MENINGGALKAN (THE) COMMENT : TERIMAKASIH

Beberapa tahun lalu, seorang teman memberikan sebuah saya sebuah julukan yang menurut saya sedikit controversial, julukan itu adalah :  Mr.controversy.

Yah, saya akui di bangku kuliah saya sempat membuat beberapa pilihan yang mungkin dimata orang lain adalah sebuah kontroversi : ngosongin kertas saat ujian, ngelawan argument dosen sampai keluar dari kelas, berhenti dari part time, bikin beberapa cewe nangis, sampai menunda ujian akhir  dan wisuda yang dimata saya, saya cuma melakukan apa yang menurut hati saya benar. Tapi terkadang, apa yang di katakan hati, tidak selalu menjadi hasil yang baik dimata orang lain, dan terkadang  tidak selalu benar, jadi mungkin.. disanalah munculnya kontroversi.

Satu minggu lalu, mungkin lagi-lagi saya membuat kontroversi, saya memutuskan untuk ‘berisitirahat’ dari  pekerjaan yang saya geluti beberapa bulan belakangan, sebuah pekerjaan yang sebenarnya juga bagian dari mimpi saya.

Singkat cerita, sebenarnya ga ada masalah dengan team atau tempat saya bekerja. Satu-satunya masalah yang muncul adalah ketika hati saya perlahan berhenti menikmati bagian dari mimpi saya ini.saya akui, otak dan tubuh saya berhasil menyelesaikan setiap pekerjaan, tapi cuma sampai disana.di level ..OK.. Tanpa hati dan jiwa yang bisa memunculkan perasaan luar biasa.

Selama beberapa hari, saya mencoba bertahan dan bertanya lagi …ada apa, dan akhirnya lewat beberapa kali perbincangan dengan hati… ada jawaban pendek : its time to go..

***

Hari ini , tepat seminggu, ketika saya resmi meninggalkan kantor, dan team yang saya cintai. Walaupun saya sudah pernah pamit, ijin, ngobrol, dan minta tanda tangan kepada orang-orang keren tersebut, saya sebenarnya masih merasa ‘kurang’ ketika di hari akhir saya sengaja menghilang agar tidak ada perpisahan dengan mereka, karena jujur, seperti salah satu jargon terkenal di program yang (dulu) kita kelola bareng : saya GA SANGGUUPPHHH kalo musti ada perpisahan, karena kalo DI SANGGUPHIN juga maka.. air mata saya akan berurai lagi dan hal ini akan menjadi sangat berat buat saya, melebihi berat badan saya sendiri..

Jujur, Sampai sekarang saja, saya masih kangen dengan team yang sudah terkenal dengan team super yang beberapa dari anggotanya rela ga pulang dalam beberapa hari, atau paling ga bertahan sampai pagi demi merapikan materi,team ajaib  yang walau dengan jumlah lumayan besar, masih tetap kejar-kejaran ketika shooting, editing program yang akan menjadi fenomena baru di republik ini : THE COMMENT.

