A charming angel vs red hair little devil

Semuanya berawal ketika gw pulang kampung ke sebuah kota kecil bercurah hujan tinggi tapi punya sebuah bioskop yang selalu memutar film2 yang mengalahkan dingginnya hawa akibat turunnya hujan tadi. Dalam benak gw, ketika gw pulang, gw akan bisa sedikit nyantai di rumah, setelah seminggu melewati kepadatan rutinitas kuliah, 2 buah diskusi yang udah gw anggap gagal, satu di sabotase, yang satunya dikritik abis-an karena sentimen pribadi.baiklah, bukan itu yang kita bahas, pokoknya, misi gw pulang adalah untuk meraih kesenangan duniawi !!!
Ternyata ….semua kebahagiaan yang ada di otak gw berubah jadi bencana dengan kedatangan mahluk kecil ini !!
Namanya POPON.Mungkin kalian ga bakaln percaya kalo mahluk yang ( sok ) imut yang bakal gw certain ini ini baru berumur 1 tahun 18 bulan.. sebuah umur yang ( setidaknya bagi gw ) cukup mengejutkan untuk melakukan berbagai macam tindakan tidak manusiawi yang akan gw ceritain di bawah. Mahluk ini berbeda dengan mahluk sebayanya, setidaknya dari rambutnya: rambutnya dikelir dengan warna merah!! Yang menjadikannya pusat perhatian dimanapun dia berada! Mahluk ini bukan adek gw !! tetapi dia adalah kemenakan dari calon suami sepupu gw !! ( bingung ??? cobalah baca dengan pelan dan berhati-hati ).jadi dia adalah kerabat jauh gw yang gw sendiri baru tau keberadannya ketika tadi pagi kemaren dibangunkan oleh
SEBUAH TANGISAN YANG MEMECAH KESUNYIAN !!!
Jujur, gw ga begitu suka anak-anak, palagi balita. ,biasanya, kalau ada tamu balita di rumah. Gw bakal ngurung diri di kamar ataupun sok sibuk ini itu. tapi entah kenapa pagi itu gw tertarik untuk berkenalan dengan mahluk aneh ini .setelah basa basi ama calon suami sepupu gw, gw pun ngajak main popon, dan entah kenapa, nih anak akrab ma gw..malah langsung manggil gw dengan sebutan OM… suatu hal yang terdengar aneh, ketika dia manggil adek gw dengan sebutan..ABANG! Okelah, tampang ga bisa menipu dan ank kecil itu jujur.bisa dimaafkan !! nih anak asyik bgt, gw mulai berpikir begitu, karena selain memakai bahasa indonesia, dia bisa ngerti ama apa yg gw bilang. Vocab yang gw nilai keren buat anak seusianya.walau di ucapkan dengan patah-patah, namun masih bisa di mengerti..misalnya : OM RAY GANTENG..akan diucapkan dengan OM LAI NTENG..namun dia tidak pernah berkata begitu, itu Cuma sekedar contoh !!
Singkat cerita, ketika mentari mulai menampakkan sinarnya. Gw pun bawa dia jalan-jalan keliling kompleks. Misi awal adalah : MENCARI BALON. Ketika mo berangkat.sepupu gw ingetin : HATI-HATI DIA ITU BERBAHAYA !!! atau kalimat semacam itu …gw Cuma balas senyum, karena gw mikir..anak baek gini pasti takluk lah ama gw…Jadi kita muterin setiap warung di kompleks buat nyari mahluk bernama balon, namun apalah saya, tidak satupun menyediakan barang yg gw cari, yang ada malah DISETIAP warung yg gw singgahi gw harus nukerin uang gw dengan beberapa permen dan coklat
Kita pun melanjutkan perjalanan keluar kompleks, kea rah GELANGGANG OLAH RAGA, dengan harapan ada warung yg nyediain balon buat ‘keponakan ’ gw ini. Namun yg gw dapat Cuma pandangan warga sekitar yang gw terjemahkan dengan : MAHASISWA BERWAJAH OM OM INI SUDAH MERACUNI KEPONAKANNYA DENGAN WARNA RAMBUT YANG TIDAK PANTAS BUAT ANAK SEPOLOS ITU..

Okelah..lanjut. im cool….

Di gelanggang olahraga CHATIB SULAIMAN, atau yang lebih dikenal dengan BANCAH LAWEH, kebetulan ada beberapa kuda pacu yang lagi test drive. Gw ga tau, apa emaknya ngidem kuda pas ngandung dia, atau emang bercita2 jadi joki, nih anak teriak2 kegirangan pas kuda2 tu lewat di depan kita…
Waktupun berjalan, dan ketika gw piker nih anak dah cape jadi cheerleader test drive pacuan kuda. Gw pun bilang :
“ pon cape? pulang yu ?”
Anak imut ini jawab :
“ OM LANG JA LU, NTAL BALIK GI NI MPUT PON, PON MO NTON DA LU” ( ngerti kan ? bayangkan betapa mudahnya bahasa anak 2.5 tahun !!!)
“Ya udah, om disini dulu, nemenin pon” gw pasrah.dia tau,seperti kucing gw yang tegaan bgt ma gw… kalo gw ga setega itu.
Di lapangan basket ada beberapa ank ABG yang sedang bermain basket.mungkin karena dah lama banget ga main, gw jadi pengen main…dan kata-kata mahluk ini menjawab kegelisahan gw
OM, DUK TANA YUK !! perintah beliau sambil menunjuak bangku2 didekat lapangan basket.
“ as ur wish master..” gw langsung ngeboyong dia ke lapangan basket. Pas gw nyampe sana, kebettulan bgt tuh anak pada mo udahan, dan duduk dengan santai di pinggir lapangan. Gw pun minjam bola dan mulai shooting…
pas bola masuk ke ring , ternyata naluri cheerleader si popon kembali muncul..
“GI OM,,GI” yang gw tangkap sebagai “ LAGI OM..LAGI “.
“ bole juga ni anak “ pikir gw .
Dan gw pun makin semangat ngeshoot, dan setiap kali gw berhasil mesukin bola, dia bakal tepuk tangan dan bilang GI..GI…,beberapa saat kemudian, entah kenapa naluri pelatih gw bekerja dan mikir,”ni anak pasti suka basket, palagi rambutnya udah merah kayak sakuragi di manga slamdunk” dan… gw ngoper bola ma dia..sehingga kami berdua pun terlihat seperti GENDRUWO yang sedang main basket ama TUYUL BERKEPALA MERAH !!Ternyata gw benar..betapa semangatnya dia untuk ngejar bola dan menembak walau ga pernah nyampe ke ring..( ya iyalah !! 2 setengah tahun ini !!!), namun, beberapa saat dia berhenti
“pon pek om..”
“ ya udah, duduk di pinggir aja”

