HERO’S JOURNEY : GALAU INITIATION

“beb, snacknya udah ?”

sebuah pertanyaan dari dewi membuat saya menjadi sedikit galau, karena hampir dalam setiap kepanitiaan yang saya ikuti ( yang itu hanya sedikit sekali) saya belum pernah tergabung dalam seksi konsumsi. Kalaupun anda semua melihat nama saya tertera disana, itu merupakan fiktif belaka, atau semacam konspirasi untuk menguasai dan membinasakan apa yang disebut konsumsi tersebut.

“belum beb, nyari dimana ya?”

Dan dewi yang akhirnya melibatkan pasangan lesbinya, suci, ( serius, kalian udah cocok banget, ga pernah kepikiran apa buat jadi lesbi ? LOL ) untuk menjadi divisi konsumsi dalam perhelatan akbar yang akan di helat beberapa hari setelah waktu itu.

suci , yg jilbab. dewi yang non jilbab

Perhelatan akbar yang disebut ujian akhir, sidang, ujian tesis, ujian skripsi atau apalah namanya, dengan penganten korbannya yang tak lain tak bukan adalah saya sendiri
**

Kalau ada yang bilang saya tidak galau dalam menghadapi perhelatan ini,
Maka , saya katakan mereka salah
Saya galau
Tapi kegalauan untuk perhelatakan akbar ini lebih banyak tercurah pada galaunya saya kehilangan rambut ala manga saya dan galaunya saya akan snack buat penguji.

Dan setelah snack sudah diatur oleh dewi dan suci. Maka level galau pun pindah ke level galau yang seharusnya sudah muncul sejak awal : galau karena takut skenario terburuk terjadi dalam perhelatan besok.
**

Malam sebelum perhelatan, saya masih sempat ngebakso bareng dewi( walau saya makan nasi goreng, dan dewi batagor), setelah sebelumnya membeli jeruk mandarin sebagai penyempurna estetika penyajian snack ( ini teori si dewi, dia percaya kalau ini urusan cewe, bukannya saya mau mengadu domba, tapi dia sempat bilang cowo ga punya estetika!). setelah ngebaso, si ade dan ulil yang datang belakangan pun tiba tiba mendapat ide baru : NGEDUREN

Jadilah, kami, anak manusia menghajar 4 duren ukuran kecil di pinggir jalan bilangan pasar baru pauh padang, sumatra barat
Setelah makan duren, sebuah telpon datang dari yahya ( figuran lainnya ) untuk ngopi2 sejenak di tampek gaek, kios nasi goreng paling enak di seluruh dunia, karena banyak paket gratisannya. Dan taukah anda, ternyata malam itu mahluk bernama si gaek ini pun ternyata ikut latah menyediakan duren di depan kiosnya

Dan bisa ditebak, malam itu saya menghajar beberapa buah duren lagi.

Sambil tetap galau dan percaya : ada kemungkinan skripsi saya yang terlampau sederhana ini tidak diluluskan. Sebuah scene di lord of the ring: Fellowship of the ring

YOU SHALL NOT PASS…

Muncul di kepala saya.

**

Kita skip pagi saya yang diiisi kegalauan menyiapkan bahan2 formalitas untuk ujian yang tiba-tiba kurang disana sini, diikuti membaca lagi skripsi saya dari awal sampai akhir yang ternyata juga terdapat banyak kekurangan disana sini. Dan ya, saya makin galau

Siangnya, satu jam sebelum perhelatan dimulai , di depan jurusan :
1. Dewi dan suci sudah heboh2 soal saya yang masih belum ganti baju, saya masih pake kaos batman forever bulukan dan jeans hitam ( yang tak kalah bulukan )
2. Dewi dan suci protes soal baju kemeja didalam tas
3. Dewi pun memaksa saya untuk pakai kemeja, ternyata saya ganteng juga kalo begini
4. Dewi dan suci protes kenapa saya pakai jeans hitam, bukan celana kain
5. Dewi dan suci memaksa saya menelpon ronal, yang saya sudah berjanji meminjam celana kain dari mahluk ini
6. Yahya, ronal, padil, bang han, kak nol dan kawan-kawan lain datang sebagai pemandu sorak perhelatan ini, dan dewi dan suci memaksa saya mengganti celana jeans hitam dengan celana kain milik ronal
7. Saya menggantinya, namun ternyata celana ronal lebih menyerupai leging buat saya, saya ganti lagi dengan jeans hitam.
8. Dewi dan suci, juga yang lain protes.saya kemudian bercerita tentang fakta leging tadi
9. Dewi dan suci, dan yang lain tertawa, terutama ronal. Dia senang mendapat pengakuan dan bukti otentik, kalau saya jauh lebih besar dari dia

Tak lama,semua penguji saya pun memasuki ruangan, sementara saya masih diluar dengan mahluk2 aneh ini. Saat inilah,setelah kegalauan akan kostum, level galau kembali ke tingkat seharusnya : galau akan apa yang terjadi didalam, apakah saya mampu menjawab semua pertanyaan? Apakah tulisan ini bisa saya pertanggungjawabkan ?

Dan ketika nama saya dipanggil. Anak kucing, kupu-kupu bahkan ulat bulu bercampur aduk bermain di perut saya. Tiba-tiba saya mual.sampai, beberapa tangan yang terhulur memberi semangat di depan pintu neraka tersebut, tak terlihat bagi saya. Saya mual. Saya sangat galau

**

HELL AWAITS? BE COOL

Sebuah aji pamungkas dari master edria, seorang dosen saya yang nyambi jadi kamen rider, yang awalnya berencana ikut membantai saya di perhelatan akbar ini namun gagal , saya coba terapkan ketika saya duduk dibangku ruang sidang ini. Sukurlah, ruangan ini tidak terlalu asing bagi saya. Iklimnya sudah lumayan bersahabat.

