RK

 

Selain sixpacknya ariel NOAH, satu hal yang bikin saya iri adalah kemampuan desain yang dimiliki orang lain deisekitar saya . Karena sebenarnya desain visual  adalah salah satu passion tertinggi saya.  Bahkan jauh sebelum saya punya kemauan untuk menulis..

Yah, jauh sebelum suka nulis menulis, dunia saya adalah dunia menggambar coret mencoret :  anime, komik dan game yang memenuhi keseharian saya membuat saya punya jutaan imajinasi yang harus dituangkan dalam kertas. Ratusan karakter bahkan ribuan monster bisa saya hasilkan lewat coretan tangan saya tersebut, tapi  masalahnya  cuma keren di  kuantitas, bukan kualitas.

Ketika beranjak dewasa, ada keinginan saya untuk melanjutkan kuliah di desain komunikasi visual dan menjadi animator. Sungguh. Lumayan menggebu gebu waktu itu, tapi entah kenapa, keinginan itu dikalahkan oleh keinginan berkuliah di komunikasi, yang selanjutnya , ternyata si pemimpi ini harus berlabuh di sastra inggris.  J

Dibangku kuliah kegiatan coret mencoret ini, berlanjut,.  Gambar ksatria  dan monster monster itu muncul kembali menjadi pengalihan  keterangan  membosankan beberapa dosen di depan kelas. kemampuan poto sop secuil Cuma untuk bikin lucu-lucuan gambar kawan-kawan, yang agak mending itu paint  yang  sering saya guynakan untuk mendesain logo  pesanan kawan-kawan. begitulah, passion ini  berlanjut, tapi tidak tumbuh besar.

Ditengah tengah kuliah, Reza , adek saya yang tidak lulus sipenmaru  minta rekomendasi jurusan yang cocok untuk dirinya,  dan dengan sangat yakin saya langsung mengarahkan dia ke jurusan DEKAVE, Desain Komunikasi Visual  :  sebagai penerus mimpi saya yang…tertunda, walau  ga sepenuhnya juga sih  karena mahluk bernama Reza ini juga suka coret coret dan bikin komik ala orang awam.  Dan akhirnya mulai berkuliahlah dia disana. Saya bahagia. Di tahun awalnya, dia sempat kecewa karena tidak sesuai dengan bayangannya, dan bayangan saya juga.  Dia belum mulia mencoret coret, tapi lebih banyak tugas tugas lain seperti main sedotan atau menggunting gunting kertas, yang  pasti ada manfaatnya, saya saja yang tidak mengerti. Namun tahun kedua dan selanjutnya, dia sudah mulai menikmati menciptakan desain dan gambar gambar keren. Sukurlah, dan saya sangat senang melihat hasil karyanya, terutama komiknya, karena sekarang sudah bisa dibilang komik, tanpa harus menambahkan embel-embel orang awam di belakangnya. Saya ? semakin jauh tertinggal….

Dering hape saya membangunkan saya tentang lamunan masa lalu ini , ternyata seorang teman yang minta tolong untuk meninjau sebuah percetakan di Bandung yang akan bekerjasama untuk buku tahunan SMA saya.

Maka berangkatlah saya mencari alamt yang dituju, setelah sebelumnya menghubungi pihak terkait, ternyata sukurlah, tempatnya tidak begitu jauh, Cuma 1 jaman naik angkot dari daerah tempat saya, 😦 lumayan membosankan sih. Akhirnya singkat cerita, di tempat yang sudahdijanjikan,  di jemputlah saya oleh salah seorang  anggota percetakan tersebut  dan sampailah saya di lokasi pesta.

Disana,Saya disambut ramah oleh  bos percetakan tersebut, sebut saja Rizal ( bukan nama palsu ) , yang ternyata masih sebaya, satu taun diatas saya, maka mulailah kami bercerita tentang Vando, teman saya yang memegang proyek buku tahunan tersebut , yang ajaibnya  ternyata juga  belum  pernah bertemu muka dengan Rizal. Selanjutnya saya pun melihat melihat desain buku tahunan yang oke punya, dan hasil-hasil  karya lainnya Rizal cs yang ditempel didinding. Maka kembalilah lamunan saya kepada hal hal yang saya tulis diatas: tentang saya , desain dan coret coret.

Tak lama kemudian rizal pun menghidangkan rokok dan minuman ringan,tak terasa pembicaraan beralih dari desain ke cerita personal.tentang masa lalu,masa sekarang dan mimpi kedepan. kalau ada yang heran, ini salah satu kejaiaban yang bisa diciptakan rokok.percayalah.   dari perbincangan inilah saya tau kalau basic Rizal bukan dari desain atau semacamnya, dia anak bisnis international yg dekat dengan management, yang saya pikir tidak ada sangkut paut dengan dunia sejenis ini. salut, rizal orang kedua yang membanting stirnya demi hal keren seperti ini. sebelumnya saya kenal Ryan, cowonya teman kampus saya, anak Ui yang  juga ‘jatuh’ ke lembah yang penuh kreativitas ini. sekali lagi, saya iri dengan orang orang semacam ini. 

Ah, sepertinya saya cukupkan dululah cerita tentang saya desain dan manusia kreatif ini, saya mau install corel dan mulai belajar. Akhir kata, makasih buat traktirann batagornya zal, lain kali saya main kesana lagi. Saya tunggu traktiran nasi gorengnya.

 

Nb : kalau ada yang nanya, judul adalah nama percetakan rizal. silahkan di googling saja, pasti ketemu.

 

 

 

 

 

3 thoughts on “RK

  1. ray, gw sendiri anak IT dan yg pasti otodidak di dunia design (u can see my portfolio) but real world, today… melemparkan kembali gw ke kenyataan dimana gw kudu milih duid drpd passion untuk saat ini. sigh…. but .. yg pasti gw enjoy aja siy, nikmati tantangan yg ada 🙂
    so… cemungudh kakaaaa

Leave a Reply

