POSTULANS, ERGO SUM

Bertanya bukanlah suatu hal yang kemaluan, memalukan.  Karena pada dasarnya manusia adalah mahluk yang  serba tidak tau, dan sebagai mahluk sosial, salah satu kewajiban manusia  jugalah untuk membutuhkan orang lain, salah satunya lewat kegiatan : bertanya

Bertanya itu wajar untuk sesuatu yg sulit tapi bertanya bukanlah suatu hal yang sulit. Namun sebagian orang malas untuk bertanya, atau mungkin cuma sekedar malu. Sekali lagi, jangan malu untuk bertanya, bahkan untuk hal yang memalukan. Misalnya saja ketika seorang guru yang bertanya tentang siapa nama presiden Indonesia sekarang, harusnya sebagai seorang guru, beliau tau siapa nama presiden kita, namun beliau tidak malu untuk bertanya kepada murid-muridnya !( peace bunda ..bunda saya juga guru, ini konteksnya kan bercanda bunda 🙂 love you ).

Saya pribadi, malah menjadikan  bertanya sebagai salah satu kekuatan saya ( selain tenaga matahari ),  apalagi saat berhadapan dengan sesuatu yang baru, yang saya tau memang berada di luar kekuasaan saya. Misalnya saja di kota yang baru ini, tentunya keperluan mencari jalan, daerah dan gedung bukan hal yang mudah buat saya, apalagi saya tergolong manusia yang buruk dalam hal pemetaan, maka, yang  bisa saya lakukan cuma bertanya bertanya dan…… BERTANYA!! Bertanya, ( mudah mudahan belum bosan, karena kata ini akan semakin banyak muncul kedepannya )  khususnya bertanya arah dan jalan, tidak membutuhkan keahlian dan kepintaran  khusus apapun, kecuali keberanian dan..kesopanan…dan pertimbangan beberapa hal berikut,

  1.  Bertanyalah kepada orang yang tepat, misalnya : kalau anda berniat menanyakan jalan, ada baiknya anda tanyakan kepada polisi yang sedang bertugas, tapi usahakan anda memakai helm dan punya surat-surat lengkap, kalau anda  tidak mau polisi yang bertanya kepada anda.
  2. Kalau anda tidak tau apa nama jalan yang akan anda tuju, paling tidak anda tau bangunan apa yang berada di dekat tujuan anda tersebut, kalau anda tidak tau bangunan tersebut, maka bertanyalah!! dan ketika memperoleh jawabannya, bertanyalah pada orang lain, ini seru, seperti mengumpulkan kepingan puzzle. Ini serius.
  3. Mungkin ada bisa melihat google map dan sejenisnya yang lebih canggih yang saya tidak tau karena kegaptekan saya, tapi percayalah kadang informasi dari orang  orang yang anda tanyai akan lebih lengkap, misalnya saja ketika anda bertanya arah kepada seorang cewek manis: Anda : misi,tau gedung putih ga neng? |Cewe: maaf, saya ga tau, saya juga baru di daerah sini, maaf ya mas tampan |Anda: kalau nomer hapenya tau kan ya? Kira kira begitu, percayalah, anda tidak  akan menemukan keuntungan seperti ini di google map, tapi tolong perhatikan tanda bintang di bagian bawah iklan ini
  4. Jangan bertanya kepada orang yang sedang melakukan pembicaraan lewat handphone atau gadget sejenis. Karena ini akan mengganggu , baik dia ataupun anda, biasanya kalaupun dijawab anda akan terjerumus ke jurang yg lebih dalam, apalagi kalau pembicaraan beliau adalah tentang kontrak senilai 800 M (800 meter,bisnis tanah kecil kecilan)
  5. Jangan bertanya kepada rumput yang bergoyang, lebih baik bertanya kepada zaskia yang sedang bergoyang itik, sudah jelas manfaatnya
  6. Percayalah kepada orang yang anda tanyai, walau tampangnya tidak bisa dipercaya. Misalnya, ketika dia menyarankan untuk naik angkot berwarna hijau, jangan naik angkot pink. Karena itu akan melukai hatinya. Lagian, kalau anda salah, itu karena anda sendiri, udah tau tampang orangnya ga bisa dipercaya, kenapa bertanya?
  7. Percayalah, tidak ada pertanyaan yang bodoh, yang ada cuma jawaban yang kurang pintar
  8. Google tidak bisa menjawab semua pertanyaan anda, karena itu kita butuh tuhan

Kalau anda mengikuti saran diatas, maka percayalah, anda akan sukses dalam bertanya, cuma saya tidak begitu menjanjikan kalau anda akan sukses dalam jawaban, karena seperti yang saya katakan diawal, manusia itu serba kekurangan, jadi kalau satu orang yang anda tanyai tidak tau, silahkan bertanya kepada yang lain, karena tidak satu jalan ke roma,anda tau  jalan ke roma? jika tidak, maka bertanyalah, karena lewat bertanya anda akan tau..

atau, seperti yang saya pelajari waktu kuliah, bertanyalah, maka anda akan ada..

*nomor 3 tergantung skill individu

6 thoughts on “POSTULANS, ERGO SUM

Leave a Reply