Gw pun mulai shooting2 lagi sendirian, di iringi tatapan Kagum para ABG disana ( sebuah contoh kalimat yang logis)
Namun tiba-tiba gw menyaksikan kejadian yang gw kalah keren dengan permainan basket gw..
SI POPON LARI KE SEORANG ANAK ABEGE COWO YANG NOTABENE PEMILIK BOLA DAN MULAI MELUDAH….
Si ABG keliatan kesel, Cuma pas gw datengin and bilang “ sorry” dia Cuma senyum-senyum maklum aja.sementara teman-temannya ketawa
“ POPON..MINTA MAAF AMA ABANG INI “ gw mulai kesel.mahluk kecil yang gw ajak bicara malah lari-lari di lapangan…” POPON..SINI!” mungkin karena takut ngeliat om nya yg tadi bae tiba2 berubah garang, dia mulai mendekat, tetapi sesaat kemudian…sebuah benda berwarna hijau pun hinggap d kepala gw. TUYUL ITU NYAMBIT GW PAKE SANDAL JEPIT !!! para abege terlihat puas dan melanjutkan ketawanya..gw pun tanpa pikir panjang ngambil lagi tu sandal dan mencoba membalas apa yang udah dia perbuat ke gw. MELEBAR SAUDARA-SAUDARA …
Dan dia pun mulai ngejek gw..”GAK NA..GAK NA..”
SIAL !! gw pun milih cuek, dan mulai melanjutkan shooting2 sendirian.mungkin karena dicuekin mahluk itupun ngedatengin gw, dan bilang
“NJAM OM..” dia minta bola ma gw..
“ GA, SEBELUM KAMU PAKE LAGI TUH SANDAL DAN MINTA MAAF, KAMU GA BAKAL BOLEH MAIN BOLA “

Herannya dia langsung nurut, dan jadi anak baik2 lagi….mision completed!

sampai di rumah pun masih begitu, dia tunduk ama gw sampai…ketika gw gi santai baca komik FAIRY TAIL yang gw udah ketertinggalan beberapa nomor.yang bercerita tentang perkumpulan para penyihir di sebuah guild yg bernama fairy tail.
“ om, njam om”
“ sini..deket om” kita pun mulai membalik-balik halaman komik, dia masih tetap anak baik yang suka nanya sampai tiba-tiba dia nyeletuk
“ NI MIMIK CAPA OM ?” sampai nunjuk pada salah satu gambar di komk
MATI GW!! Gw lupa kalo nih komik memang menawarkan beberapa penyegar mata buat kaum adam…tapi yg gw heran..kok dia tau ya?
Gw jawab ..
“ MIMIK ANTU” dan gw langsung ganti dengan buku lain yg ada deket gw..
“Nih sekarang kita baca yang ini” gw mulai nyari halaman yang bisa menarik perhatiannnya. Tapi tiba-tiba dia langsung nanya “ MIK NTU DI NA OM ?”

Begitulah, seharian kemaren gw kebingungan dengan anak 2. 5 tahun yang gw akuin akan jadi orang pintar di kemudian hari, Cuma gw ga yakin dia bakal jadi orang baik, karena dengan santainya dia minta rokok sepupu gw, ketika gw dan sepupu gw asyik ngerokok di rumah.dilanjutkan ikut menghirup kopi hitam bikinan gw dengan santainya!! SADARKAH KAU NAK, CAFFEIN DAN NIKOTIN ITU RACUN ??? dan itu belum ada apa-apanya ketika dia maksa gw buat buka COKLAT YANG ADA DI ATAS BIBIR GW , yang notabene adalah pamanih permanent dan ga bisa di ganggu gugat!
Habis ashar gw gi nulis-nulis di buku..sampai tiba2 dia datang, dan pengen ngerebut buku tulis gw !! gw segera menghindar dan buku selamat !!
“ GA KENA..” gw mulai menabuh gendrang perang..
Karena panas, dia melanjutkan mengincar bolpoin yg masih terletak di atas meja. Tapi gw lebih cepat !
“ GA KENA..” ujar gw buat yang kedua kalinya…dan sepertinya gw sudah melakukan tindakan yg keliru ketika gw sadar
ADA AIR YANG NEMPEL DI WAJAH GW !!
SETAN KECIL BERAMBUT MERAH ITU BARU SAJA NGELUDAHIN GW !
“ KENA….” Ujarnya sambil tertawa penuh kemenangan dan langsng melarikan diri ….dan gw ngerasa..ini ga akan berakhir sampai di sini…

nb :bagi yang penasaran, gw punya fotonya, cuma warnet ini ga ada kabel datanya

Leave a Reply