Makasih buat KANG NUCKY yang beberapa kali memotivasi sambil ngopi dan ngerokok, agar saya lebih pede dan upgrade taste saya, dan pada suatu kesempatan lain menasehati supaya saya lebih gaul, gila dan ‘nakal’ dan menyarankan saya untuk kembali gondrong, beliau juga salah satu orang yang paling rajin mengingatkan saya untuk pulang dan istirahat. Kemudian ada  PAK AGUNG, produser lucu yang ngajak saya ngobrol empat mata, bercerita lewat hati tentang keluarga dan masa lalu  ketika saya pertama kali bilang mau pamit, makasih pak,dan maaf kalau saya sering bikin kesal bapak, karena beberapa kali bapak berhasil melakukan hal yang sama, Maaf pak :). Selanjutnya ada KAK BOJES, PA senior yang menurut saya sangat keren, bahkan saya sempat berpikir, someday pengen jadi kaya kak bojes,yang khatam tekhnis, tapi juga concern ama content,trus juga salut  ama KAK RISA, yang walau baru, tapi udah bisa menguasai keadaan, beradaptasi dengan hebat, dan langsung mendapat tempat di hati team, terutama di hati… udahlah, ga usah dibahas lagi…. Trus  ada  ARI dan UCUP, dua PA yang menurut saya sudah menjadi juru kunci kantor, karena dua mahluk ini memang jarang pulang.. tapi kalau ada kesempatan, mereka langsung ngilang ke bandung.. kalem ri, great power comes great responsibility.. trus juga ada DODI, PA partner saya semenjak di  program yang sebelumnya. Yang walau suka ngeboss, tapi sebenarnya baik hati, ngeselin sih kadang, tapi percayalah, dia baik hati, buktinya pas resign dia langsung minta tempat id saya buat kenang-kenangan. Ada mas DIKA, pemuda bali yang sudah tidak muda lagi, yang seusailah dengan usianya, sangat tenang dan bijaksana, tapi tetap saja, saya yang terlihat lebih tua. PA satu ini  partner saya begadang di kantor, nemenin saya download, trus ngopi dan bercerita sampai pagi. Paginya nyari gorengan,  kemudian tidur lagi sampai siang harinya, makasih buat nasehat-nasehatnya mas.kapan-kapan kita nongkrong lagi. trus ada TIMO  yang sering banget disalah tafsirkan sebagai lelaki, Partner ngerokok, ngopi dan foto-foto sampai pagi. Orang yang paling sering mengingatkan saya dengan kalimat :  “woi, jangan serius banget, ntar lupa caranya becanda” ketika saya sudah sibuk nyari materi didepan computer. Tapi mahluk ini juga sering kesal ketika materi video saya telat nyampe ke tangannya untuk segera di mutilasi. Tapi sebenarnya, yang paling kesal, dan juga sering bikin saya kesal kalau soal potonmateri-materi ini, si RARA, mahluk manis ini mendadak terroris kalau lagi minta materi. Kalau belum sampai ketangannya dia belum tenang. Kadang misalnya lagi ga dikantor pun, jangan heran bbm nya muncul Cuma buat nanya materi. Maaf banget ya ra,Rayes selalu nyusahin dan bikin kesel rara atas kelemotan kelemotan Rayes. trus juga ada NICHAN yang membuat saya bersukur atas  ukuran tubuh saya saya. Nichan ini ternyata satu hobi ama saya, suka baca-baca juga, terkahir kita tuker-tukeran novel, tapi sayang, waktu kita ga panjang, karena saya keburu memutuskan untuk.. udahlah, masih ada WIDI, PA tangan kanannya kang nucky, yang pada suatu ketika dengan sangat jenius berhasil mempergunjIngkan saya lewat bahasa sunda yang saya ga ngerti. Widi,walau saya udah ga disana, ingat, kang nucky sudah menugaskan kamu untuk bawa saya jalan-jalan ( kok kesannya agak aneh..) pokoknya,  tolong laksanakan tugas tersebut dengan sebaik-baiknya wid, sampai ketemu di bandung.. PA masih ada ga sih ?   sebenarnya masih ada INDRI, si bawel yang udah pindah ke program lain. 

 Kalo tadi PA, sekarang saya mau curhat tentang team creative : di creative ada BANG KIKI, senior yang ternyata satu almamater dengan saya. maaf bang, baranti karajo samo wak sabanta, mudah-mudahan bisuak ko bisa karajo samo liak. Selanjutnya ada MAS WEWES, senior creative yang jago nyanyi dan main musik ini pasti masih ingat momen horror ketika saya ikut membantu menjadi talent di salah satu video pendeknya…dimana saya diharuskan untuk  gangnam style.. mengerikan! efeknya, mas wes pun tobat melibatkan saya menjadi talent. Ampun mas wes.. ampun. Trus saya juga mau minta maaf kepada guru saya, KANG JAMBUL. Senior pertama yang saya ajak cerita tentang rencana pengunduran diri ini ( dan kalau beliau baca ini sekarang, pasti sedang mengomentari tanda baca dan huruf besar di tulisan ini ) , dan ternyata nasehat-nasehat beliau tidak mampu mengisi lobang di hati saya. maaf kang. maaf banget.. maaf juga atas sumbangan materi yang saya berikan terbatas pada superhero, cartoon dan robot-robotan. Mudah-mudahan akang tetap bersedia ( walau entah bagaimana caranya ) menjadikan saya murid dan saya tetap diundang dan mudah-mudahan bisa hadir di hari bahagia akang nanti. Amin.

