur segini

NERD..

Ini juga berlaku buat adek adek  manis di gramedia yang bersikukuh kalau Robert downey JR adalah Sherlock holmes ‘pertama’ dan karya yang lain memutar mengikuti dia.

 masih NERD..

.Juga buat rekan-rekan yang percaya kalau setiap ustad yang di tangkap adalah hasil konspirasi.

ckckck.. SEKULER

atau buat teteh penonton lord of the rings di dekat saya yang berciloteh  bahwa  Gandalf meniru Dumbledore.

Bo..ring..N-E-R-D…

buat yang percaya bahwa buah khuldi itu benar-benar buah ( Astaghfirullah, SEKULER!!)

dan buat yang menganggap Edward adalah Vampire keren satu-satunya, dan terakhir, buat Khatib sendiri : kesampingkanlah dulu teori ledakan besar yang dipercaya sebagai asal muasal alam semesta, Rayes, kamu musti ingat.. kalau kamu cuma tau ada serial TV berjudul BIG BANG theory,jangan sombong!! karena  di belahan bumi sana, ada boyband dengan nama yang hampir sama, kamu pasti ga pengen fans mereka marah karena kamu menyebutkan nama-nama  yang tidak ada di hafalan personil mereka kan? kamu harus akui kalau BIG BANG yang itu lebih keren dari BIG BANG tontonan kamu…

ok gentleman, silahkan menuduh saya nerd, tapi sekali lagi, lets get our facts straight!! bahkan untuk mendefinisikan apa itu NERD..  😀

Akhirnya, ditengah kenaikan harga jumlah BBM , Reni, yang sudah saya ceritakan di atas sebagai calon manager saya,   muncul dengan sebuah tawa yang kemudian dilanjutkan dengan ceramah :

“Iya pak, Dreamcatcher itu emang legenda suku indian pak.. Reni taunya dari twilight, ketika Jacob ngasih ke bella, dan Reni udah punya Dreamcather jauh sebelum the Heirs. walau, terkenalnya emang di the Heirs sih pak, jadi kalau ada yang ga tau, cabal  ya pak, itu mungkin karena mereka cuma ngikutin The Heirs ”

saya senyum senyum , ga salah jika suatu saat nanti saya minta dia jadi manager saya

“Anak –anak sekarang pak, walau gadget pada canggih, pada males ngesearch pak, bahkan Reni ketemu seorang junior yang ga tau siapa itu pak Habibie, taunya ya dari film Reza Rahardian”

Oke, terimakasih tambahannya bu manager, mudah-mudahan menjadi pelajaran bagi kita semua, terutama buat khatib sendiri hendaknya. Terlepas dari itu, tiba-tiba poin Twilight merangsak naik di mata saya, dan saya ngerasa bego, kenapa ga nonton Twilight? kalau saya nonton, mungkin saya sudah jatuh cinta dengan dari dulu dengan dreamcatchers. Entahlah, pada ujungnya, tetap saja, entah kapan pergelangan tangan kiri bagian dalam ini, tidak lagi cuma dihuni gelang kayu, tapi ada lukisan seekor  burung hantu yang hinggap  di lingkaran berjaring, yang dihiasi manik-manik dan bulu-bulu indah : lukisan sebuah penjaring mimpi..

NERD…

Advertisements

2 thoughts on “PENJARING MIMPI

  1. hahahahha… saia juga bukan pecinta DREAMCATCHER karena sebuah drama yg bernama THE HEIRS atau pilem yang berjudul TWILIGHT yeah…. NOTED… tapi satu hal yang pasti saia PECINTA KOREA YANG CUKUP FANATIK…. kaget aja cerita ini ada hub dengan korea nya… kamu bikin cerita ini dengan mencntumkan PSH, SNSD, Rainbow, Hyun-A , Sistar dll itu dgn bermodal googling kah atw emang menikmati cukup mengikuti setiap MV mereka??? ketawa2 aku baca cerita mu ini nak…. dengan pengakuan mu sbg NERD atw SEKULER atw apalah istilah yg mu pakai… oio… sesekali buatlah cerita cinta yg segar. BUKAN DRAMA ROMANTIS!!! contoh, kamu bs nnton reality show korea yg berjudul WGM edisi JUNG JUNG couple… i think it’ll be bored for u….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s