GROUP 2.0 : nasibmu kini

Saya tau ini bukan lagi zamannya facebook, tapi berhubung saya baru menjajaki twitter, dan belum punya blackberry maka, saya pikir belum tergolong berdosalah bagi saya untuk menceritakan ini, old school sih iya, tapi anggap saja ini nostalgia zaman baheula…

Pada zaman dahulu kala..

Selain undangan dan permintaan untuk bermain game, salah satu hal yang (kadang) bikin para peghuni facebook gerah adalah banyaknya tumbuh grup-grup facebook  yang tanpa tedeng aling aling ( serius, saya tidak tau artinya tedeng aling aling ini apa, saya iseng aja makenya, biar keliatan keren, ada yang tau artinya? ) memasukkan nama kita, penghuni dunia 2.0 tersebut sebagai membernya. Akibatnya, ribuan bahkan jutaan notifikasi memenuhi beranda rumah 2.0 kita, yang kadang postingannya tidak begitu penting, atau lebih gawat, kita sama sekali ga tau apa yg dipostingkan, apalagi yang memostingkan.

Namun dari sekian banyak grup yang memenuhi keseharian kita di facebook, dari group alumni sekolah, group kampus, group makan makan, group pemilik nama sama, group tawuran atau group aneh aneh semacam group penyembah korek api ( saya ga yakin yang ini beneran ada), pasti ada satu atau dua grup yang benar-benar kita tekuni

Saya sendiri paling tidak menjadi  anggota lebih kurang 20 grup facebook, dimana kebanyakan dari mereka, kebetulan sayalah menjadi adminnya, namun, pada kenyataannya, grup yang benar benar saya tekuni Cuma 3 grup, yang akan saya pamerkan sebagai berikut.

1.BARAKERS

Ini  merupakan grup yang hampir sebagian besar  (melebihi 90 persen) penghuninya adalah mahasiswa angkatan 2006 jurusan sastra inggris Universitas Andalas, dimana saya berkuliah sekitar 4 tahun lebih….18 bulan. Mengapa namanya tidak nama angkatan saja ? pertama adalah karena ada beberapa orang anggota yang bukan angkatan kosong enam, dan sebaliknya, ada beberapa orang angkatan 06 yang tidak menjadi anggota. Dan yang ketiga, kami sudah punya grup angkatan. Kenapa barakers? Karena hampir tiap hari dari pagi sampai malam sampai pagi lagi, ( okeh, ini sudah hiperbola) kami , para anggota menghabiskan waktu di barak, sebutan lain untuk café di salah satu sudut  kampus kami .

Postingan di barakers ini baisanya berupa percakapan percakapan dan foto lucu dari para anggota, ajakan ngumpul dan curhat terselubung, serta yang paling menarik adalah komen komen ga nyambung dan biasanya tidak berprikemanusiaan

dulu, sore sampai malam, bahkan tengah malam, para anggota selalu menunggu postingan dan meramaikan dengan komen komen yang beda tipis dengan caci maki, bahkan, kalau ada anggota yang belum hadir, akan ditelpon atau sms untuk meramaikan acara tersebut. namun perlahan, seiring berjalannya waktu, entah kenapa, grup ini menjadi semakin sepi, saya yang merasa bertanggung jawab, mencoba meramaikan grup ini dengan berbagai cara agar kembali seperti sedia kala, bahkan  mengorbankan diri, tapi tetap saja, Cuma beberapa orang yang hadir dan meramaikannya, sedih, pake hiks tiga puluh tiga kali.

2.  NOTE SEVEN

Sesuai namanya, awalnya grup ini terdiri dari tujuh orang yang suka bikin catatan kecil di facebook, dari curhat  sehari hari sampai puisi, dari link film sampai link lagu, kemudian mengomentarinya bersama-sama. Kemudian, seiring perkembangan zaman, maka terjadilah pasang surut anggota dan tema yang diangkat di dalam perbincangan grup, dari awalnya cuma note notes kecil yang lucu dan unyu2 bergeraklah grup ini kedalam perbincangan politik praktis dan pertanyaan tentang agama dan ketuhanan. Luar biasa bukan ? tentunya, tapi itu dulu, saat  kami bahkan merencanakan bikin kaos grup dan buku kumpulan tulisan. Sekarang? Udah sepi postingan… satu dua adalah, tapi tak seheboh dulu… dari 13 anggota terdaftar sekarang ini, beberapa anggota malah nongol sama seringnya dengan komet halley. Ada apa ?

3.   ALUMNI SMAN 1 PADANG PANJANG ANGKATAN 2006

SMAN 1 PADANG PANJANG adalah sekolah unggul Sumatra barat berbasis imtak dan seabrek prestasi lainnya, dan tanpa bermaksud merendahkan diri, saya mau pamer kalau itu adalah sekolah saya, dan grup ini adalah grup alumni angkatan sekolah keren ini yang lulus tahun 2006, grup ini didirikan oleh seorang teman dengan maksud sebagai wadah nostalgia dan silaturrahmi antara angkatan kami yang sudah tersebar dari sabang sampai merauke ( serius, angkatan saya ada yg kuliah di aceh dan papua, namun sebagian besar di jawa sih ya, mirip banget ama negara kita 🙂  ), namun yang terjadi adalah, isi postingan grup ini  90 persena adalah undangan pernikahan, undangan arisan ( yang selalu saya recokin. recokin ?? ) dan lainnya diisi oleh postingan saya yang sangat jarang dikomen oleh anggota lain. Cuma satu dua orang , setalah itu hilang. Sebegitu sibukkah, sampai tidak sempat untuk berkata satu dua patah ?

Kesimpulannya, Seperti yang sudah pembaca ketahui, persamaan dari ketiga grup tersebut adalah, semakin hari semakin sepi, saya tidak tau kenapa,? Saya sebenarnya mau menyalahkan BB, gadget wajib dewasa ini, yang sudah mengjadi penyebab hilangnya kawan kawan saya di grup, tapi saya takut saya keliru. Bagaimana kalau saya sebenarnya Cuma iri?

Atau lebih parah lagi, bagaimana kalau sebenarnya memang ini adalah waktu nya bergerak, dan yang salah adalah yang tetap jalan ditempat seperti saya ? mungkin kawan kawan saya hampir sebagian besar memang  terlalu lelah bekerja, sehingga tidak punya kesempatan untuk sekedar bercengkarama di grup grup nostalgia ini ? bagaimana kalau sebenarnya tujuan saya dijadikan admin bukan karena saya pintar dan bijaksana, (dan tidak lupa keren), tapi cuma akrena saya punya kesempatan ( dan kemauan ) online paling banyak ?
dan bagaimana kalau sebenarnya, memodifikasi dialog cinta kepada saya waktu di SMA dulu :

ini salah gw, bukan salah temen temen gw…

Leave a Reply

