LUCU


Apa sih definisi lucu menurut para pembaca?

Kalau balik lagi ke saya, maka Saya sendiri berpendapat, lucu itu adalah ketika ada sesuatu yang tidak biasa, sesuatu yang tidak ditemukan di orang banyak.

Aneh? Mari kita lihat….

Belakangan, ada sesuatu yang lucu sedang happening di Negara saya , namanya stand up comedy,, sesuatu yang sudah lama terkenal di Negara yang bukan Negara saya. buat yang belum tau, itu sebuah jenis lawakan yang berbeda dengan lawakan yg biasa kita liat di Indonesia, para comic ( sebutan untuk pelaku stand up comedy ini ) menghasilkan kelucuan bukan lewat balas-balasan pantun, celetukan setelah diumpan atau lewat penghinaan terhadap lawan main. Joke keluar lewat permainan kata, sindiran terhadap keadaan sosial, yang hebatnya dilakukan sendirian, didepan orang banyak. Sehingga sebagian berpendapat (dan bangga) kalau stand up comedy adalah komedynya orang kelas atas, yang cerdas dan berpendidikan. Saya pribadi tidak setuju dengan hal itu, karena sangat lucu kalau langsung menjudge stand up comedy lebih pintar dari komedi lainnya. saya suka standup comedy, tapi saya tidak lantas menyebut komedi lain sampah, karena semua komedi adalah acara yang butuh pemikiran cepat, dan cerdas. Pendapat selanjutnya adalah kalau comic ( pelaku stand up ) adalah orang2 lebih pintar dibanding comedian lainnya. Sungguh lucu, karena dalam beberapa kali kesempatan saya tidak bisa tersenyum melihat penampilan para comic, namun masih bisa tertawa ngakak melihat kejeniusan comedian dengan improvisasinya di acara lain. Mungkin seperti yang mereka bilang, saya tidak pintar makanya tidak tertawa, atau mungkin, mereka lupa, saya yang terllau pintar ini tau kalau mereka TIDAK SELALU LUCU.

Selain standup, ada satu hal lagi yang lagI lucu lucunya, namanya 9gag, Situs yang penuh gambar dan tulisan lucu dari berbagai belahan dunia. Kenapa 9gag? Dalam bahasa inggris gag ini artinya lelucon. Dan tiap halaman menampilkan 9 gambar/tulisan lucu. Gambar di 9gag itu meliputi hampir semua aspek kehidupan, tapi kebanyakan bahan adalah dari film, games dan buku-BUKU yang akrab dengan dunai para geek. Awalnya sangat sedikit sekali orang yg ngeh dengan 9gag, tapi lama kelamaaan, sepertinya semua orang disekitar saya sudah dicuri jiwanya oleh situs luar biasa ini.

Namun yang paling lucu dari 2 hal diatas adalah, bahwa kedua hal lucu ini sekarang sudah menjadi korban latah latahan ala Negara saya. saya tidak tau ini mengarah positif atau negative, tapi sepertinya semua orang sekarang sudah sibuk dengan stand up comedy. Dan parahnya, sebagian merasa kalau mereka adalah orang yang paling mengerti dengan standup comedy, orang yg punya selera humor paling tinggi, paling pintar. Sehingga berhak buat menjudge komedi lain itu murahan dan sama sekali tidak ada lucu-lucunya. Lucunya, buat saya orang2 yang seperti inilah yang paling lucu.

Lucu juga, ketika semua orang berlomba-loma memenuhi facebook dengan postingan dari 9gag, padahal kebanyakan dari kita sudah dari sana. Entahlah, mudah2an ini bukan latah latahan saja.mudah2an tidak ada yang menganggap 9gag dan stand up itu syarat gaul. Sama yang terjadi pada behel bebe dan kamera SLR belakangan ini.

Sekarang, kembali ke definisi lucu secara asal dari saya, ketika kebanyakan orang sudah berada di posisi itu, memiliki hal yang lucu, maka saya pikir tiu sudah tidak lucu lagi. Atau paling tidak, sudah berkurang tingkat kelucuannya

Kalau di dunia yang penuh dengan orang bercelana, maka orang tak bercelana akan menjadi tertawaan, bisa termasuk kategori lucu,
Namun ketika terjadi didunia yang dipenuhi orang tak bercelana. Maka tak bercelana sudah tak lucu lagi.

Lucu? Mungkin lebih lucu dari buku raditya dika terbaru, yang dalam beberapa hari saja lucunya udah sold out di gramedia

Leave a Reply