Trus ada ROBI, motivator muda, pejuang cinta yang menjadi teman begadang saya kalau materi masih belum aman untuk besok harinya. jangan menyerah pak robi, hajar terus. SHANGGUPIN!! Robi ini pernah khilaf untuk pertama kali nginap di kostan keren  saya, dan selanjutnya… dia tidak pernah mengulanginya.saking tidak cocoknya dengan keadaan kamar saya. HAHAHA. selanjutnya Ada PERMANA  dan LITA yang selalu menjadi teman curhat dan gosip saya kala makan mie rebus di warung kopi deket kantor. PERMANA yang kalem saya pikir bisa jadi penenang kala LITA lagi panik.saya mendoakan kalian bisa jadian lah. LOL.  Peace bung permana, anda masih punya hutang buat ngajak saya muterin Jakarta.. trus ada RYADH, puta makasar , partner saya semenjak di program sebelumnya juga. Kalau mau tau  mahluk ini lagi ngapain, tinggal liat update sosial media aja, kita bisa memantaunya paling tidak tiap 5 menit sekali. Kangen kopi torajanya nih broh!!. Ntar gw kasih alamat disini boleh ya? Trus juga ada FARIDZ yang walau baru gabung udah langsung nguasain situasi,berani unjuk gigi, dan ngerti materi. Sekali lagi gw protes ma tuhan, faridz itu udah keren dan oke,tinggi.putih,kenapa dia harus pintar dan ngerti materi juga? Trus  salut juga buat kesungguhan ZOFI, teman sepenggondrongan yang kalo  nyari materi itu total banget, sungguh, ga kaya seseorang yang nyari materinya berusaha ‘memaksakan’ unsur-unsur superhero , anime dan robot-robotan dan hal hal kesukaan dia ke kedalamnya.ehm,selanjutnya ada NANA partner baru , yang suka stress ngeliat materi dan rundown yang saya bikin. kadang, saya suka minder sendiri ngeliat nana, baru gabung ke team, tapi materinya oke-oke semua. saya? HAHAHAHHAHAA.. satu lagi yang bikin saya iri ama nana, walau kuliah di jurusan sama dengan universitas berbeda, dia pernah ke INGGRIS, salah satu Negara impian saya. dan saya? HAHAHAHHAHAHAHAHA.kalo buat LOREN sih, saya cuma mau bilang, jangan kelamaan mikir ren, takutnya telat, dan keduluan orang. Itu aja :).Selanjutnya, Ada MARINA yang selalu bikin saya iri, apalagi setelah mengetahui kalau sebelumnya dia sudah mengecap dunia periklanan. Maaf na, ga bisa nemenin lo di program baru kita  itu. Gw yakinlah lo bisa bikin sukses tuh program…  dan gw terharu banget pas lo ikutan nangis ketika gw nangis, tapi harusnya lo ga nangis na, salah satu creative terbaik evaluasi satu masa nangis ? maaf, kalo ama marina, jadi aneh banget pake saya…jadi saya pake gw. creative lain ada LULU, INDRI dan HENING yang sudah mendahului saya meninggalkan team. saya mau minta maaf karena gagal : gagal membuat kawan-kawan bertahan, dan gagal untuk bertahan disini.

Selanjutnya, saya  juga minta maaf kepada atasan-atasan saya: mas ikhsan, kadep dan sesama pencinta serial SUPERNOVA nya Dee yang mewawancarai saya dan membawa saya kedunia keren ini, makasih mas,Someday mudah-mudahan bisa jadi sekeren mas. Action figure batman dan jokernya nya juga bikin saya iri banget tuh.kalo udah bosan boleh dikasih saya mas..  selanjutnya  buat pak edo, maaf banget pak, ga pamit, saya jadi ngerasa bersalah banget. Trus, buat kang roan, yang nasehatnya sempat bikin  pendirian ketika mau resign ..goyah. Tapi, keputusan harus diambil.. dan disinilah saya sekarang, mencoba menulis  di sebuah kamar di salah satu sudut kota bandung.

Last but not least, yeah, tempat special ini emang buat FAJAR,orang yang punya kemungkinan paling besar membaca curhatan ini. dan seandainya lo baca ini jar, entah kenapa gw percaya lo bakal sampein satu persatu salam diatas ke seluruh anggota team. Terserah gimana caranya. I trust u jar..

