bayarlah dengan uang pas-pasan..

disclaimer : Tulisan berikut ini, akan lebih bermanfaat bagi para mahasiswa, pelajar maupun orang tua yang ditakdirkan untuk kemana-mana dengan bantuan angkot dan bus kota mengganti ritual olahraga tetap mereka yaitu : berjalan kaki, namun tidak tertutup kemungkinan akan memberi kontribusi yang tidak sedikit kepada pemilik kendaraan roda dua , baik milik pribadi, golongan maupun milik orang lain,karena ada kalanya para pemilik kendaraan pribadi pun harus merasakan berangkot dan berbus kota ria.apalagi ketika hujan sedang rajin menemani kita ditiap sore bulan2 berakhiran –ember- ini..

Mari kita mulai !! angkot dan bus kota bukanlah milik nenek moyang kita, tapi juga bukan milik nenek moyang orang lain !! sehingga hampir setiap yang menaiki 2 benda transportasi tersebut akan di mintai bayaran yang biasa di sebut ONGKOS

Nah, kadangkala tarif angkutan kota yang lebih kita kenal dengan ongkos ini dirasakan agak kurang berkompromi dengan kantong kita , apalagi jika kita naik angkot di tanggal 27 – 30 tiap bulannya, para pembaca yang telah tersesat sebagai mahasiswa saya yakin mengerti akan hal itu!
nah, lewat tulisan inilah kita mencoba menyiasati bagaimana kita memperoleh ongkos angkot dan bus kota yang sesuai dengan isi kantong kita, saat kita lagi tidak punya uang namun harus sampai di rumah , tentunya tanpa merugikan hajat hidup orang banyak, apalagi memakan korban jiwa !

1. ketika menaiki angkot, duduklah di samping supir yang sedang bekerja mengendali angkot supaya baik jalannya, lalu sepanjang perjalanan ajaklah si supir untuk bercakap-cakap tentang fenomena sosial di sekitar anda, misalnya tentang kenaikan harga BBM, sepinya penumpang , atau pembicaraan yang sedang hangat yaitu tentang kisah mistis pasca gempa padang…jangan anda merasa begitu pintar dengan menggunakan istilah yang SULIT DIMENGERTI semacam hegemony, pragmatic apalagi dosen semantic , karena tidak semua orang mengerti akan hal itu, sehingga bisa menyebabkan jarak anda dan supir menjadi semakin jauh. kalo anda berhasil, maka ketika anda turun, anda cukup membayar 50 % dari ongkos normal dan si supir tidak akan protes karena anda sudah menjadi lawan bicara yang baik sepanjang perjalanan, !

2. di angkot, duduklah di dekat pintu keluar angkot yang biasanya juga berfungsi sebagai pintu masuk, nah, sepanjang perjalanan , cobalah untuk menjadi asisten sang supir, secamam “ kateh diak ?” “luruih ?” “balimbiang ?” “ pisang “ “ cimangko?” “ talua asin ?”atau tetap diam sambil menggerakkan telunjuk anda ke arah bersangkutan.dan ketika para penumpang naik,jangan lupa untuk bilang “ lanjuuut !!” nah, kalau anda berhasil melakukan hal ini, maka jangankan 50 % diskon, anda busa saja mendapat tumpangan gratis, dengan bilang “ kasih da…” atau “ makasih mak..” dan percayalah..si supir ikhlas akan hal itu..

3. masih memanfaatkan kedekatan posisi duduk dengan sopir seperti point 1, tapi ini lebih disarankan untuk para perokok! Ketika merokok, jangan lupa untuk menaruh rokok anda di dekat supir dan mengajak beliau untuk merokok bersama, hal ini akan membuat anda lebih dekat dengan sang sopir, karena lewat ini beliau merasa lebih dihargai dan di hormati, dan effectnya ketika anda mau membayar, beliau akan menolaknya !!! karena mungkin beliau sudah menganggap anda menjadi bagian dari keluarganya.. walau ini tidak selalu berhasil tetapi layak untuk di coba !!!

4. tips no 4 Cuma berlaku buat yang turun sebelum pemberhentian terakhir.kalau anda mau menjalankan tips nomor 4, ketika menunggu angkot, jangan pernah terlihat sendirian, usahakanlah anda menunggu di dekat orang2 yang sudah bergerombol, ketika orang itu naik, anda ikut naik, nah ketika anda turun langsung saja bilang ke supir “ LAKANG BAYIA DA ! ” dan langsung melarikan diri !! tidak akan ada keraguan pada diri sopir karena anda tadi naik bergerombol,dia Cuma akn menebak-nebak yang mana teman anda, sementara penumpang bakal berpikir, oo ini temannya si A yang baju kuning, sedangkan si A berbaju kuning akan mikir, itu temannya si B berbaju biru..sementara itu, anda sudah selamat sampai di tujuan..

5. bagi yang turun di tempat pemberhtian akhir akan lebih mudah, karena biasanya relative rame, saat orang berdesak-desakan untuk membayar ongkos, SELAMATKAN DIRI ANDA !!! namun saya sama sekali tak menganjurkan yang satu ini ….

