BANGUN DONG LUPUS*

Siapa yang tidak kenal dengan remaja cungkring, berambut jambul ayam, hobi mengunyah permenkaret dan memakai tas kedodoran ini ?

Ya, di adalah LUPUS, walaupun boleh dikatakan dia adalah icon remaja 80 an, namun generasi sesudah itu pun masih mengenal dan mengidolakan dirinya. Karena lupus memang gambaran seorang remaja yang ‘ideal’ : jahil, santai, gaul, dan tentunya sedikit rebel!

Siapakah sebenarnya lupus ? lupus adalah karakter fiksi bikinan ( mas) Hilman Hariwijaya di yang awalnya hadir dalam cerita terpisah di majalah HAI, yang kemudian muncul dalam bentuk novel remaja pada tahun 1986 dibawah judul : TANGKAPLAH DAKU KAU KU JITAK . selanjutnya kisah kehidupan remaja kocak yg juga wartawan freelance ini pun terus menerus mencetak hits , Buku-buknya lupus memang laris manis, karena seperti yang sudah di tulis diatas, lupus memang mewakili remaja, kapanpun itu, persahabatan, masalah dengan orang tua, masalah uang saku , pacar, semuanya hadir dalam lupus, sehingga para pembaca yang umumnya remaja merasa sangat dekat dengan lupus, gaya penulisan hilman yg lucu dan kocak, penuh tebak-tebakan dan plesetan pun membuat lupus menjadi buku yang beda dengan novel remaja kebanyakan,konflik sampai penyelesaian masalah semuanya begitu menarik, mudah dan mengalir, sama halnya dengan lupus yang selalu tertawa di sepanjang harinya, tak ada beban. tak heran setiap buku lupus pun mengalamai cetak ulang sampai beberapa kali. sampai awal 90 an muncullah lupus kecil dan lupus abg dengan pangsa pasar generasi baru setelah 80 an. Disambung trilogi cinta lupus yang dikemas apik dalam boys don’t cry, bunga untuk poppy dan candlelight dinner , serta lupus millenia yang muncul setelah 2000 an tetap menjadi hits yang selalu habis di borong di toko buku manapun .

Namun dimanakah lupus sekarang ?

Setelah serial lupus millenia, PDKT ( 2002 ) sepertinya lupus tertidur pulas, lupus sepertinya terlarut dalam mimpi indahnyan sampai membiarkan para fansnya menunggu kembali kehadiran kisah-kisahnya, bagaimana lupus dan adiknya lulu menjalani hari-harinya dengan tawa dan canda, repotnya urusan katering mami,susahnya berurusan dengan mr.punk, pahitnya perjalanan cinta si playboy boim,dan hubungan aneh antara gusur dan fifi alone yang juga seaneh rambutnya adi darwis, kisah cinta abadi lupus dan poppy, serta seabrek kisah lainnya yang diharapkan para fans hadir kembali di hadapan mereka.

Penantian itu pun terjawab setelah tahun 2005 lupus kembali muncul dengan CINTA SEORANG SELEB yang menceritakan perjalanan lupus dalam mendapatkan berita dari seorang seleb bernama’ dian katro’, berlanjut perasaan cinta antara lupus dan dian dan sayangnya berujung seperti sinetron indonesia. Lupus kembali, namun seperti bukan lupus, walau masih ada kekhasan lupus disana, namun berbeda, bahkan sosok lupus yang di visualkan lewat gambar pun sangat berbeda, benar-benar bukan lupus.

Setelah itu, lupus pun kembali tertidur, sampai tahun 2007, anak ini kembali muncul dengan titel LUPUS RETURNS : CEWE JUNKIES .menunjukkan niat dan memberi harapan besar kepada para fansnya kalau hero remaja ini akan kembali lagi untuk mengisi hari –hari para remaja indonesia.

Namun, sepertinya mimpi itu terlalu berlebihan, karena lupus belum benar-benar return, karena apa yang dihadirkan di cewe junkies, bukan mengembalikan lupus, tapi lebih seperti membawa tokoh baru yang berusaha mirip lupus, tokoh baru yang kebetulan saja memiliki temnan gusur dan boim, tokoh baru yang kebetulan saja bersekolah di SMA MERAH PUTIH, tapi bukan lupus.

Kisah yang benar-benar sinetron dan terkesan di paksakan , tebakan dan humor yang rada garing,serta hilangnya beberapa tokoh dan unsur-unsur penting membuat kembalinya lupus, Cuma menadi euforia sesaat bagi para fans, seperti segelas eskrim di tengah padang pasir, terlihat menyegarkan , namun setelah dinikmati, kita akan kembali kehausan.

Sekarang tahun 2010, 3 taun setelah lupus terakhir muncul kehadapan kita, tak ada lagi-lagi tanda lupus akan returns atau bangun dari tidurnya. Kita fansnya akan kembali bertanya-tanya , apakah masih ada lupus yang akan mewarnai hari –hari kita, dan generasi2 selanjutnya, atau generasi kita hanya akan di cekcoki sinetron2 yang tak jelas ujungnya ?

Lebih jauh lagi, menurut para lupus mania, apakah kita benar-benar berharap lupus bangun dan kembali ke hadapan kita, namun dengan segala macam perubahan yang harus kita maklumi, karena, zaman juga berubah atau kita membiarkan lupus tertidur dalam istana yang indah yg sudah dibangunnya ?

*judul dicomot dari salah satu serial lupus dengan judul yang sama persisi

NB : terimakasih untuk mas hilman yang sudah sukses ‘membentuk’ seorang anak manusia sampai menjadi seperti ini,terimakasih banyak, sampai2 jurusan yg dipilihnya pun terinspirasi dari pilihan lupus .walalupun sekarang lupus masih tertidur, saya angkat topi buat mas hilman : belum ada penulis indonesia yang mampu membuat tokoh sefenomenal lupus…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s