Saya yang tiba2 menjelma menjadi seorang ksatria, menatap 4 naga yang harus saya taklukkan dalam ujian ini
1. Buk ses, naga petir, harry potter freak, yang ditakdirkan sebagai ketua pembantai penguji skripsi saya yang juga membahas karakter severus snape, salah satu karakter di harry potter.
2. Bang gin, naga air, dosen muda penggemar fantasy dan science fiction, game dan juga seorang rocker. Jujur, ini Naga yang paing saya takuti hari ini!
3. Buk eva, naga api. Naga yang menyemburkan api. Ketua jurusan sastra inggris.dimana saya berkuliah
4. Buk liza, naga langit, dosen pembimbing saya, yang sudah mempersiapkan saya dengan segala macam senjata dan ajian untuk mengalahkan 3 naga lainnya

Dan pertarungan pun dimulai!

Saya membuka presentasi saya ( dalam bahasa inggris seadanya )dengan ucapan terima kasih dan sedikit curhat akan susahnya saya bangun pagi, karena itu saya beruntung diuji siang ini.selanjutnya saya pun bercerita sedikit tentang skripsi saya yang membahasa perjalnaan severus snape, sebagai anti hero di harry potter dengan mengacu pada teori perjalanan sang pahlawan joseph campbell di bukunya hero with thousand faces. Bingung? Bacalah dengan pelan, dan tempatkan tanda baca dengan tepat, karena saya bermasalah dengan hal itu!! Dan presentasi saya tutup dengan sebuah kalimat yang terjemahannya kira-kira begini:
kalau terkadang pahlawan, tidak datang dengan armor mengkilap, atau memakai kostum rapi. Sang pahlawan bisa saja memakai jubah tua atau baju biasa,jeans. dan datang dengan rambut panjang dan berantakan. Tapi, ketika kita melihat apa yang sudah dilakukannnya, barulah kita tau kalau dia adalah pahlawan.

Pertanyaan dibuka oleh buk ses sebagai ketua penguji, sukurlah saya bisa menjawab hampir semuanya, walau dengan bahasa inggris yang patah patah. Pengetahuan buk ses akan harry potter cukup membantu saya menjelaskan apa yang saya maksudkan. Selanjutnya beberapa pertanyaan dari bang gin cukup merepotkan saya, namun saya masih bisa menjawabnya dengan pancaran energi yang tersisa ( tadinya diatas 9000!!), terutama masalah apakah snape sebagai anti hero benar-benar punya phase return sama halnya dengan harry potter sebagai traditonal hero? Untunglah, buk liza, sang naga langit bisa membantu saya menjelaskan nya like a boss!! Selanjutnya, saya pun mendapat bebrapa masukan untuk grammar saya dari buk eva, setelah sebelumnya beliau meminta saya menjelaskan dan menunjukkan apa itu DATA.Terakhir, di kesempatan buk liza, dengan sangat ajaib beliau Cuma mengajukan satu pertanyaan yang sangat luar biasa:

KALAU KAMU BILANG ANTI HERO BISA MUNCUL DENGAN RAMBUT DAN GAYA BERANTAKAN? KENAPA KAMU JADI TAMPIL RAPI KAYA GINI? KENAPA KAMU MMEUTUSKAN JADI TRADITIONAL HERO?

Penguji yang lain tertawa, mau tak mau, saya pun ikut tertawa, dan kemudian saya menjawa: FOR GREATER GOOD

Yang akhirnya menutup sesi perhelatan saya sore itu.
*
Saya disuruh kembali kedalam ruangan untuk mendengar keputusan para naga akan hasil ujian saya, dan benar apa yang dikatakan oleh beliau-beliau, kalau saya tidak akan mempercayai hasil ujian saya. Ya, saya benar benar tidak percaya, bahkan sampai buk ses sebagai ketua penguji membacakannya. Susah, Karena semuanya memang tidak mudah.semuanya sempat bikin saya GALAU.
Persis seperti apa yang di tulis bang gin di skripsi saya yang dikembalikan kepada saya setelah ujian

“ONE DOES NOT SIMPLY PASS THE TEST AND GET A”

tepat di sebelah gambar kepala songoku yang sudah berubah jadi super saiya
Ya, epic comment is epic

NB : terimakasih untuk sejuta doa. Dari kedua orang tua yang masih saya persulit sampai saat ini. Dosen yang bahagia melihat saya ikut sidang, kawan2 , senior dan junior yang bersemangat mendukung saya, bahkan mungkin lebih semangat mereka dibanding saya, buat tukang koran, tukan buah, ope warnet, apak roti bakar, mas baso, ajo sate dan uni kadai dan uda uni gorengan yang ikut mendoakan saya,para, fans, PARA PEMBACA BLOG INI, dan juga buat semua pihak yang membantu suksesnya perhelatan akbar saya ini. Sekali lagi, terimakasih.

14 thoughts on “HERO’S JOURNEY : GALAU INITIATION

  1. Sungguh suatu tulisan yang sangat menarik! Ternyata atas nama perhelatan, dimana2 sama aja yaah. Menegangkan dan merepotkan! Tapi kl hasil akhirnya seperti ini, rasanya cukup layak bukan?
    But anyway…Congratulation! ^_^

  2. ternyata setelah disidang bersama 4 naga…sang pahlawan bertubuh gempal pun terlihat kurusan…apakah para naga itu menyemburkan api…sehingga kadar air di dalam badan sang pahlawan menyusut??

    LOL

  3. rayess..congrats lulus, walau ndak ada di lokasi kejadian, biso ngerasain aura2 para naga dan seorang hero yang gagah berani.

Leave a Reply