6. yang berikut ini musti di praktekkan dengan seorang partner atau lebih..ketika anda turun, mulailah untuk bermain drama dengan kalimat awal : “gw aja yang bayar” dan teman anda akan mengikuti dengan “biar gw aja deh” begitu juga teman2 yang lain, tapi, jangan sampai ada yang benar-benar membayar! Berusahalah mengulur-ulur waktu sampai sopir akan meninggalkan anda dengan kesal,,atau lebih hebatnya lagi penumpang lain akan berteriak “ JALAN PAK SOPIR !!! GW YANG BAYARIN MEREKA SEMUA !!” dan misi anda berhasil ..

7. ketika anda menaiki bus kota carilah bus kota yang sudah penuk sesak, dan usahakan untuk berdiri di area yang berada diluar jangkauan kenek, biasanya ketika penuh sesak , sang kenek tidak akan mendatangi anda satu persatu, tapi hanya mengulurkan tangan, menggapi-gapai, sambil bersiul2 yang berbunyi “ongkos..ongkos” bagi yang di colek silahkan membayar, itu berarti masih dalam area jangkauan, sedangkan bagi anda yang berada di luar area jangkauan, anda akan aman !!

8. khusus cowo, pakailah baju hitam dengan motif tribal ataupun foto band-band terkenal semacam st12 dan kangen band dengan ukuran ngepass di badan anda,lengkapi dengan kalung, beberapa gelang tangan, kalau busa tindiklah di beberapa bagian muka, sebatang sampurna di kuping akan menambah kesempurnaan gaya anda, !! dan ketika kenek menadahkan tangan ke hadapan anda, YANG PERLU ANDA LAKUKAN CUMA MENGANGGUK,,percayalah, kebanyakan stokar akan langsung mengerti.

9. usahakan anda selalu menyediakan uang pecahan raksasa di dompet anda ( 50.000 / 100.00) dan gunakan itu untuk membayar ongkos! Ini berlaku untuk bus dan angkotan kota. Biasanya supir dan keneknya akan mengembalikan uang anda dan membiarkan anda duduk gratis disana.*akan lebih efektif jika diamalkan di pagi hari*

10. usahakan untuk tidak makan dalam beberapa jam sehingga anda terlihat pucat , berlari2 kecil lah sampai anda berkeringat sehingga debu dan kotoran mudah nempel di muka anda yang berminyak.tunggulah sampai matahari terbenam,selama perjalanan usahakan untuk diam, dan turunlah di hotel ambacang atau gamma tarandam tanpa pernah menoleh kepada si supir !! biasanya supir akan membiarkan anda pergi begitu saja,ini Cuma berlaku untuk angkot yang melewati 2 tempat tersebut….

SEDIKIT CATATAN :

1. tips diatascuma berlaku untuk daerah PADANG dan sekitarnya, natal + 1 menit, padang sidempuan + 2 menit, sedangkan untuk daerah di luar itu,walau relative sama, akan mempunyai beberapa perbedaan yang cukup signifikan, silahkan jika anda mau mengamalkan,Cuma……… be creative !!!
2. kebanyakan akan lebih pas kalau di praktekkan cowo, Cuma beberapa yang pas untuk diamalkan oleh kaum wanita..
3. beberapa percakapan pada tips menggunakan bahasa minang totok untuk mendapatkan sense yang lebih pas! jadi jika kesulitan silahkan bertanya pada para ahli bahasa yang akan segera menjadi bahasa internasional ini atau silahkan beli KBBM ( kamus besar bahasa minang ) di toko buku terdekat, atau silahkan mengunduh kamus minang freeware di beberapa situs resmi yang bisa anda tanyakan pada mbah google si kakek segala tau !
4. jangan mengulang tips yg sama dalam 1 hari, ataupun dengan angkot/bus yang sama, karena itu akan menimbulkan bahay kepada diri anda!! Gunakan tips yang bervariasi, angkot yang bervariasi dan rentang hari yang cukup signifikan, percayalah .INI LEBIH AMAN BUAT ANDA..
5. Keberanian, kecepatan dan ketelitian dalam bertindak, sangat memegang peranan penting dalam mengamalkan tips ini ini
6. sekali lagi, Lakukanlah tips diatas cuma saat anda sedang terdesak oleh dana ataupun saat nyawa anda, keluarga ataupun orang yang anda cintai dalam bahaya! ..diluar itu, BERLAKULAH DALAM KORIDOR YANG TELAH DIGARISKAN. nan diukua nan di garih, Nan bagarih nan bapaek…
7. Bayarlah ongkos dengan uang pas
8. Anda sopan, kami pun segan

Advertisements

2 thoughts on “bayarlah dengan uang pas-pasan..

  1. Bg..dah mampir nich…gantian ya ntar abg yg mampir ket4 nya au..

    btw ttg karyanya keren.. imaginative..ludchu juga..tapi kayaknya abg lebih cocok nulis artikel ketimbang cerpen coz rada sering jumping idea ceritanya..tapi nga papa kok terus belajar-belajar-belajar-soalnya au tau bgt susahnya bikin cerita..T_T

    ini dah bgus bgt, cerita au ampe sekarang belum selesai akhirnya yg banyak ditulisa cm artikel2 kosong…untuk lebih jelasnya (kekosongan artikel au) mampir ya ke http://www.dequeenbee.multiply.com
    ok..>_<

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s