STEEL IN REAL TIME

Setelah menyelesaikan ujian akhir saya sebagai mahasiswa, saya bernazar , untuk sesegera mungkin pula menyelesaikan semua film, anime , tokusatsu dan serial tv ( dan beberapa hidden movie )yang sekarang sudah memenuhi laptop saya.

Dan untuk awal, saya memilih dua film terbaru, yang saya yakin kebanyakan pembaca sudah menontonnnya di bioskop, atau bahkan beberapa teman saya sudah mengkhatamkannya lewat hasil unduhan.Sementara saya yang sok sibuk ini baru sempat mengkhatamkannya tadi pagi, Dua film yang kebetulan sama sama bersetting di masa depan, dan bisa saya golongkan dalam satu genre, genre favorit saya : science fiction :

REAL STEEL, dan IN TIME

Real steel bercerita tentang Charlie, mantan petinju, yang sekarang sibuk mengadu nasib di pertarungan robot. Ambush, robotnya yang pertama hancur di tangan di tanduk banteng hitam besar. Robot yang selanjutnya noisy boy yang digadang2kan sebagai salah satu ‘mantan’ robot terkenal juga bernasib kurang lebih sama, padhal , robot ini didapatkannya setelah ‘menjual ‘ putranya sendiri.

Masuknya max, putranya, dan ATOM, robot generasi kedua yang didapatkan max dari tempat pembuangan sampah ini ini dalam kehidupannya, membawa Charlie pada petualangan baru, musuh baru, dan pertarungan baru.
Akankah Charlie , max dan atom, muncul sebagai pemenang?

Secara subjektif, saya sangat menyukai film (dan apapun) yang berbau robot-robotan, masa kecil saya yang sangat bahagia, membawa saya sudah untuk melepaskan dunia seperti ini, sehingga film ini langsung mendapatkan respon positif dari saya.

Hal lainnya yang membuat saya tertarik adalah begitu banyak hal2 berbau jepang yang muncul di film ini. diantaranya, noisy boy, pertama kali di kendalikan oleh max dalam bahasa jepang, dan penampilannya pun serupa dengan armor para shogun di jepang. Selanjutnya, tak mashido, otak dibalik sang raja robot petarung, zeus. Tak lain tak bukan adalah seorang jepang. Dan yang tak kalah penting, nama robot yang menjadi tokoh utama film ini. ATOM. Ya, para penggemar manga pasti tau, diapa itu atom. Tak lain tak bukan, dia merupakan salah satu robot terkenal, karangan ozamu tezuka.

Kebetulan>? entahlah. saya tidak meriset lebih lanjut

Tapi selain hal diatas, tentunya ada beberapa klise yang masih muncul di sini, seperti pecundang yang akhirnya menjadi pemenang- robot sampah yang ternyata langka, yang juga sering kita temukan sebagai formula utama di beberapa shounen manga. Konflik bathin antar karakter juga tidak dibuat begitu mengaduk-ngaduk, sehingga dilm ini terasa datar, dengan ending yang hampir bisa ditebak.

Tapi buat para penggemar robot, jejepangan dan mungkin juga… tinju, film ini layak untuk di tonton

Jenius! Adalah kata yang harus saya lontarkan untuk sang penulis naskah yang juga merangkap sutradara film INTIME. Pribahasa, WAKTU ADALAH UANG, berhasil diramu sedemikian rupa menjadi sebuah ide fim yang luar biasa.tertus terang, saya iri..

Selamat datang ke dunia dimana WAKTU adalah alat tukar dan alat pembayaran

Bagaimana kalau pemuda tampan yang dibesarkan di daerah miskin waktu, bertemu dengan gadis putra billionaire waktu?

Apa yang akan kita lakukan seandainya kita punya begitu banyak waktu ? melakukan semua hal yang kita ingin, ataukah membiarkan orang lain menentukan apa yang kita lakukan di waktu kita tersebut?

2 pertanyaan diatas mungkin sudah cukup mewakili apa yang terjadi di INTIME, sekali lagi sebuah ide yang luar biasa.

selain akting justin timberlake yang mumpuni, secara subjektif, masih ada beberapa hal yang janggal , entah sengaja dibiarkan terlewat atau memang terlewat oleh orang-orang dibalik layar. Atau lebih gawat lagi, memang saya sendiri yang melewatkannya?

1.Siapa dan apakah ayah will? Sepenting apakah ? sampai leon, sang time keeper mengenalnya baik. Dan apa yang sudah dilakukannya, dan apa penyebab kematiannya ?

2.Bermain dengan waktu, di film, memang sedikit riskan. Terkadang bisa menjadi ‘lubang’ yang cukup besar. Apalagi kalau filmnya sendiri memang mementingkan waktu itu sendiri. beberapa adegan terlihat mengingkari waktu.

3.selanjutnya, kalau begitu banyak uang beredar akan menyebbakan inflasi, bagaimanakah dengan waktu?
Sikap ke robin hood robin hoodan pasangan ini untuk merampok dan membagi-bagikan waktu, bisa saja terlihat positif di awal,Tapi bagaimana dengan efek di belakangan> kemalasan, ketergantungan, bahkan chaos bisa saja terjadi jika kita kembali ke analogi: waktu adalah uang

dan sampai di akhir, sepertinya, penulis dan sutradara tidak menjelaskan hal tersebut.

Tapi, apapun itu, film ini paling tidak untuk sementara waktu akan membuat saya belajar satu hal:

Kurangi tidur

terakhir, jika intime dan real steel di tempatkan dalam satu ring, real steel mungkin bisa menghantam in time dengan pukual penuh spesial efeknya, tapi sebagai penonton, saya akan memilih intime..

Leave a Reply

