YOU LOSE

Sebenarnya Apa sih yang bikin kita kecanduan video games?

Mungkin ada beberapa jawaban text book semacam menghilangkan stress atau mengisi waktu luang,
Atau jawaban bernada edukatif semacam, belajar bahasa inggris atau melatih otak..
Tapi mungkin kebanyakan dari kita akan setuju dengan hal satu ini, kalau salah satu alasan terbesar kita bermain game adalah

KITA BISA TIDAK MENJADI DIRI KITA SENDIRI, KITA BISA MELAKUKAN APA YANG TIDAK BISA KITA LAKUKAN DI DUNIA NYATA…

Bagi yang punya ilmu beladiri seuprit tiba –tiba saja bisa mengeluarkan tendangan dan pukulan kelangit ketujuh seperti kepunyaan ryu dan ken di street fighter, dan dengan kombinasi tombol yang tidak terlalu sukar, kita bisa mengeluarkan hadouken, serangan tenaga dalam yang entah berapa taun bisa kita kuasai di dunia nyata

Bagi yang bawa mobilnya biasa maen aman, Cuma keliling komplek, tiba-tiba saja bisa melewati kejaran polisi di series need for speed, ga punya uang buat modif? Atau punya uang tapi ga diijinin ama bokap buat ngerombak kijang commando nya jadi mobil balap? Game ini menyediakan fasilitas yang lebih dari cukup untuk melakukan itu semua..
Cape jadi ras manusia yang ga jelas ini? kamu bisa jadi elf ( peri yang keren, cantik dan tampan ), atau orc -bangsa monster jelek-( buat yang udah bosan jadi orang tampan), banyak game online yang memberikan kesempatan itu..silahkan..

Belum lagi kalau menyebut nama GTA: Grand theft auto, game yang mengajarkan kalau nyuri mobil itu hgampang banget, ngasih pemainnya keleluasaan penuh buat ngelakuin apa aja, mulai dari pelanggaran paling ringan seperti nerobos lampu merah , membahayakan diri sendiri seperti lompat dari gedung tingkat 3 juta tanpa parasut, ataupun tindak kejahatan berat seperti ngebazoka nenek2 dari sebrang jalan… kita bebas, mau merusuh.Polisi? FBI ? Cheat aja..

Yang cewe ga usah protes dulu…

buat kamu yang ga bisa masak, dandan , atau shopping( parah banget jadi cewe kalau ga bisa dua belakangan ini ..) game game ringan yang bikin kamu jago masak, ngatur dapur, mix and match baju. Dan sebagainya.. atau mungkin game simulasi semacam SIM,yang belakangan sangat digemari di facebook yang bisa ngasih kamu kehidupan ideal yang terdiri dari rumah ideal yg kamu mau, postur ideal, dan juga mungkin pacar ideal…

TAPI….

bagaimana kalau ternyata di game pun kamu ‘terpaksa’ jadi diri sendiri, dan tetap jadi pecundang,
PARAH…CACAD..COPO..kata anak2 point blank …MAIN BOKONG..kata anak2 point blank campur maho..

Derita lo bro…

Ya..itulah yang saya rasakan dan derita dari kariri saya sepanjang permainan game

Jujur,di dunia nyata, saya bisa dikategorikan seorang looser, saya jenis cowo yang ga jago main bola, ga bisa main skateboard, ga bisa bawa kendaraan apapun, dan punya kemampuan parah membedakan kiri dan kanan..
Dan sedari kecil, saya sudah suka permainan video .( bahasa yang baik dan benar untuk menterjemahkan video games ) saya terlahir di keluarga yang tidak mampu mengkoleksi semua console video games, dan akibatnya saya main di rental yang saat itu bertebaran seperti jamur di musim hujan …

Sekian acara tali kasihnya, sekarang kita kembali ke jalan yang benar…,

sama seperti di dunia nyata, saya ga pernah jago main balapan mobil dan motor, bawaannya nabrak atau paling jago jadi mobil terakhir, kecuali game-game mobil dan motor berilmu kanuragan semacam nascar rumble atau CTR.. ada kesempatan..
Need for speed? Saya Cuma jago bagian airbrush dan milih cat mobilnya..jadi biasanya saya akan load save game teman saya yg udah punya duit banyak, trus saya belanja ini dan itu, trus ngecat mobil dan kasih stiker ini dan itu.. dan itu dan ini sudah membuat saya senang.HAHAHHAHA

Saya juga ga jago main game yang mengutamakan kemampuan akrobatik semacam tomb raider dan prince of Persia, karena di dunia nyata saya bermasalah dengan hal ini.. masyarakat di kampung saya menyebutnya GABIA .ya saya gabia, penyakit semacam takut ketinggian digabung tidak punya keseimbangan .. makanya saya sering gagal di permainan seperti ini, jadi jangan heran liat saya jatuh mulu main tony hawk dan kawan-kawan

PES? Saya juga pemain bola yang buruk di dunia maya..silahkan tertawa saat melihat ketika di become a legend nya PES saya Cuma duduk di bangku cadangan selama sekian tahun…HAHHAHAHAHAA

Dan berbagai keanehan lainnya yang sebaiknya tidak saya ungkap disini demi lebih menjaga kemaluan saya..maksudnya, agar tidak membuat saya lebih malu.Dan hal hal tersebut diatas jugalah, yang membuat saya sangat suka bermain RPG ( role playing game ) CLASSIC, karena tidak dituntunya balapan ( paling di mini games yang ga wajib dilakukan ), tidak dituntunya jago main bola atau blitzball ( kecuali mau dapat sesuatu.) dan tidak dituntutnya gerakan akrobatik dan kombinasi keyboard yang membuat saya yg gagap koordinasi dan arah ini menjadi idiot..

Yang dituntut dari RPG CLASSIC tak lebih adalah kemampuan analisa dan menghubungkan clue, untuk mengikuti jalan cerita , membuka pintu kedaerah baru, mix and match kombinasi n senjata dan komposisi karakter yg tepat untuk menghadapi masing-masing boss.dan tentunya kesabaran untuk mengkuti event dan ‘dialog’ panjang..
Yang Alhamdulillah, saya punya itu semua..
Walau dalam beberapa kali kesempatan sempat stress dan stuck juga, dan memilih untuk bermain RPG lain
PARAH

Saya jadi ingat statement seorang dosen ketika baru-baru ini saya berkali2 dipecundangi saat bermain game street fighter… -_-‘’

PAYAH DI KULIAH, PAYAH PAS MAEN GAME, KALIAN NGAPAIN AJA ?

Dan sebuah kata selanjutnya, membuat saya tersenyum simpul ..mungkin sudah waktunya saya mengurangi kebiasaan yang satu itu..

Advertisements

One thought on “YOU LOSE

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s