Yah, entah kenapa, saya emang langsung punya perasaan saya akan cerita banyak dengan mahluk bernama fajar ini saat pertama kali berkenalan ketika mau berangkat ke pelatihan di sentul.   Dan ternyata, memang begitulah kenyataannya, kita ‘ditakdirkan’ menjadi satu team, dan ternyata lagi, kita punya dunia yang sama, tapi..beda. dunianya fajar adalah semacam utopia-dunia sempurna- yang saya inginkan.  

Fajar adalah penggemar film dan serial tv, tapi bukan secupu saya, fajar hafal detail orang-orang yang terlibat di film yang ia tonton, sementara saya. Cuma peduli.ceritanya seperti ini trus seperti ini. bahkan actor dan  aktrisnya kadang saya lupa.. fajar juga penggemar anime, dan dia tau siapa penulis naskah, siapa yang bikin animasi, dan hal hal detail lainnya ? saya ? mungkin Cuma fasih menyebut eichiro oda.  Game juga, bukan satu dua kali  saya memergokinya mempelajari trick, strategy, dan trivia-trivia game yang sedang ditekuninya, belum lagi playlist nya yang dipenuhi soundtrack2 game. Dan diatas itu semua, yang bikin saya iri adalah : fajar bisa membagi waktu untuk itu semua,walau sebenarnya tanggung jawab dia di tim lebih besar dari saya. trus, saya sebenarnya mau protes lagi kenapa tuhan ngasih fajar kelebihan di tampang dan membuatnya gaul dan update juga, kalau  otak(u) dan dunianya sudah sekeren itu? Tapi udahlah, saya percaya tuhan maha adil. Simpelnya sih, saya – fajar itu seperti naruto-sasuke, atau sakuragi dan rukawa.. :P. jadi ,seandainya  serial tv udah muncul dan team terbentuk, tolong kabari gw ya jar….sapa tau ada kesempatan buat kerja sama lagi, Kan dari tadi gw udah muji muji lo? :P. Ah, jadi gw lagi kan sayanya..

***

Mungkin tulisan ini masih menyisakan beberapa pertanyaan, seperti:

Satu,  kenapa baru nulis seminggu setelah mundur? Katanya suka nulis?

Sebenarnya saya sudah mencoba langsung menulis pada hari saya mundur, ternyata jari-jari saya jadi kaku untuk berkata-kata, dan memori-memori masih berkelebat dan mengikat otak saya, jadi.. akhirnya saya memutuskan untuk menunda dan membiasakan diri dulu. dan akhirnya.. satu minggu pun berlalu..

Dua, Atau mungkin sebuah pertanyaan besar dan sulit semacam ini: setelah hati saya berkata its time to go..kemanakah hati akan membawa saya?

Ok, saya sudah mewawancara si hati juga akan hal ini..

Hati : its time to go

Saya : ok, tapi kemana?

Hati : another part of ur dream..

Kalau ada yang bingung dan mau protes, yup, hati saya memang menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa sehari-hari.

Pertanyaan terakhir :  dari curhatan diatas isinya baik-baik semua, trus ada nada-nada kangen dan rindu dengan team yang dulu, kalau gitu kenapa resign?

hati : entahlah, seperti saya ceritakan diawal, mungkin itu yang namanya kontroversi..

tunggu, bukannya tadi hatinya pake bahasa inggris, kok bisa bahasa indonesia?

hmm, thats another controversy..

 

Image

 

11 thoughts on “MENINGGALKAN (THE) COMMENT : TERIMAKASIH

  1. Huwwwwoooo…
    Tuh kan tuh kan tuh kan..bener dugaan eke. Sampean di Net TV toh.
    Dan tim The Comment juga, pantesan pas postingan Favourite TV Show nanyain ttg The Comment.
    Hehehe sorry for my comment, no offence yah brooo.

    Jangan-jangan ini yah yang dirimu bilang resign buat liburan doang. What a cool guy?!!
    Susah loh ninggalin tim yang udah solid, apalagi buat tim yang ditinggalin..
    Terus sekarang sibuk apa?? (kepo)

    1. hahahaha.. gapapa kok kak, santai.. minjam liirknya dedek-dedek manis jkt48 : walau ada komen sedih, ataupun komen yang memberatkan, tak apa asal komen positif lebih banyak.. hahahhaha

      sekarang? saya menyebutnya upgrading, jangan terlalu percaylah teh, kegiatannya cuma terdiri dari : baca, nonton, maen game, nulis, stuck, baca, nonotn maen game, nulis , stuck, dan begitulah dunia selalu berputar…

Leave a Reply

